Selasa, 11 November 2014

RPP5 4-1-3

PEMETAAN JARINGAN INDIKATOR

Kelas/Semester            :  5/1
Tema                           :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema                    :  Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (ST1)
Pembelajaran ke          :  3







RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      :  SD ...
Kelas/Semester            :  5/1
Tema                           :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema                    :  Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (ST1)
Pembelajaran ke          :  3
Alokasi waktu             :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mengidentifikasi pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Melakukan pembiasaan cara menghemat air.

Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.5              Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
3.5.1. Menjelaskan letak benda pada gambar.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
4.8.1.      Menggambar letak benda berdasarkan sistem koordinat.

PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945

3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
3.2.1 Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah
4.2.1. Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyelesaikan letak benda pada gambar dengan cermat.
2.      Dengan menggunakan hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, siswa mampu menggambarkan letak benda/tempat dengan menggunakan sistem koordinat dengan teliti.
3.      Dengan menulis siswa mampu mengidentifikasi pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup dengan mandiri.
4.      Dengan melakukan kegiatan sehari-hari siswa mampu melakukan pembiasaan cara menghemat air dengan bertanggung jawab.
5.      Dengan berdiskusi tentang cara menghemat air, siswa mampu menjelaskan akibat tidak dilaksanakannyan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa tanggung jawab.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara menemukan suatu tempat pada peta dengan menggunakan garis bujur dan garis lintang, arah suatu tempat, dan cara menggambar peta.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, peralatan gambar: penggaris, pensil gambar, dan pensil warna
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).



F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
1)         Pada awal pembelajaran, guru mendorong munculnya ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi keterkaitan air dengan kebersihan. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan mengenai cara menjaga kebersihan air?
2)         Setelah semua siswa memberikan jawaban, guru mengkonfimasi jawaban-jawaban siswa.
3)         Gunakan jawaban-jawaban siswa sebagai pengetahuan awal untuk melakukan kegiatan-kegiatan pemebelajaran berikutnya.
4)         Siswa mengamati denah lingkungan rumah Tono, Nisa, dan Dita secara seksama.
5)         Ciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga siswa percaya diri, teliti, dan memiliki imajinasi yang tepat dalam mengamati gambar.
6)         Setelah siswa mengamati gambar , siswa diminta untuk menuangkan atau menyajikan hasil pengamatannya secara tertulis berdasarkan pertanyaan yang ada di buku siswa.
7)         Fokuskan pemahaman siswa mengenai letak suatu benda/rumah yang berorientasi pada arah dan jarak.
8)         Biarkan siswa mengerjakan secara mendiri.
9)         Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.
10)     Setelah siswa mampu menemukan letak benda/ rumah melalui kegiatan pengamatan gambar peta lingkungan dengan baik, pada kegiatan AYO, MENGGAMBAR: siswa membuat gambar mengenai peta lingkungan tempat tinggalnya.
11)     Biarkan imajinasi dan kreasi siswa dalam menggambar berkembang.
12)     siswa menulis cara menghemat air, cara kamu menjaga kebersihan air.
13)     Siswa menceritakan cara menghemat dan menjaga kebersihan air dengan menuliskannya dalam kolom buku siswa.
14)     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Sikap apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari?
15)     Secara mandiri mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
16)     Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini menghemat air, menjaga kebersihan air, dan mengetahui letak rumah di sekitar tempat tinggalnya.
17)     Siswa mengamati dan mengidentifikasi tentang kebersihan air yang ada di rumah dan di lingkungan sekitar rumahnya.
18)     Selesai melakukan pengamatan, siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.
19)     Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.



c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Darwanto, S.Pd.MM.
NIP 19640314 198806 1 001
Kaliwungu,
Guru Kelas 5,



Tri Abiyanto
NIP 19680302 198910 1 001







Lampiran Penilaian



Lampiran
PERENUNGAN
 


1.      Mengingat
-          Apa yang kamu lakukan?



 


2.      Memahami
-          Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-          Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?

 



3.      Menerapkan
-          Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-          Dimana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?

 



4.      Menganalisis
-          Apakah kamu melihat pola dan  hubungan dari apa yang kamu lakukan?



5.      Mengevaluasi
-          Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-          Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-          Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?



6.      Menciptakan
-          Apa yang kamu lakukan selanjutnya?
-          Apa rencana kamu?
-          Apa desain yang kamu buat?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar