Selasa, 11 November 2014

RPP Kl5 4-1-6

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      :  SD N Kaliwungu 04
Kelas/Semester            :  5/1
Tema                           :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema                    :  Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (ST1)
Pembelajaran ke          :  6
Alokasi waktu             :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
• Mengidentifikasi dari media mengenai gejala alam mutakhir yang disebabkan oleh perilaku manusia.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
• Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengidentifikasi pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membuat kesimpulan dari teks bacaan mengenai manfaat air bagi kesehatan tubuh.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
• Menyebutkan jenis-jenis properti tari.
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
• Melakukan eksplorasi gerak tari bertema sesuai dengan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti.

PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
• Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
• Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
• Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.   Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan berbagai aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan alam sekitar dengan cermat.
2.   Dengan kegiatan mencari tahu tentang aktivitas yang dipengaruhi kondisi alam, siswa dapat menjelaskan berbagai aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan alam sekitar dengan teliti.
3.   Dengan praktek tari, siswa dapat melakukan beberapa gerakan tari dan properti yang digunakan.
4.   Dengan memiliki properti tari, siswa dapat membuat sebuah gerakan tari dengan menggunakan properti yang diperolehnya dengan mandiri.
5.   Dengan menulis tentang kewajiban manusia, siswa dapat menjelaskan kewajiban-kewajiban manusia dengan bertanggung jawab.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
berbagai aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh kondisi geografis lingkungan sekitar, cara melakukan gerakan-gerakan tari menggunakan properti, kewajiban-kewajiban manusia terhadap Tuhan.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan properti tari
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.



b.      Kegiatan Inti
1.      Setelah mengamati gambar, siswa menuliskan hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa tentang aktivitas yang nampak pada gambar.
2.      Siswa mencari informasi mengenai berbagai aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh kondisi geografis di lingkungan sekitarnya.
3.      Alternatif pembelajaran yang dilakukan, sebagai berikut.
Studi pustaka.
Diskusi.
Wawancara.
Pengamatan.
4.      Pada kegiatan ini, siswa membuat laporan kegiatannya secara tertulis. Adapun bentuk laporan tertulis dapat berupa sebagai berikut.
Laporan Ilmiah Terstruktur.
Laporan Ilmiah Bebas.
setelah berhasil mengumpulkan data dan informasi tentang berbagai aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya, siswa diminta untuk menuliskan ke dalam tabel mengenai jenis daerah tempat tinggal dan aktivitas penduduknya.
1.      Guru memberikan narasi sebagai penghubung antar kompetensi berbagai aktivitas manusia dengan berbagai gerakan-gerakan tari. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah pendopo itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendopo itu banyak orang yang sedang latihan menari.
2.      Siswa melakukan gerakan-gerakan tari dengan menggunakan properti.
3.      Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, dan aula.
Alternatif pembelajaran
4.      Guru memberi contoh cara melakukan gerakan.
5.      Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang hingga siswa dapat melakukan dengan benar. Selanjutnya guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 orang untuk melakukan gerakan tersebut di depan teman-temannya.
6.      Masing-masing kelompok akan melakukan gerakan bergantian dengan urutan ditunjuk secara acak oleh guru.
7.      Guru memberikan kesempatan bagi masing-masing siswa untuk memilih properti tari dan membuat suatu gerakan tari menggunakan properti tersebut dengan hitungan 1-8
8.      Guru memberikan narasi sebagai penghubung antar kompetensi berbagai aktivitas manusia dan keadaan geografis lingkungannya serta kewajiban manusia terhadap Tuhan. Adapun kata kunci yang menjadi penghubung adalah bersyukur.
9.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan kewajibannya terhadap Tuhan. siswa mengamati gambar secara seksama.
10.  Bangun suasana belajar yang penuh keakraban sehingga siswa percaya diri menuliskan informasi yang diperoleh dari kegaitan pengamatan.
11.  Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Dapatkah kamu berperilaku supaya terhidar dari bencana alam karena diakibatkan perilaku manusia? Bagaimana seharusnya perilakumu?
12.  Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
13.  Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini aktivitas-aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh kondisi geografi lingkungan sekitarnya, gerakan-gerakan tari dengan properti, dan kewajiban terhadap Tuhan.
14.  Siswa diminta untuk menceritakan tempat ibadah yang ada di sekitar tempat tinggalnya dan menceritakan pengalamannya beribadah dengan orang tuanya.
15.  Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan orang tuanya.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Darwanto, S.Pd.MM.
NIP 19640314 198806 1 001
Kaliwungu,
Guru Kelas 5,



Tri Abiyanto
NIP 19680302 198910 1 001















Lampiran Penilaian











Tidak ada komentar:

Posting Komentar