RPP KURIKULUM 2013 SEMESTER 2
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : 4/2
Tema : Proyek
Kelas - Pahlawanku
(T5)
Sub Tema : Proyek Kelas (ST4)
Alokasi
waktu : 6 Hari
A. Kompetensi
Inti
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Sumber Pembelajaran
Sumber : Diri
anak, Lingkungan keluarga/masyarakat, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru
Tema 5 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
C.
Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative
Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAKEM (Pembelajaran
Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
D.
Kegiatan Pembelajaran/Proyek
Terlampir
E.
Peilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
Proyek
Kelas
Pembelajaran
1
Untuk tema Menghargai Jasa
Pahlawan, siswa akan menampilkan drama tentang perjuangan para pahlawan.
Untuk menghasilkan penampilan drama
ini, siswa perlu melalui beberapa tahapan. Mulai dari mengumpulkan data dan
informasi, mengolah, mempersiapkan alat dan bahan hingga akhirnya drama
ditampilkan di sekolah.
Siswa akan dibagi ke
dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa. Setiap
kelompok akan memilih apa yang akan ditampilkan.
Mengamati dan Mendeskripsikan
Sebagai kegiatan pembuka pada
pembelajaran 1 ini, siswa akan mengamati drama yang ditampilkan oleh guru. Guru
dapat meminta bantuan guru lain untuk membuat suatu drama.
Setelah melihat drama, guru
bertanya kepada siswa. Pertanyaan yang diajukan dapat berupa:
1.
Apa yang baru saja kalian saksikan?
2.
Bercerita tentang apa drama tersebut?
3.
Siapa saja tokoh yang ada dalam drama tersebut?
4.
Di mana dan kapan terjadinya cerita tersebut?
5.
Hal baik apa yang kalian dapat ambil dari cerita tadi?
6.
Apa saja yang perlu kalian siapkan untuk menampilkan sebuah
drama?
Setelah siswa mengetahui apa saja
yang perlu disiapkan sebelum menampilkan drama, bagilah siswa ke dalam beberapa
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Arahkan kelompok siswa untuk
dapat memilih 1 topik cerita yang akan ditampilkannya.
Selanjutnya, setiap
anggota kelompok mencari informasi untuk persiapan penampilan dramanya di hari
ke-6 nanti. Arahkan siswa untuk dapat berpikir lebih rinci mengenai apa-apa
saja yang perlu disiapkan. Semakin rinci tulisan hal-hal yang perlu disiapkan,
berarti siswa sudah mencapai daya nalar yang cukup baik.
Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah siswa mengumpulkan
rincian tulisannya mengenai hal-hal yang perlu disiapkan yang dilaksanakan pada
kegiatan sebelumnya, langkah berikutnya adalah siswa diajak berpikir kritis
untuk mempertanyakan rincian tulisannya tersebut.
Andaikan siswa merencanakan bahwa
“drama akan dilaksnakan di lapangan sekolah.”
Siswa dapat mempertanyakan:
1. Bagaimana jika turun hujan?
2. Apa yang perlu disiapkan jika
turun hujan?
3. Atau lebih baik tidak perlu di
lapangan saja?
Siswa diajak menganalisis.
Misalnya dengan melihat kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika
pelaksanaan drama di lapangan sekolah.
Melalui analisis ini,
siswa memperoleh gagasan tentang apa yang perlu dikaji lebih jauh.
Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal
yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti
hal tersebut dengan mengumpulkan
informasi yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan hal tersebut
dengan berbagai macam cara, antara lain:
1.
Membaca buku-buku referensi dari perpustakaan untuk kajian
materi drama,
2.
Bertanya atau mewawancarai narasumber di lingkungan terdekat
untuk persiapan baik materi maupun persiapan penampilan lainnya.
Pembelajaran 2
Mengamati dan Mendeskripsikan
Siswa dalam kelompok memutuskan
drama yang akan ditampilkan.
Misal : Cerita tentang Pattimura,
Imam Bonjol, atau pahlawan lain yang menjadi keputusan kelompok.
Menanyakan
Siswa membuat pertanyaan mengenai
hal-hal yang terkait dengan cerita pahlawan yang mereka pilih.
Misal:
Perjuangan apa yang dilakukan
oleh Pattimura?
Apa senjata yang
digunakan oleh Pattimura?
Guru memeriksa pertanyaan yang di
buat oleh siswa dan memastikan seluruh isi pertanyaan lengkap.
Mencari informasi
Siswa mencari informasi mengenai
cerita yang dipilih
Siswa mencari informasi di buku,
internet, koran, majalah atau bertanya.
Mengolah informasi
Siswa menulis hasil informasi
dalam kertas. Hasil informasi itu bisa berupa peta pikiran, lini masa atau
tabel.
Dari informasi yang didapatkan
siswa akan menuliskan alur cerita yang diinginkan.
Menganalisis
Siswa dalam kelompok
memutuskan alur cerita yang diinginkan.
Pembelajaran
3
Pada pembelajaran kali ini siswa
melengkapi seluruh informasi tentang drama yang akan diperankan.
Siswa dalam kelompok
menuliskan alur cerita yang dibuat dalam bentuk grafik organizer.
Guru memerikasa alur cerita yang
dibuat oleh siswa.
Menganalisis
Siswa menuliskan dialog
berdasarkan alur yang telah dibuat.
Siswa membagi peran
sesuai dengan tokoh yang ada.
Pembelajaran
4
Mempersiapkan Diri
Siswa berlatih dalam kelompok
masing-masing.
setiap siswa sudah membawa teks
dialog.
Siswa memperhatikan
dialog, intonasi, karakter dari tokoh yag diperankan.
Persiapan kostum
Di hari ini juga siswa sudah
mendiskusikan kostum yang akan digunakan dalam pementasan. Kostum tidak perlu
membeli atau menyewa. Siswa bisa membuat kostum dengan cara kreatif seperti
memadu padankan baju yang ada.
Membuat dari kertas untuk hiasan.
Guru mengecek sejauh
mana persiapan yang dilakukan oleh siswa. Guru memberikan motivasi kepada siswa
untuk tampil percaya diri.
Pembelajaran
5
Kembali berlatih
Di Hari ini siswa kembali
berlatih. Guru datang ke setiap kelompok untuk melihat kesiapan setiap
kelompok.
Siswa juga memeriksa kostum dan
atribut lain yang disiapkan untuk penampilannya.
Hari ini setiap kelompok tampil
di depan guru. Guru memberikan masukan terhadap hal-hal yang masih dirasa perlu
diperbaiki.
Sebelum kegiatan dilaksanakan,
siswa mengundang kelas lain untuk datang ke pameran atau sesi presentasi.
Sekolah bisa mengundang orang tua
dan guru lain untuk mengunjungi pameran.
Guru bisa menata ruang
kelas seperti ilustrasi di bawah untuk kebutuhan pameran.
Alternatif lain bisa
dibuat sesuai dengan kebutuhan.
Pembelajaran
6
Hari ini adalah hari
untuk pertunjukan. Orang tua datang ke sekolah. Siswa mempertunjukkan drama
tentang kepahlawanan.
Melakukan Refleksi
Pada pertemuan penutup tema ini,
siswa perlu membiasakan menulis secara reflektif, yaitu:
1.
mengingat-ingat dan menuliskan kejadian-kejadian yang telah
siswa lalui selama satu minggu terakhir ini,
2.
menuliskan kesan terhadap pengalaman tersebut (puas atau
tidak puas, senang atau tidak senang, gelisah atau mantap),
3.
dan menuliskan rencana perbaikan ke depannya.
Tulisan renungan siswa
ini selanjutnya perlu dipajang di ruang-ruang kelas siswa agar bisa dipelajari
dan dipahami teman-teman.
Refleksi Guru
Refleksi
guru dilakukan setiap akhir pekan (pada pembelajaran 6 di setiap subtema).
1.
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
pekan ini?
2.
Pembelajaran mana yang sudah berjalan efektif? Jelaskan!
3.
Pembelajaran
atau kegiatan mana yang masih memerlukan peningkatan?
4.
Materi apa yang sudah dikuasai
siswa dengan baik? Jelaskan!
5.
Apa rencana perbaikan yang akan
dilakukan untuk pembelajaran yang akan datang? Jelaskan langkah-langkahnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar