Jumat, 25 September 2015

Contoh RPP Tematik KTSP kelas 1 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 39


Satuan Pendidikan             : SD N Mukiran 04
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia dan IPS
Kelas / Semester                  : 1 / I
                                    Tema                                      : Pengalaman
Waktu                                     : 5 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Minggu ke                             : 10
Pelaksanaan                                    :


A.    Standar Kompetensi :

1.     Bahasa Indonesia
3.      Memahami teks pendek dengan bahasa nyaring
2.     .IPS
1.      Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.

B.    Kompetensi Dasar :

1.     Bahasa Indonesia
3.2    Membaca nyaring kalimat yang sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
2.   IPS
1.2    Menceritakan pengalaman sendiri

C.    Indikator :

  1. Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu :
3.1.1 Membaca kalimat sederhana dengan benar
3.1.2  Membaca nyaring kalimat sedrhana dengan lafal yang benar
3.1.3   Membaca nyaring kalimat sederhana dengan intonasi yang tepat

  1. IPS
Peserta didik mampu :
1.2.1.  Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan
1.2.2   Memberi contoh pengalaman yang tidak menyenangkan
1.2.3   Menunjukkan foto atau gambar yang termasuk pengalaman yang tidak menyenangkan

D.    Sarana Pembelajaran :

1. Sumber  Materi          : a. Bahas Kita Bahasa Indonesia, BSE, Muhammad Zarruki hal 54-55

                                             b. IPS,BSE, Edi Hernawan dan Endang hal 28-30
   c. Mengenal Pengetahuan Sosial.

2. Alat dan Bahan                     :  a. Gambar anak sedang bercerita pengalaman

      3. Metode                         :  a. Ceramah
                                                   b. Demonstrasi
                                                   c. Tanya jawab
                                                   d. Tugas

E.    Persiapan


1.    Sebelum pembelajaran dimulai guru mempersiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan dalam pembelajaran.
2.    Lembar Kerja Siswa ( LKS ) setiap kelompok 1 lembar.
3.    Lembar Tugas Siswa ( LTS ) atau Evaluasi setiap siswa 1 lembar.

F.    Langkah-langkah Pembelajaran / Skenario Pembelajaran

Tahapan Kegiatan

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Prinsip Pakem

Pengelolaan Kelas

Awal

1.    Memberi salam dan mengajak siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2.    Absensi.

3.    Menuliskan judul materi di papan tulis dan menyampaikan tujuan sesuai indikator yang akan dicapai.

28 menit

Komunikasi interaksi guru dengan siswa

Klasikal









 

4.    Siswa diajak menyanyi “ Naik Delman”

5       Menggali materi prasyarat dengan menanyakan beberapa hal kepada siswa :

Siapakah senang punya teman baru?
Pernahkah anak-anak diajak berpergian oleh bapak/ibu ?
Ke mana saja kalian diajak pergi?

6         Guru menyampaikan masalah kontekstual.

Pada suatu hari Amir pulang sekolah naiksepeda. Tetapi sampai di tengah jalan ban sepeda kempes.Terpaksa ia jalan kaki.
Bagaimana perasaan Amir? Pengalaman apa yang dialami Amir ?

7.    Siswa diberi kesempatan  menyelesaikan masalah tersebut.

 

 

Klasikal

Klasikal








Klasikal









Individu

Inti

1.    Siswa memperhatikan guru penjelasan tentang pengalaman diri.

2.    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang macam-macam pengalaman diri

3.    Siswa menyebutkan macam-macam pengalaman diri sesuai dengan penjelasan guru.

4.    Siswa memperhatikan penjelasan tentang pengalaman yang tidak menyenangkan dalam foto.

5.    Siswa membaca kalimat sederhana yang ditulis guru sesuai cerita yang disampaikan.

6.    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.

7.    Siswa diberi kesempatan menceritakan pengalamannya yang tidak menyenangkan.

8.    Siswa mengerjakan lembar kerja siswa yang telah dibagikan guru.

9.    Siswa membahas dan melaporkan hasil kerjanya kepada siswa lainnya.

10. Siswa mengerjakan Lembar Tugas Siswa yang telah dibagikan guru.

11. Guru membimbing siswa sekaligus sebagai penguatan mengaplikasikan dari konsep hasil simpulan untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual.

85 menit

Komunikasi interaksi guru dengan siswa

Klasikal


Individu


Klasikal


Klasikal


Individu


Klasikal



Individu


Kelompok


Kelompok

Individu


Klasikal

Penutup

1.    Siswa memajangkan hasil karya kelompoknya pada papan pajangann

2.    Menekankan kembali simpulan   sebagai konsep pemecahan masalah  kontekstual.

3.    Evaluasi ( Post Test )

4.    Tindak lanjut berupa PR.

28 menit

Komunikasi interaksi guru dengan siswa dan refleksi komunikasi.

Kelompok



Klasikal


Individu

      Penilaian :

1.     Jenis tagihan                       : Tes tertulis.
2.     Bentuk instrumen    : Uraian.
3.     Instrumen soal                     : (Terlampir)

G.    Lampiran-lampiran :

1.     Lembar Kerja siswa ( LKS )
2.     Lembar Tugas Siswa ( LTS ) berupa Evaluasi Post Test )
3.     Kunci jawaban LKS
4.     Kunci jawaban LTS / Evaluasi dan Skore Penilaian.




Mengetahui
Kepala Sekolah,


Harjani, S.Pd.
NIP 19600729 197911 2 001
Mukiran,

Guru Kelas


Harjanti, S.Pd.
NIP 19651110 199301 2 003








LEMBAR KERJA SISWA


A.    Tujuan     :
1.     Bahasa Indonesia
 Peserta didik mampu :
-   Membaca kalimat sederhana dengan benar
-   Membaca nyaring kalimat sedrhana dengan lafal yang benar
-   Membaca nyaring kalimat sederhana dengan intonasi yang tepat
2.     IPS
 Peserta didik mampu :
-.    Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan
-     Memberi contoh pengalaman yang tidak menyenangkan
-     Menunjukkan foto atau gambar yang termasuk pengalaman yang tidak menyenangkan
B.    Petunjuk :          
Ÿ   Perhatikan gambar di bawah ini!
Ÿ   Bacalah dengan teliti !
Ÿ   Kerjakan dalam lembar kerjamu!
C.    Lembar kerja       :
Bacalah kalimat sederhana di bawah ini bersama dengan kelompokmu !
1                                                                      2.
                                                                   

ini lampu obor                                                          ini burung elang
lampu obor menyala                                               burung pandai terbang



3.                                                                     4.
                                    
ini tupai                                                                      ini ubi jalar
tupai makan buah kelapa                                      aku suka ubi jalar
isilah soal soal di bawah ini












5
    
gambar  di  atas adalah pengalaman yang …
6.  
Sedang menderita sakit juga merupakan pengalaman yang …



































LEMBAR TUGAS SISWA

A.   Tujuan     :
1.   Bahasa Indonesia
 Peserta didik mampu :
-   Membaca kalimat sederhana dengan benar
-   Membaca nyaring kalimat sedrhana dengan lafal yang benar
-   Membaca nyaring kalimat sederhana dengan intonasi yang tepat
2.   IPS
 Peserta didik mampu :
-.    Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan
-     Memberi contoh pengalaman yang tidak menyenangkan
-     Menunjukkan foto atau gambar yang termasuk pengalaman yang tidak menyenangkan
B.   Petunjuk  :          
Ÿ   Perhatikan gambar di bawah ini!
Ÿ   Bacalah dengan teliti !
Ÿ   Kerjakan dalam lembar kerjamu!
C.   Lembar tugas      :
Bahasa Indonesia
bacalah kalimat di bawah ini dengan suara nyaring dan intonasi yang tepat !
          bermain bola

 
hari minggu sore
cecep dan wawan main bola
iwan dan candra ikut pula
mereka gemar main bola
karena itu mereka sehat         

● jawab dengan benar
1.      siapa yang main bola
2.      hari apa mereka main
3.      apa kesukaan mereka
4.      pernahkah kamu main bola
5.      ceritakan perasaanmu setelah main bola       

























IPS
a ayo pilihlah jawaban yang benar
1    pengalaman menyedihkan membuat ....
a tertawa                          c tertidur
b menangis
2   wayan jatuh ke kolam ikan
gambar pengalaman wayan tersebut adalah ....
a.                                          b.                                                c.
                                       
3    pengalaman diri yang berkesan akan ....
a diingat
b dilupakan
c dibuang
4    pulang sekolah jajang bertemu orang gila
gambar pengalaman tersebut adalah ....
a.                                       b.                                             c.
                                       

5    yang merupakan pengalaman
menyedihkan adalah ....
a                                                    b                                              c
                                


                                         















KUNCI JAWABAN LKS

I.      Kunci

1.     kebijaksanaan guru
2.     kebijaksanaan guru
3.     kebijaksanaan guru
4.     kebijaksanaan guru
5.     tidak menyenangkan
6.     tidak menyenangkan

II.     Skor penilaian :

Setiap jawaban benar skornya 10
Skor maksimal 60
Nilai = Jumlah skor perolehan  x  100
            Skor maksimal

KUNCI JAWABAN LTS

A.    Kunci

I.      Bahasa Indonesia
1.     cecep, wawan, iwan, dan candra
2.     minggu sore
3.     main bola
4.     pernah
5.     senang

II.     IPS
1.        b
2.        c
3.        a
4.        b
5.        b


B.    Skor penilaian :

I.      Bahasa Indonesia
Setiap jawaban benar skornya 20
Skor maksimal 100
Nilai = Jumlah skor perolehan  x  100
                  Skor maksimal

II.     IPS

Setiap jawaban benar skornya 20
Skor maksimal 100
Nilai = Jumlah skor perolehan  x  100

             Skor maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar