RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD N Kaliwungu 04
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 6 jp
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
KOMPETENSI
DASAR
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
INDIKATOR
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.
Bahasa Indonesia
KOMPETENSI
DASAR
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
INDIKATOR
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
·
Menyebutkan nama temannya.
PJOK
KOMPETENSI DASAR
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
INDIKATOR
·
Melakukan gerakan melempar.
·
Melakukan gerakan menangkap.
SBdP
KOMPETENSI DASAR
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna
dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar.
INDIKATOR
·
Memberi hiasan pada kartu nama.
C. TUJUAN
1.
Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat
memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
secara benar.
2.
Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama
lengkap dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias
kartu nama dengan rapi.
D. MATERI
Buku siswa hal. 1 dan teks dan nama-nama teman Udin, Permainan
memperkenalkan diri, Lirik lagu “Siapa
Namamu”
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example
Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing,
dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
b.
Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
c.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
d.
Mengajak berdinamika dengan
tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
e.
Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
f.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
2. Kegiatan Inti
Teman
Baru
a.
Pada awal pelajaran, guru
memperkenalkan diri kepada siswa.
b.
Guru meminta siswa membuka buku
siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
c.
Guru menunjukkan cara
berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
d.
Siswa diajak untuk saling
berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan
bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
e.
Permainan dimulai dari guru
dengan memperkenalkan diri,
”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak.... nama
panjang.... biasa dipanggil Ibu/Bapak....
kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola
dengan keras)
f.
Siswa yang berhasil menangkap
bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
g.
Kemudian, dia melempar kepada teman
lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama
panggilan.
h.
Demikian seterusnya hingga
seluruh siswa memperkenalkan diri.
i.
Setelah semua memperkenalkan
diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama
teman di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
Lirik
lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan
A.T. Mahmud
1 2 / 3
. / 3 4 / 5 ./
Sia pa
kah na ma mu
5 4 / 3
. / 3 3 /1 . //
Na ma ku
............. (sebutkan nama anak)
j.
Siswa berada pada posisi lingkaran.
Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan
namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di
sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama
lagunya dan seterusnya.
k.
Kegiatan ditutup dengan diskusi
pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
Menghias
Kartu Nama
a.
Guru menjelaskan bahwa untuk
dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
b.
Guru menyampaikan bahwa siswa
akan membuat kartu nama mereka masingmasing.
c.
Guru membagikan
potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
d.
Guru menunjukkan kartu namanya
sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
e.
Siswa diminta untuk menghias dan
atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
f.
Siswa diminta menggunakan kartu
namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
3. Kegiatan Penutup
a.
Siswa melakukan perenungan
tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
b.
Siswa menuliskan hal-hal yang
telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang
ingin mereka pelajari lebih lanjut.
c.
Guru mengajak siswa untuk
mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
d.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
e.
Guru menyampaikan pesan moral
hari ini dengan bijak.
f.
Salam dan do’a penutup.
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan
keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1
Kelas 1 hal. 4-7 dan Buku
Siswa Tema 1 Kelas 1hal 1-4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri
Anak.
·
Gambar tentang Aku dan Teman Baru.
·
Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi
bentuk bola.
·
Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong- potong dan
diberi nama masing- masing siswa.
·
Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang
sudah disediakan.
·
Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama.
I.
PENILAIAN
- Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Isian singkat.
|
|
Kaliwungu
Guru kelas 1
Tri Abiyanto
|
KISI-KISI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Jenis tes
|
Ranah
|
Bentuk
|
No Soal
|
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
Bahasa Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PJOK
KOMPETENSI DASAR
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang
dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
SBdP
KOMPETENSI DASAR
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan
bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar.
|
PPKn
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.
Bahasa
Indonesia
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
·
Menyebutkan nama temannya.
PJOK
·
Melakukan gerakan melempar.
·
Melakukan gerakan menangkap.
SBdP
· Memberi hiasan pada
kartu nama.
|
|
|
|
|
Penilaian
Unjuk Kerja
Rubrik
Memperkenalkan Diri dengan Permainan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Kemampuan
memperkenalkan diri
|
Siswa mampu
menyebutkan nama
panjang dan nama
panggilan
|
Siswa mampu
menyebutkan nama
panjang
|
Siswa hanya
mampu
menyebutkan nama
panggilan
|
Siswa belum
mampu
memperkenalkan
diri
|
2
|
Kemampuan menjalankan
peraturan pada
permainan
|
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
dengan instruksi
tanpa pengarahan
ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan tetapi dengan
1 kali arahan ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih dari 1
kali arahan ulang
|
Siswa belum
mampu melakukan
permainan sesuai
dengan aturan
|
3
|
Kemampuan melakukan
gerakan melempar dan
menangkap
|
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat (tidak
pernah meleset)
|
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi 1-2 kali
meleset
|
Siswa melempar dan
menangkap bola,
tetapi lebih dari 3
kali meleset
|
Siswa belum
mampu melempar
dan menangkap
bola
|
Daftar Nilai
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Nilai
|
Ket
|
||
Kemampuan
memperkenalkan
diri
|
Kemampuan menjalankan
peraturan pada
permainan
|
Kemampuan
melakukan
gerakan
melempar dan
menangkap
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Membuat Kartu Nama
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Komponen
kartu nama
|
Memenuhi 3
komponen (gambar
atau foto diri,
hiasan,
dan bentuk yang unik)
|
Memenuhi 2 dari 3
komponen
|
Hanya memenuhi 1
dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3
komponen
|
2
|
Jumlah
warna yang
digunakan
|
Menggunakan 4
warna atau lebih
|
Menggunakan 3
warna
|
Menggunakan 2
warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Daftar Nilai
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Nilai
|
Ket
|
|
Komponen
kartu
nama
|
Jumlah
warna yang
digunakan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan bersama Orang tua
Orang
tua meminta siswa menyebutkan nama-nama teman barunya di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar