Senin, 01 Desember 2014

RPP Kl 5 tema 5 st 1

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
                        Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Menunjukkan jenis barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Membuat struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.

Matematika
Kompetensi Dasar:
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
• Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
• Menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan perkalian.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menunjukkan jenis barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan dengan teliti
                        Dengan mengamati papan reklame, siswa mampu menjelaskan struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa dengan percaya diri.
                        Dengan bekerja sama dalam kelompok, siswa mampu membuat struktur teks paparan iklan ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa dengan mandiri
                        Dengan mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang dengan teliti
                        Dengan mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu menyelesaikan permasalahan matemtaika yang melibatkan perkalian dengan rasa ingin tahu.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Kegiatan ekspor dan impor
• Struktur teks paparan iklan
• Perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan impor, teks bacaan tentang unsur-unsur papan reklame, gambar iklan atau reklame, majalah, surat kabar
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Siswa membaca teks bacaan pembuka yang berjudul “Papan Reklame Toko Mebel”. Bacaan ini merupakan bacaan yang dipakai untuk membuka pembelajaran yang nantinya akan menghubungkan reklame dengan kegiatan ekspor dan impor.
                        Siswa mengaitkan isi bacaan dengan pengalaman sehari-hari tentang reklame. Guru menstimulus diskusi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti : Apa yang kamu perhatikan pertama kali ketika kamu melihat papan reklame?
                        Siswa menuliskan jawaban mereka pada kolom yang disediakan, kegiatan ini bisa dikerjakan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku (disesuaikan dengan kondisi kelas)
                        Siswa mengamati gambar reklame atau iklan dari majalah/koran atau media apa saja, atau dari pengalaman mereka sehari–hari.
                        Siswa menyimak hal-hal yang terdapat pada iklan/reklame tersebut.
                        Siswa membaca struktur teks yang mereka temukan pada iklan/reklame, baik dari segi warna, jenis, ukuran dll.
                        Kegiatan pengamatan ini dilanjutkan dengan kegiatan yang disebut “Berotasi Mencari Informasi” dimana siswa diberi kesempatan untuk mencari dan bertukar informasi dengan teman-temannya.
                        Siswa mengikuti instruksi kegiatan seperti tertera pada buku teks siswa, yaitu membuat daftar pertanyaan yang ingin mereka tanyakan kepada teman-temannya pada saat bertukar informasi.
            Siswa dibimbing untuk memahami instruksi tertulis yang diberikan: Buatlah tabel berdasarkan pertanyaan yang telah kamu buat. Satu pertanyaan, satu kolom.
            Letakkanlah tabelmu di atas mejamu. Lalu, berpindahlah ke meja yang lain. Teman dari meja yang lain juga akan berputar dan pindah ke mejamu.
            Ketika sampai di meja pasangan lain, baca pertanyaan pada setiap kolom, dan jawablah.
            Lakukanlah hal yang sama beberapa kali lagi sampai semua kelompok sudah dikunjungi.
            Kembalilah ke tempat dudukmu dan bacalah jawaban yang diberikan oleh teman-temanmu.
            Rapikan dan hiasi tabelmu dan tempelkan di dinding kelas agar dapat dibaca oleh teman-temanmu.

                        Siswa menggali informasi dari teks bacaan tentang perdagangan antarnegara. Bacaan ini memberikan informasi kepada siswa tentang kegiatan ekspor dan impor.
                        Guru memberikan bimbingan dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan acuan dalam mencari informasi seperti: Barang-barang apa saja yang diekspor? Barang-barang apa saja yang diimpor? Mengapa kegiatan ekspor impor penting?
                        Siswa mengumpulkan kosa kata baru/sulit yang mereka temukan dalam bacaan pada tabel yang disediakan. Kegiatan ini ditujukan untuk memperluas pengetahuan siswa tentang kosa kata Bahasa Indonesia dan memperdalam pemahaman siswa tentang topik bacaan.
                        Siswa menggunakan pemahamannya tentang struktur teks reklame dalam melakukan tanya jawab dalam kelompok.
                        Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk mengisi tabel yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang menguji pemahaman siswa tentang struktur teks reklame.
                        Siswa membaca dialog singkat yang menjembatani peristiwa konstekstual yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan konsep matematika.
                        Siswa mengamati penjelasan tentang bilangan perpangkatan dua pada buku teks.
                        Siswa menggunakan penalarannya untuk mencari keterkaitan konsep matematika bilangan perpangkatan dua dengan permasalahan sehari-hari.
                        Siswa menguji pemahamannya dengan memecahkan beberapa soal matematika yang disajikan di buku siswa.
                        Siswa mengkomunikasikan pemahamannya tentang bilangan perpangkatan dua dan kaitannya dengan perkalian yang berulang melalui soal-soal cerita matematika.
Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajarai, pahami dan lakukan. Siswa menggunakan format refleksi yang disediakan pada buku siswa. Guru membimbing siswa supaya siswa bisa menuliskan secara detil apa saja kegiatan yang sudah dilakukan dan hal-hal yang sudah mereka pahami.
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses

Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.


RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
                        Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PJOK
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
• Menjelaskan manfaat latihan daya tahan jantung dan paru
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
• Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
• Menjelaskan properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
• Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
• Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
• Mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya

IPA
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
• Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
• Mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari bacaan dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan manfaat latihan daya tahan jantung dan paru dengan percaya diri
                        Dengan melakukan latihan aktivitas jantung dan paru, siswa mampu merencanakan program latihan daya tahan secara individual dengan tanggung jawab.
                        Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya dengan cermat dan teliti.
                        Dengan membuat buklet tanaman, siswa mampu mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan mandiri.
                        Dengan menggali informasi dari bacaan dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan tentang properti tari dengan cermat dan teliti.
                        Dengan berlatih tari, siswa mampu memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Manfaat latihan daya tahan jantung dan paru
• Lari sprint, lari zigzag, melompat, dan lari menyamping dalam estafet
• Bagian tanaman dan fungsinya
• Fungsi properti dalam tari
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang hasil bumi rotan, fungsi properti dalam seni tari, teknik dasar estafet.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Siswa membaca teks informasi tentang Mari Berolahraga, untuk mendapatkan pengetahuan tentang manfaat latihan daya tahan jantung dan paru.
                        Siswa mempelajari teks bacaan untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan latihan fisik yang akan mereka lakukan.
                        Guru kelas dan guru PJOK berkolaborasi dalam mengampu kegiatan ini.
                        Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
                        Siswa melakukan latihan fisik seperti yang dianjurkan pada buku siswa (kegiatan ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa dan kelas).
                        Siswa diminta untuk menyusun pertanyaan dengan cermat berdasarkan teks bacaan yang terdapat dibuku siswa.
                        Perdalam pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan mengidentifikasi pertanyaan apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut.
                        Stimulasi keingintahuan siswa dengan melontarkan pertanyaan seperti: Apa bedanya rotan dengan jenis - jenis kayu yang lain?, kaitkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan topik pembelajaran yaitu bagian tanaman dan fungsinya.
                        Siswa bertanya lebih jauh lagi tentang bagian-bagian rotan atau tanaman lain pada temannya dalam diskusi kelas.
                        Siswa menuliskan pertanyaan - pertanyaannya ke dalam kartu tanya
                        Siswa membaca teks bacaan yang terdapat dalam buku siswa tentang tanaman.
                        Guru memperlihatkan beberapa tanaman dan membahas tentang akar, batang, daun, dan bunga.
                        Stimulasi pemahaman siswa dengan menanyakan bagaimana cara untuk membedakan antara tanaman satu dengan yang lainnya?
                        Guru meminta siswa untuk mengambil beberapa tanaman untuk ditempelkan kedalam sebuah buklet, guru menejelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan buklet.
                        Siswa mengumpulkan tanaman dan memisahkan beberapa contoh tanaman untuk ditempelkan dihalaman – halaman buklet.
                        Pada setiap tanaman siswa harus memberikan keterangan tentang tanaman tersebut yaitu fungsi dan penjelasan bentuknya berikut gambar sesuai contoh tanaman.
                        Setelah jadi mintalah siswa untuk saling bertukar buklet guna memperoleh tambahan informasi.
                        Ikuti instruksi kegiatan seperti yang dijelaskan pada buku siswa.
                        Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang macam-macam iklan, lagu-lagu daerah, dan bagian tubuh tumbuhan.
                        Peserta didik menentukan sumber data yang sesuai dengan iklan, lagu daerah, bagian tubuh tumbuhan.
                        Peserta didik menentukan jenis data yang akan mereka kumpulkan dari berbagai sumber.
                        Siswa membaca teks percakapan dan mencermati teks bacaan yang terdapat pada buku siswa.
                        Guru mengukur pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan menanyakan informasi apa saja yang mereka dapatkan dalam bacaan tersebut.
                        Stimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa fungsi dari properti dalam sebuah tarian.
                        Siswa diminta untuk merncoba menarikan beberapa tarian daerah untuk kemudian di tuangkan ke dalam tabel nama - nama tarian, asal daerah tarian dan properti utama yang digunakan (Kegiatan Menalar).
                        Mintalah siswa untuk mengkomunikasikan hasil pengamatannya tersebut di depan kelas
Siswa mengisi lembar refleksi pada buku siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang dikemas pada buku siswa bisa dimodifikasi dan diperluas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa/kelas.
                        Bimbing siswa untuk mampu menuliskan semua refleksi kegiatan secara rinci sehingga catatan pada kegiatan refleksi bisa digunakan sebaga catatan pribadi siswa.
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
                        Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  3
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
• Menjelaskan makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
• Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
• Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mendeskripsikan kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdapat pada pantun atau syair
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membaca pantun dan syair tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Matematika
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana.
• Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka.
• Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep perpangkatan yang merupakan pengulangan perkalian.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari teks percakapan, siswa mampu memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila dan lambang negara Garuda Pancasila dengan cermat.
                        Dengan menggali informasi dari bacaan tentang koperasi, siswa mampu mengkaitkannya dengan makna simbol dari sila kelima Pancasila dengan percaya diri.
                        Dengan menuliskan pendapat tentang keberadaan koperasi di masyarakat, siswa mampu mengidentifikasikan dan menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila Pancasila dengan teliti.
                        Dengan menggunakan informasi dari peristiwa kontektual, siswa mampu melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua dengan rasa ingin tahunya.
                        Dengan memecahkan persoalan-persoalan matematika, siswa mampu menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep perpangkatan yang merupakan pengulangan perkalian dengan mandiri.
                        Dengan membaca pantun bertema, siswa mampu mendeskripsikan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan percaya diri.
                        Dengan menyajikan dan melantunkan pantun buatan sendiri, siswa mampu membaca pantun tentang kehidupan berbangsa dan bernegara dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Contoh-contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila
• Kaitan koperasi dengan pengamalan sila pancasila
• Operasi hitung bilangan berpangkat dua
• Pantun bertema kehidupan berbangsa dan bernegara
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, Teks bacaan koperasi, Gambar lambang negara, Gambar simbol-simbol sila Pancasila, Gambar lambang koperasi
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti

                        Siswa membaca teks percakapan yang disajikan pada buku siswa yang berjudul Koperasi Desa. (kegiatan ini bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri siswa dalam membaca dialog dan bermain peran).
                        Siswa memberikan pendapatnya tentang inti dari percakapan tersebut (guru membimbing diskusi dengan memberikan penakanan pada pembahasan tentang koperasi).
                        Guru dapat memberikan pertanyaan arahan seperti “Apakah yang dimaksud dengan Koperasi? Apakah fungsi koperasi?”.
                        Pengetahuan siswa tentang koperasi diperdalam melalui teks bacaan informasi yangberjudul Mengenal Koperasi.
                        Percakapan dan bacaan tentang koperasi dipakai sebagai sebuah bahan diskusi yang bisa dikaitkan dengan contoh-contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila terutama sila kelima.
                        Siswa mengamati lambang koperasi dan mencari informasi tentang makna dari lambang tersebut.
                        Siswa mengaitkan makna lambang koperasi dengan makna dari simbol sila kelima Pancasila (Kegiatan Mengamati).
                        Siswa mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh perilaku dirumah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
                        Guru menstimulus diskusi dengan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan yang ada dalam buku siswa.
                        Siswa di pancing rasa ingin tahunya dengan diberi kesempatan untuk menanya tentang proses pemecahan masalah yang termuat dalam percakapan.
                        Siswa mencari dari berbagai sumber untuk memahami tentang bilangan perpangkatan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang disajikan pada buku siswa.
                        Guru bisa membuka kegiatan ini dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa siswa sudah mendapatkan pemahaman yang benar secara konseptuals.
                        Siswa dilatih untuk menggunakan semua informasi yang disediakan dalam memecahkan masalah.
                        Siswa dilatih untuk menyelesaikan tugasnya dengan cermat, teliti, dan mandiri.
                        Siswa dilatih untuk terampil menggunakan alat inderanya dalam mengamati dan mencari informasi dari apa yang diamatinya.
                        Siswa bersama dengan kelompok berdiskusi dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
                        Guru membimbing siswa untuk membaca dan memahami instruksi yang diberikan.
                        Setiap kelompok berkewajiban untuk mebuat peta pikiran yang berisi contoh-contoh perbuatan yang sesuai dengan pengamalan kelima sila Pancasila.
                        Setiap kelompok diberi kesempatan untuk memperkaya hasil diskusi dengan mengunjungi kelompok lain (latih siswa untuk teliti mencari informasi dan berkolaborasi dengan kelompok lain).
                        Hasil peta pikiran disajikan dan ditempel pada dinding kelas untuk dipakai sebagai sebuah rangkuman kelas yang bisa dibaca oleh siapa saja.
                        Siswa mempresentasikan teks percakapan yang memuat pantun bertema kehidupan berbangsa dan bernegara.
                        Siswa mencoba menjelaskan makna pantun tersebut.
                        Siswa diingatkan kembali tentang konsep pantun yang sebelumnya sudah pernah dipelajari.
                        Siswa menyajikan pantunnya sendiri dengan mengambil tema kehidupan berbangsa dan bernegara.
Siswa melakukan refleksi terhadap semua kegiatan yang telah dilakukan disepanjang hari dengan membuat dua kolom. Di kolom pertama siswa menulis semua kegiatan di hari tsb. Mulai dari berdoa di pagi hari, membantu ibu/ayahmu, belajar di sekolah, bermain dan bekerja sama dengan teman, belajar tentang koperasi, dan seterusnya. Di kolom kedua, siswa memasangkan setiap kegiatannya itu dengan salah satu sila dari Pancasila. Siswa diminta untuk memperhatikan bagaiamana sila-sila Pancasila tersebut sangat berkaitan erat dengan semua kegiatan yang dilakukan sehari-hari.
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
                        Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana.
Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua antara 25 sampai 1000.
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka.
Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep perpangkatan antara bilangan 25 – 1000.

IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
Mengidentifikasi kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
4.5 Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Menyusun artikel sederhana untuk kemudian di pajang pada majalah dinding mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

PPKn
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila.

Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia dalam pantun atau syair.
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Menyunting pantun dan syair tentang kenampakan alam utama Indonesia.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari diskusi dan bacaan, siswa mampu mengidentifikasikan kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia dengan cermat.
                        Dengan membuat kliping, siswa mampu menjelaskan tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan bertanggung jawab.
                        Dengan membuat catatan kecil tentang kliping, siswa mampu menyusun artikel sederhana tentang keterkaitan kehidupan manusia dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan mandiri.
                        Dengan membaca pantun, siswa mampu mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia dengan percaya diri.
                        Dengan membaca pantun dan syair, siswa mampu menyunting pantun dan syair tentang kenampakan alam utama Indonesia dengan teliti.
                        Dengan membuat proyek Kabar di dalam Gambar, siswa mampu memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dan menceritakannya kepada temannya dengan percaya diri.
                        Dengan menggunakan cerita realita kehidupan, siswa mampu melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua dengan cermat.
                        Dengan menggunakan konsep pemahan tentang bilangan berpangkat, siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan mandiri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Kenampakan alam utama Indonesia
• Hubungan aktivitas manusia dengan kondisi geografis
• Menyunting pantun dan syair
• Konsep bilangan berpangkat
• Pengamalan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Gambar penampakan alam, kenampakan alam dan adaptasi masyarakat sekitarnya, Syair, konsep perpangkatan dan berbagai hasil bilangan pangkat dua, operasi hitung bilangan berpangkat dua.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Mulai kegiatan dengan membaca seksama sebuah percakapan tentang pemanfaatan rotan di sebuah toko.
                        Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
                        Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti : Apakah adaptasi atau interaksi itu? Jika masyarakat tinggal di sekitar laut, maka apa yang mereka lakukan untuk bertahan hidup sehari-harinya?
                        Siswa diminta membaca pertanyaan kunci setelah membaca percakapan dan mencoba menjawabnya dengan pemikiran yang logis.
Siswa diminta menyampaikan pendapat mereka masing-masing tentang mengapa adaptasi dan interaksi masyarakat berkaitan erat dengan jenis daerah tempat masyarakat tinggal?
                        Siswa diminta membaca dan menganalisis teks bacaan tentang Kenampakan alam dan adaptasi masyarakat sekitarnya untuk mencari hubungan dalam topik bacaan tersebut.
                        Siswa bertanya jawab dengan temannya tentang teks bacaan untuk menggali informasi penting dalam bacaan.
                        Siswa berdiskusi dan saling mengajukan pertanyaan berdasarkan topik dalam bacaan
                        Siswa diminta untuk membuat daftar pertanyaan tentang permasalahan berdasarkan pemahaman mereka setelah membaca teks bacaan.
                        Siswa bekerja secara kelompok beranggotakan 5 orang.
                        Siswa dengan bimbingan guru mencari data dari berbagai sumber tentang perilaku-perilaku yang sesuai nilai Pancasila.
                        Siswa mencari informasi selengkap mungkin tentang kenampakan alam dari berbagai sumber.
                        Siswa mengumpulkan potongan-potongan informasi tersebut sebagai bahan membuat kliping.
                        Siswa mencari keterangan tentang mata pencaharian utama dan makanan pokok utama masyarakat di sekitar kenampakan alam tersebut dengan mewawancarai masyarakat sekitar.
                        Siswa mengumpulkan informasi dan mencari hubungan kondisi geografis dengan kondisi masyarakat sekitar dalam bentuk catan kecil atau artikel singkat.
                        Siswa membaca syair yang disajikan pada buku siswa dengan mandiri.
                        Siswa mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia melalui pantun yang mereka baca.
                        Siswa membacakan syair dengan lantang dan mengidentifikasikan makna dan pesan dari pantun tersebut.
                        Siswa mengemukakan pendapat tentang penggunaan rima dan pemilihan kata pada syair yang disajikan.
                        Berdasarkan syair yang dibaca, siswa diberi kesempatan untuk menuliskan kembali isi syair dengan pilihan kata sendiri.
                        Siswa dibimbing untuk mencermati instruksi dan panduan dalam menulis syair (syair berisi tentang kenampakan alam Indonesia, syair juga menampilkan informasi tentang kehidupan masyarakat sekitar).
                        Pada kegiatan ini, siswa dilatih untuk mencari bukti tentang pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyajikannya dalam bentuk proyek Kabar di dalam Gambar dan menceritakannya dengan percaya diri di depan kelas.
                        Siswa mencari atau membuat gambar tentang sebuah keadaan di rumah dimana dalam gambar tersebut terlihat bagaiamana sebuah barang atau fasilitas digunakan secara bersama-sama
                        Siswa menyusun sebuah cerita singkat berupa butir-butir yang bisa mereka kembangkan lebih lanjut tentang pengalaman mereka dalam menggunakan fasilitas tersebut bersama dengan anggota keluarga lainnya.
                        Siswa mengaitkan cerita tersebut dengan nilai-nilai Pancasila terutama sila kedua dan ketiga.
                        Siswa menceritakan hasil proyeknya ke depan kelas dengan percaya diri. (Kegiatan Mengkomunikasikan).
                        Siswa mengingat kembali pemahamannya tentang bilangan berpangkat.
                        Siswa mengolah informasi yang disajikan dalam soal dan menggunakan pemahamannya tentang konsep bilangan berpangkat untuk memecahkan soal.
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
                        Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPA
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya.
Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia.
Mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.

PJOK
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Menyebutkan contoh-contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.
Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
Menyebutkan fungsi properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan membaca teks bacaan tentang bermain penjaga benteng, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh aktivitas latihan jantung dan paru dengan cermat.
                        Dengan bermain penjaga benteng, siswa mampu melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu dengan mandiri.
                        Dengan berdiskusi tentang aktivitas latihan fisik, siswa mampu merencanakan program latihan daya tahan secara individual dengan percaya diri.
                        Dengan berdiskusi dan melengkapi tabel, siswa mampu mengidentifikasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan teliti.
                        Dengan membuat peta pikiran tentang pohon kelapa yang sangat berguna, siswa mampu mencari dan menyajikan informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia dengan cermat.
                        Dengan menggali informasi dari bacaan manfaat enceng gondok, siswa mampu mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia dengan rasa ingin tahu.
                        Dengan mengerjakan proyek temukan dan laporkan, siswa mampu mempresentasikan bagian, fungsi dan manfaatnya bagi manusia dengan percaya diri.
                        Dengan menggali informasi dari percakapan, siswa mampu menyebutkan dan menjelaskan fungsi properti tari dengan cermat.
                        Dengan berlatih menari, siswa memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Program latihan daya tahan secara individual
• Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
• Manfaat bagian-bagian pohon kelapa
• Manfaat enceng gondok
• Bagian, fungsi dan manfaat tumbuhan bagi manusia
• Fungsi properti tari
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku Teks, Teks bacaan Pohon Kelapa yang Sangat Berguna, Teks bacaan Manfaat Enceng Gondok, Gambar pohon kelapa, gambar tanaman enceng gondok. Bahan-bahan untuk membuat properti tari.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
                        Bagi siswa kedalam kelompok untuk bermain penjaga benteng.
                        Berikanlah penjelasan kepada siswa tentang peraturan - peraturan dalam bermain penjaga benteng.
                        Setelah siswa selesai bermain penjaga benteng ajaklah siswa untuk mendiskusikan pertanyaan yang terdapat pada buku siswa, kaitkan diskusi pertanyaan tersebut dengan program latihan daya tahan tubuh.
                        Siswa diminta untuk membaca dengan cermat teks bacaan yang terdapat dibuku siswa
                        Perdalam pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan menanyakan hal – hal penting apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut.
                        Stimulasi keingin tahuan siswa dengan melontarkan pertanyaan seperti: terbuat dari jaringan apakah jantung dan paru - paru kita?
                        Mintalah siswa untuk bertanya lebih jauh lagi tentang kerja jantung dan paru - paru.
                        Siswa menuliskan pertanyaan - pertanyaannya ke dalam kartu tanya.
                        Guru menerangkan sebuah contoh latihan yang baik untuk meningkatkan kerja jantung dan paru-paru, yaitu : Lari berbelok-belok.
                        Guru menjelaskan aturan dalam aktifitas Lari berbelok-belok tersebut.
                        Siswa dibagi menjadi dua kelompok, permainan diulang sebanyak 2 kali.
                        Setelah bermain mintalah siswa untuk mengamati perubahan detak jantung dan juga keteraturan nafasmu setelah berlari untuk mengetahui apa yang terjadi.
                        Siswa membaca teks percakapan dan mencermati teks percakapan yang terdapat pada buku siswa.
                        Guru mengukur pemahaman siswa tentang percakapan tersebut dengan menanyakan informasi apa saja yang mereka dapatkan.
                        Stimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang fungsi dari tanaman bagi kehidupan manusia.
                        Siswa diminta untuk mencari dan melengkapi fungsi dari bagian - bagian tanaman serta manfaat dari dari tanaman tertentu.
                        Mintalah siswa untuk melengkapi tabel.
                        Siswa diminta untuk mencari gambar kelapa yang utuh dari akar sampai ujung atas untuk diamati.
                        Setelah mengamati setiap bagiannya mintalah siswa untuk menuangkannya ke dalam peta pikiran yang memiliki cabang - cabang berupa bagian - bagian kelapa dan tugas /fungsi tiap bagian itu bagi tumbuhan itu sendiri.
                        Dari tiap fungsi itu , buatlah cabang-cabang baru, yang menginformasikan manfaat apa yang dapat kita ambil. Informasi dari siswa masing-masing di atas dapat digunakan juga untuk membantu. Peta pikiran dilengkapi dengan gambar yang jelas pada bagian - bagian tersebut.
                        Mintalah siswa untuk mempresentasikan hasil membuat peta pikiran mereka didepan kelas (Kegiatan Menalar).
                        Siswa membaca teks bacaan tentang tanaman eceng gondok yang terdapat pada buku siswa.
                        Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan apa saja hal - hal penting yang terdapat pada bacaan tentang tanaman eceng gondok.
                        Guru mendiskusikan pertanyaan - pertanyaan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang eceng gondok dengan menanyakan; Apakah kegunaan tanaman eceng gondok? Bagaimana tumbuhan enceng gondok dimanfaatkan?, Apa pelajaran yang bisa kamu ambil dari bacaan?
                        Selanjutnya mintalah siswa untuk mengamati dan mencatat penggunaan tumbuhan yang ada di rumah, termasuk semua jenis buah dan sayuran yang siswa dan keluarganya konsumsi setiap hari.
                        Siswa diminta untuk mencatat dengan rinci, bagian tanaman manakah yang dipergunakan itu dan untuk apakah kegunaannya.
                        Siswa membaca teks bacaan dan teks percakapan tentang mempersiapkan properti atau segala peralatan dan kostum untuk menari.
                        Mintalah siswa untuk menuliskan apa funrgsi properti dalam sebuah seni tari.
                        Guru membimbing siswa untuk tugas selanjutnya yaitu membuat pertunjukkan seni tari
                        Siswa memilih sebuah lagu yang menarik, lalu mengarang dan melatih beberapa gerakan tari yang sesuai dengan irama dan jiwa lagu yang telah dipilih siswa.
                        Mintalah siswa untuk membuat beberapa properti untuk tariannya dari bagian-bagian tanaman yang ada di sekitarnya.
                        Beri pemahaman pada siswa bahwa properti digunakan untuk membantu menegaskan pesan yang ingin disampaikan oleh tariannya, dan juga untuk memperindah penampilan. (Kegiatan Mengkomunikasikan).
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.


RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
                        Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Mengidentifikasi sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitnnya dengan ligkungan alamnya melalui pantun dan syair.
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membaca pantun kehidupan manusia Indonesia dengan lingkungannya.

IPS
3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
• Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya.
4.5 Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
• Menyusun artikel sederhana untuk kemudian di pajang pada majalah dinding mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
• Menyebutkan fungsi properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
• Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menyimak dan mencermati teks percakapan, siswa mampu memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat dan kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan cermat.
                        Dengan berdiskusi, siswa mampu menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan percaya diri.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa mampu menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnyadengan teliti.
                        Dengan menceritakan upacara adat khas daerah secara tertulis, siswa mampu menyusun artikel sederhana mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dengan mandiri.
                        Dengan membuat dan membaca pantun, siswa mampu mengidentifikasi sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitnnya dengan ligkungan alamnya dengan percaya diri.
                        Dengan mempersiapkan pertunjukan tari, siswa mampu menyebutkan fungsi properti pada tari dengan teliti.
                        Dengan menampilkan pertunjukkan tari, siswa mampu memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat dan kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
• Sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya
• Upacara adat khas daerah sebagai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
• Pantun tentang sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitannya dengan lingkungan alam
• Properti dalam tari
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, teks bacaan koperasi, gambar lambang negara, gambar simbol-simbol sila Pancasila.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Siswa membaca dan menyimak teks percakapan tentang Udin yang sedang sakit.
                        Siswa diminta untuk mengamati apa yang terjadi dalam percakapan tersebut dan menanyakan hal - hal yang berkaitan dengan percakapan tersebut.
                        Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terdapat di dalam buku siswa.
                        Lanjutkan pada bacaan teks percakapan pada halaman berikutnya, siswa mendiskusikan pertanyaan - pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan tersebut.
                        Siswa menanyakan tentang ke lima sila dalam Pancasila.
                        Siswa mengidentifikasi pertanyaan tentang hubungan sila - sila Pancasila dengan sikap atau perilaku dalam kegiatan sehari - hari.
                        Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang terdapat didalam sebuah tabel.
                        Siswa menyebutkan alasan dari keterkaitan kegiatan yang mereka sebutkan itu dengan sila - sila dalam Pancasila.
                        Siswa melengkapi sebuah tabel dengan menyebutkan sila yang berkaitan dengan kegiatan tersebut dan menyebutkan alasannya.
                        Pada beberapa bagian dalam tabel siswa mencari gambar kegiatan yang sesuai dengan sila yang sudah tertera pada tabel.
                        Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang “taun seren”.
                        Siswa mengumpulkan informasi apa saja yang mereka temukan di dalam teks bacaan yang berkaitan dengan upacara seren.
                        Siswa menanyakan hal – hal apa saja yang ingin mereka ketahui lebih jauh tentang taun seren dengan mencari dari berbagai sumber.
                        Siswa menuliskan pertanyaan – pertanyaan mereka tersebut ke dalam sebuah kartu Tanya untuk kemudian berbagi tukar dengan siswa lain.
                        Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut di dalam buku.
                        Guru menanyakan upacara adat yang mereka temui di lingkungan masyarakatnya.
                        Siswa mengisi tabel nama kegiatan masyarakat beserta tujuan dari kegiatan itu dan memberikan gambar kegiatan tersebut.
                        Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam tabel, siswa menuangkannya ke dalam sebuah artikel sederhana berikut gambar – gambar yang menarik, berikan pemahaman siswa apa yang dimaksud dengan artikel.
                        Siswa membuat pantun yang sesuai dengan bacaan artikel mereka, ingatkan kembali siswa syarat sebuah pantun.
                        Tempelkanlah kedua hasil karya siswa tersebut di majalah dinding siswa.
                        Siswa berdiskusi tentang tarian yang merupakan sebuah bagian dari upacara adat seperti tari Buyung yang menggambarkan masyarakat sunda tengah mengambil air untuk pertanian.
                        Siswa mencoba menciptakan gerakan tari yang menggambarkan salah satu kegiatan masyarakat seperti kegiatan pertanian, perikanan, atau peternakan, misalnya gerakan yang menggambarkan kegembiraan masyarakat nelayan akan hasil laut mereka yang melimpah.
                        Mintalah siswa untuk menciptakan aksesoris pelengkap tarian mereka dari bahan yang mudah didapat dilingkungan sekitarnya.
                        Siswa berlatih tarian tersebut dengan menggunakan ritme berupa ketukan atau lagu yang sesuai sebelum menampilkannya didepan kelas.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *
         Prosedur Penilai
               Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar