Minggu, 23 November 2014

Proyek Kelas 4 - Pahlawanku (T5)Sub TemaProyek Kelas (ST4)

RPP KURIKULUM 2013 SEMESTER 2

Satuan Pendidikan :  SD
Kelas/Semester       :  4/2
                        Tema                      :  Proyek Kelas - Pahlawanku (T5)
                        Sub Tema               :  Proyek Kelas (ST4)
                        Alokasi waktu        :  6 Hari

A.    Kompetensi Inti
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Sumber Pembelajaran
Sumber   :  Diri anak, Lingkungan keluarga/masyarakat, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
C.    Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

D.    Kegiatan Pembelajaran/Proyek
Terlampir

E.     Peilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.


Proyek Kelas
Pembelajaran 1
Untuk tema Menghargai Jasa Pahlawan, siswa akan menampilkan drama tentang perjuangan para pahlawan.
Untuk menghasilkan penampilan drama ini, siswa perlu melalui beberapa tahapan. Mulai dari mengumpulkan data dan informasi, mengolah, mempersiapkan alat dan bahan hingga akhirnya drama ditampilkan di sekolah.
Siswa akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa. Setiap kelompok akan memilih apa yang akan ditampilkan.
Mengamati dan Mendeskripsikan
Sebagai kegiatan pembuka pada pembelajaran 1 ini, siswa akan mengamati drama yang ditampilkan oleh guru. Guru dapat meminta bantuan guru lain untuk membuat suatu drama.
Setelah melihat drama, guru bertanya kepada siswa. Pertanyaan yang diajukan dapat berupa:
1.      Apa yang baru saja kalian saksikan?
2.      Bercerita tentang apa drama tersebut?
3.      Siapa saja tokoh yang ada dalam drama tersebut?
4.      Di mana dan kapan terjadinya cerita tersebut?
5.      Hal baik apa yang kalian dapat ambil dari cerita tadi?
6.      Apa saja yang perlu kalian siapkan untuk menampilkan sebuah drama?

Setelah siswa mengetahui apa saja yang perlu disiapkan sebelum menampilkan drama, bagilah siswa ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Arahkan kelompok siswa untuk dapat memilih 1 topik cerita yang akan ditampilkannya.
Selanjutnya, setiap anggota kelompok mencari informasi untuk persiapan penampilan dramanya di hari ke-6 nanti. Arahkan siswa untuk dapat berpikir lebih rinci mengenai apa-apa saja yang perlu disiapkan. Semakin rinci tulisan hal-hal yang perlu disiapkan, berarti siswa sudah mencapai daya nalar yang cukup baik.
Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah siswa mengumpulkan rincian tulisannya mengenai hal-hal yang perlu disiapkan yang dilaksanakan pada kegiatan sebelumnya, langkah berikutnya adalah siswa diajak berpikir kritis untuk mempertanyakan rincian tulisannya tersebut.
Andaikan siswa merencanakan bahwa “drama akan dilaksnakan di lapangan sekolah.”
Siswa dapat mempertanyakan:
1. Bagaimana jika turun hujan?
2. Apa yang perlu disiapkan jika turun hujan?
3. Atau lebih baik tidak perlu di lapangan saja?
Siswa diajak menganalisis. Misalnya dengan melihat kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika pelaksanaan drama di lapangan sekolah.
Melalui analisis ini, siswa memperoleh gagasan tentang apa yang perlu dikaji lebih jauh.
Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti
hal tersebut dengan mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan hal tersebut dengan berbagai macam cara, antara lain:
1.      Membaca buku-buku referensi dari perpustakaan untuk kajian materi drama,
2.      Bertanya atau mewawancarai narasumber di lingkungan terdekat untuk persiapan baik materi maupun persiapan penampilan lainnya.
Pembelajaran 2
Mengamati dan Mendeskripsikan
Siswa dalam kelompok memutuskan drama yang akan ditampilkan.
Misal : Cerita tentang Pattimura, Imam Bonjol, atau pahlawan lain yang menjadi keputusan kelompok.
Menanyakan
Siswa membuat pertanyaan mengenai hal-hal yang terkait dengan cerita pahlawan yang mereka pilih.
Misal:
Perjuangan apa yang dilakukan oleh Pattimura?
Apa senjata yang digunakan oleh Pattimura?
Guru memeriksa pertanyaan yang di buat oleh siswa dan memastikan seluruh isi pertanyaan lengkap.
Mencari informasi
Siswa mencari informasi mengenai cerita yang dipilih
Siswa mencari informasi di buku, internet, koran, majalah atau bertanya.
Mengolah informasi
Siswa menulis hasil informasi dalam kertas. Hasil informasi itu bisa berupa peta pikiran, lini masa atau tabel.
Dari informasi yang didapatkan siswa akan menuliskan alur cerita yang diinginkan.
Menganalisis
Siswa dalam kelompok memutuskan alur cerita yang diinginkan.
Pembelajaran 3
Pada pembelajaran kali ini siswa melengkapi seluruh informasi tentang drama yang akan diperankan.
Siswa dalam kelompok menuliskan alur cerita yang dibuat dalam bentuk grafik organizer.
Guru memerikasa alur cerita yang dibuat oleh siswa.
Menganalisis
Siswa menuliskan dialog berdasarkan alur yang telah dibuat.
Siswa membagi peran sesuai dengan tokoh yang ada.
Pembelajaran 4
Mempersiapkan Diri
Siswa berlatih dalam kelompok masing-masing.
setiap siswa sudah membawa teks dialog.
Siswa memperhatikan dialog, intonasi, karakter dari tokoh yag diperankan.
Persiapan kostum
Di hari ini juga siswa sudah mendiskusikan kostum yang akan digunakan dalam pementasan. Kostum tidak perlu membeli atau menyewa. Siswa bisa membuat kostum dengan cara kreatif seperti memadu padankan baju yang ada.
Membuat dari kertas untuk hiasan.
Guru mengecek sejauh mana persiapan yang dilakukan oleh siswa. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk tampil percaya diri.
Pembelajaran 5
Kembali berlatih
Di Hari ini siswa kembali berlatih. Guru datang ke setiap kelompok untuk melihat kesiapan setiap kelompok.
Siswa juga memeriksa kostum dan atribut lain yang disiapkan untuk penampilannya.
Hari ini setiap kelompok tampil di depan guru. Guru memberikan masukan terhadap hal-hal yang masih dirasa perlu diperbaiki.
Sebelum kegiatan dilaksanakan, siswa mengundang kelas lain untuk datang ke pameran atau sesi presentasi.
Sekolah bisa mengundang orang tua dan guru lain untuk mengunjungi pameran.
Guru bisa menata ruang kelas seperti ilustrasi di bawah untuk kebutuhan pameran.
Alternatif lain bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan.
Pembelajaran 6
Hari ini adalah hari untuk pertunjukan. Orang tua datang ke sekolah. Siswa mempertunjukkan drama tentang kepahlawanan.
Melakukan Refleksi
Pada pertemuan penutup tema ini, siswa perlu membiasakan menulis secara reflektif, yaitu:
1.      mengingat-ingat dan menuliskan kejadian-kejadian yang telah siswa lalui selama satu minggu terakhir ini,
2.      menuliskan kesan terhadap pengalaman tersebut (puas atau tidak puas, senang atau tidak senang, gelisah atau mantap),
3.      dan menuliskan rencana perbaikan ke depannya.

Tulisan renungan siswa ini selanjutnya perlu dipajang di ruang-ruang kelas siswa agar bisa dipelajari dan dipahami teman-teman.



Refleksi Guru
Refleksi guru dilakukan setiap akhir pekan (pada pembelajaran 6 di setiap subtema).
1.      Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pekan ini?
2.      Pembelajaran mana yang sudah berjalan efektif? Jelaskan!
3.      Pembelajaran atau kegiatan mana yang masih memerlukan peningkatan?
4.      Materi apa yang sudah dikuasai siswa dengan baik? Jelaskan!
5.      Apa rencana perbaikan yang akan dilakukan untuk pembelajaran yang akan datang? Jelaskan langkah-langkahnya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar