Permainan agen informan memfasilitasi siswa mempunyai
kecerdasan linguistik.
Permainan agen informan adalah permainan yang
bertujuan mengembangkan kecerdasan linguistik siswa dengan cara siswa menjadi
sumber informasi dengan media gambar sebagai batasan info yang diberikan sesuai
tema pembelajaran. Tujuan permainan agen informan ini adalah memfasilitasi siswa
yang mempunyai kecerdasan linguistik bagus sehingga bisa memberi contoh pada
temannya dan sekaligus sebagai wahana ekspresi serta sarana pengembangan
kemampuan bagi siswa yang kecerdasan linguistik belum berkembang.
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang pandai mengolah kata dan kalimat dengan baik saat berbicara ataupun menulis. Siswa dengan kemampuan berbicara yang baik merupakan salah satu kreteria siswa yang baik, kerena dengan kemampuan tersebut siswa dapat menjalankan proses komunikasi efektif dalam belajar sesuai tema sehingga tujuan dalam belajar mudah tercapai.
Langkah-langkah kegiatan dalam permainan agen informan:
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang pandai mengolah kata dan kalimat dengan baik saat berbicara ataupun menulis. Siswa dengan kemampuan berbicara yang baik merupakan salah satu kreteria siswa yang baik, kerena dengan kemampuan tersebut siswa dapat menjalankan proses komunikasi efektif dalam belajar sesuai tema sehingga tujuan dalam belajar mudah tercapai.
Langkah-langkah kegiatan dalam permainan agen informan:
- Semua
siswa berperan sebagai agen informan dan sebagai pencari informasi.
- Siswa
membawa gambar sesuai tema.
- Siswa
yang membawa gambar dan sebagai agen informan harus memahami maksud gambar
dengan baik sebagai bahan informasi yang akan diberikan kepada teman yang
butuh informasi pada proses pembelajaran berlangsung.
- Siswa
sebagai agen informan memasang gambar di punggung masing-masing.
- Siswa
mencari informasi sebanyak-banyaknya dari gambar yang di pasang pada
punggung agen informan. Pada kegiatan inilah siswa mempunyai kesempatan
untuk mengembangkan kemampuan linguistik secara efektif melalui teman
sejawat. Siswa sebagai agen informan memberi informasi secara lengkap
sesuai gambar sebagai bahan batasan untuk menjelaskan sesuai tema dan
memberi kesempatan kepada pencari informasi untuk bertanya dengan baik
tentang hal yang dibutuhkan sesuai tema. Pada kegiatan ini siswa juga di
fasilitasi dalam pemgembangan kecerdasan motorik, karena siswa melakukan
gerakan di seluruh lingkungan kelas dalam mencari informasi pada punggung
agen informan.
- Siswa
melakukan refeksi kegiatan pembelajaran dan saling memberi informasi
tentang teman yang bagus berperan sebagai agen informan beserta alasan
penilaian. Guru melakukan kegiatan ini dengan tujuan siswa yang menilai
temannya bagus dalam agen informan bisa mencontoh untuk dirinya sendiri.
- Siswa
dengan panduan guru melakukan brainstorming dalam rangka menyamakan
persepsi tentang tema yang diangkat dalam proses pembelajaran.
Permainan agen informan bisa dipakai di lingkungan sekolah maupun proses pembelajaran di rumah. Permainan ini bisa diterapkan pada tema apapun yang bisa diwakilkan dengan gambar sebagai batasan terhadap perluasan kecerdasan linguistik. Semoga permainan ini bermanfaat untuk para guru dan orang tua dalam mengefektifkan kecerdasan linguistic siswa dan ananda tersayang.
*) Oleh: Louis Ifka Arishinta, Guru SD Muhammadiyah 9 Malang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar