Minggu, 23 November 2014

RPP Kl 5 Tema Sehat itu Penting (T4) Sub Tema Lingkungan Sehat (ST3)

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.
Indikator
• Menyatakan relasi yang terkait kejadian sehari-hari.

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
• Menyimak bacaan tentang lingkungan sehat.
• Mengenali jenis-jenis gangguan kesehatan melalui bacaan.
• Membuat kesimpulan berdasarkan bacaan tentang kesehatan manusia.

C.     Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang fakktor-faktor penyebab munculnya gangguan kesehatan, siswa dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab munculnya gangguan-gannguan pada kesehatan.
• Dengan mencari tahu melalui kegiatan membaca atau bertanya tentang macam, penyebab, dan cara penyembuhan penyakit, siswa menuliskan macam-macam, penyebab, dan cara peneyembuhan penyakit dengan benar.
• Dengan membaca teks tentang gangguan asma pada anak, siswa dapat menemukan gejala-gejala, penyebab, dan penyembuhan pada penyakit asma.
• Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan gangguan asma pada anak, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
• Dengan melengkapi kolom kelompok relasi, siswa dapat menunjukkan relasi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: faktor-faktor penyebab munculnya gangguan pada kesehatan, macam-macam, penyebab, dan cara penyembuhan penyakit, gejala-gejala, penyebab, dan peyembuhan pada penyakit asma, relasi dalam kehidupan sehari-hari, faktor-faktor penyebab munculnya gangguan pada kesehatan.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Gunakan narasi dan pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus ide dan tanggapan siswa. Bacakan narasi ini pada anak.
Manusia rentan dengan berbagai macam penyakit. Banyak hal yang menyebabkan penyakit itu mengganggu kesehatan manusia, di antaranya karena faktor kebersihan lingkungan, pola makan, pola istirahat, dan kurangnya aktivitas yang menyehatkan, misalnya olahraga.
• Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dilakukan.
• Tumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran yang akan dilalui.
- Siswa mengamati dua gambar pada buku siswa tentang lingkungan yang sehat
- Selesai mengamati gambar, secara mandiri siswa menuliskan pendapatnya terhadap gambar.
Alternatif pembelajaran yang dilakukan, antara lain sebagai berikut.
1. Setiap siswa membacakan pendapatnya yang telah ditulis, lalu teman yang lain memberikan umpan balik.
2. Membentuk kelompok diskusi untuk saling bertukar pendapat.
- Guru meminta seorang siswa membaca teks yang berjudul Lingkungan Sehat.
- Siswa yang lain menyimak dengan seksama.
- Selesai menyimak, secara mandiri semua siswa membuat kesimpulan berdasarkan bacaan yang telah disimaknya.
- Siswa mencari tahu tentang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.
Alternatif pembelajaran:
1.      Siswa dapat mencari tahu dengan bertanya kepada orang yang memiliki kompetensi dan pengetahuan tentang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.
2. Siswa dapat mencari melalui buku, artikel di internet, koran, atau majalah.
3. Siswa dapat berdiskusi
- Siswa membaca teks yang berjudul Gejala Asma Pada Anak, Penyebab dan Pencegahan.
- Setelah membaca, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
- Siswa mengerjakan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa melengkapi diagram yang menunjukkan relasi pada buku siswa dengan memasangkan nama anak dengan olahraga yang disukai berdasarkan narasi pada buku siswa.
- Selesai melengkapi diagram, siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan diagram yang telah dikerjakan.
- Siswa mengerjakan secara mandiri.
• Secara individual siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai bentuk-bentuk gangguan kesehatan dan relasi.
• Siswa menuliskan mengenai olahraga yang disukai setiap anggota keluarganya dan diminta untuk membuatnya dalam bentuk diagram relasi.
• Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat meminta orang tuanya untuk berdiskusi dan saling bertukar pendapat.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
       Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar

Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
• Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah.
• Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
                        Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
                        Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
                        Menyebutkan pentingnya kesehatan bagi manusia.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.
Indikator
• Menyajikan relasi dalam grafik.

IPS
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Indikator
• Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
• Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

C.     Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat mengetahui cara hidup selaras dengan lingkungan alam.
• Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat mengetahui dampak jika hidup tidak selaras dengan lingkungan.
• Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui contoh aktivitas manusia yang tidak selaras dengan lingkungan alam.
• Dengan menulis, siswa dapat mengetahui pentingnya kesehatan bagi dirinya sendiri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara hidup selaras dengan lingkungan alam, dampak jika hidup tidak selaras dengan lingkungan terhadap kesehatan, aktivitas manusia yang tidak selaras dengan lingkungan alam, keadaan lingkungan sekolah, pentingnya kesehatan bagi dirinya sendiri.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan menunjukkan sebuah gambar orang yang membuang sampah ke sungai. Kemudian, siswa disuruh mengamati secara seksama. Secara individual, siswa diminta untuk mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang tampak pada gambar.
• Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati siswa.
• Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
• Guru memberikan narasi yang menghubungkan kompetensi antara perilaku menjaga lingkungan dengan relasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun yang menjadi kata kunci adalah “pengelompokan jenis-jenis sampah”.
- Siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri berkaitan dengan melengkapi kelompok relasi “kurang dari” dan menggambarnya pada diagram kartesius.
- Guru berkeliling dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
- Gunakan rubrik melengkapi kelompok relasi “kurang dari” dan gambar diagram kartesius untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi kelompok relasi dengan pentingnya menjaga kesehatan. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Setiap kelompok yang telah dibentuk bertugas memungut sampah dan membersihkan daerah sekitarnya sesuai ketentuan. Siti dan teman-temannya semangat dalam membersihkan lingkungan. Mereka menyadari bahwa lingkungan kotor sumber penyakit dan akan mengganggu kesehatan manusia. Oleh karena itu, Siti dan teman-temannya semangat untuk selalu hidup sehat.
Kesehatan merupakan harta yang terpenting bagi kehidupan manusia. Mengapa demikian? Dengan kondisi yang sehat, manusia bisa melakukan banyak aktivitas misalnya bekerja.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
- Agar lebih menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di luar kelas, seperti di halaman atau taman sekolah.
- Guru meminta setiap siswa mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan guru dan teman-temannya.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk memberikan tanggapan.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
- Gunakan rubrik menulis pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang sudah diperolehnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan perilaku yang selaras dengan lingkungan, kelompok relasi, dan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
• Siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya dan keluarganya berkaitan dengan perilaku yang selaras dengan lingkungan.
• Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa bekerja sama kepada orang tuanya dengan berdiskusi dan tukar pendapat.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
            Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.



RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  3
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
• Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.
Indikator
• Menyajikan relasi dalam koordinat.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami hak kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
• Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
• Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

C.     Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang kewajiban terhadap lingkungan rumah, siswa menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah.
• Dengan mengamati, siswa dapat menunjukkan contoh relasi dalam kehidupan sehari-hari.
• Dengan latihan, siswa menyusun dua kelompok yang memiliki relasi dan menyajikan relasi tersebut pada diagram kartesius.
• Dengan menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah, siswa dapat menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah.
• Dengan membaca teks cara menjaga kesehatan tubuh dan badan, siswa dapat mengidentifikasi cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: kewajiban terhadap teman dan guru di sekolah, contoh korelasi dalam kehidupan sehari-hari, cara menentukan relasi di antara dua kelompok dan menggambarnya pada diagram kartesius, kewajiban terhadap lingkungan rumah, cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Guru mengajak siswa agar mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya berkaitan dengan subtema yang dipelajari sebagai sumber inspirasi dan bahan belajar.
- Siswa diminta untuk mengamati bunga-bunga yang terdapat di taman sekolah, di sekitar rumah, atau kebun bunga.
- Fokuskan pengamatan siswa pada warna-warna bunga.
- Siswa diminta untuk menuliskan hasil pengamatannya.
- Siswa diminta untuk mengelompokkan jenis bunga dan warna bunga.
- Siswa diminta untuk membuat relasi antara kelompok jenis bunga dan kelompok warna bunga.
- Setelah mengetahui relasi antar kelompok, siswa diminta untuk melengkapi diagram kartesius dengan menentukan titik koordinat relasi antar kelompok.
- Guru meminta siswa mengerjakan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
- Siswa diminta menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah dan akibatnya jika tidak menjalani kewajiban tersebut.
siswa menuliskan pengalamannya dalam menanam dan merawat tanaman di rumah.
Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengemukakan pengalamannya dengan percaya diri.
- Siswa diminta membaca teks berjudul Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Badan
• Selesai membaca, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan isi bacaan.
• Siswa juga diminta untuk mengidentifikasi kata baku dan kata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
• Guru membangun suasana belajar yang penuh keakraban, sehingga siswa percaya diri dalam mengerjakan tugas.
• Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan serta mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang kewajiban terhadap lingkungan rumah, menunjukkan relasi dalam kehidupan sehari-hari, dan cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.
• Siswa diminta mengamati keadaan lungkungan rumahnya. Siswa diminta mengidentifikasi jenis taaman yang ditanam dan menceritakan cara menjaga dan merawat tanaman tersebut.
• Untuk mengoptimalkan kerja sama dengan orang tua, siswa dapat membuat check list untuk ditunjukkan kepada orang tuanya.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
            Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.




RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PJOK
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
Indikator
                        Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap, lari dan memukul) permainan kasti dengan kontrol baik.

SBdP
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.16 Membuat apotik hidup.
Indikator
                        Menggunakan sumber alam dan lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
                        Menggunakan bahan-bahan bersumber dari alam dan lingkungan dalam berkarya seni.
                        Menjelaskan apotik hidup.

IPA
Kompetensi Dasar
3.8 Mengenal sistem pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
Indikator
• Mengenal organ tubuh pada sistem pernapasan manusia.
• Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia.
• Menjelaskan beberapa penyakit pada alat pernapasan.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
• Mengenali lingkungan sehat melalui menyimak bacaan.
• Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia melalui bacaan.
• Membuat kesimpulan berdasarkan bacaan tentang lingkungan sehat.
• Mencari tahu mengenai berbagai penyakit melalui bacaan.

C.     Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang hubungan antara olahraga, lingkungan sehat, dan kesehatan, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang hubungan antara olahraga, lingkungan sehat, dan kesehatan dengan percaya diri.
• Dengan kegiatan menyebutkan alat dan perlengkapan dalam permainan rounders, siswa dapat menuliskan alat dan perlengkapan yang digunakan dalam permainan rounders dengan benar.
• Dengan melakukan latihan melempar bola rounders, siswa dapat melempar bola rounders dengan tepat.
• Dengan mengamati gambar tentang organ pernapasan manusia, siswa menunjukkan organ pernapasan manusia dengan benar.
• Dengan mencari tahu melalui studi pustaka tentang penyakit-penyakit organ pernapasan manusia, siswa dapat menyebutkan penyakit-penyakit pada organ pernapasan manusia dengan percaya diri.
• Dengan menulis, siswa dapat menjelaskan apotek hidup dengan benar.
D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: mengetahui hubungan antara olahraga, lingkungan sehat, dan kesehatan, mengetahui alat dan perlengkapan dalam permainan rounders, mengetahui cara melakukan gerakan melempar bola dalam permianan rounders, mengetahui penyakit pada organ pernapasan manusia, mengetahui apotek hidup.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks, alat dan perlengkapan permainan rounders
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yakni keterampilan bermain rounders.
- Secara mandiri, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa mengenai peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam permainan rounders serta gerak dasar permainan rounders.
- Siswa diminta untuk menyajikan dan mengkomunikasikan hasilnya secara tertulis ke dalam kolom yang tersedia pada buku siswa.
• Minta siswa untuk berdiri berkeliling, berikan penjelasan tentang cara melempar bola rounders yang tepat.
• Bimbing siswa untuk berlatih melempar bola rounders secara bergantian, dan berikan umpan balik.
• Guru memadukan kegiatan sebelumnya, mengenai rounders dengan organ pernapasan. Kalimat kunci yang digunakan sebagai penghubung, yakni “Pada saat berhenti setelah berlari dalam permainan rounders, Edo kelihatan kelelahan. Edo tampak terengah-engah dalam bernapas.”
Setelah siswa dapat memahami keterkaitan kompetensi ini, guru menjelaskan mengenai organ pernapasan manusia.
• Siswa mengamati gambar bagian-bagian organ pernapapasan manusia.
• Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatan gambarnya berkaitan dengan organ pernapasan manusia ke dalam tabel pada buku siswa.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi semua jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang nyeleneh.
- Siswa diminta untuk melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data melalui artikel yang ada di koran, majalah, atau internet berkaitan dengan penyakit-penyakit pada organ pernapasan manusia.
- Setelah data terkumpul, siswa diminta untuk menuliskan pada kolom yang ada di buku siswa.
• Guru menarasikan kalimat penghubung antarkompetensi, yakni organ pernapasan dengan apotek hidup. Adapun kalimat kuncinya adalah Edo anak yang sehat, meskipun napasnya tampak terengah-engah itu hanya akibat dari lari cepat. Sesudah bermain rounders, Edo dan teman-teman beristirahat. Waktu beristirahat Siti menawarkan minuman kunir asem. Ibu Siti membuat sendiri minuman itu, karena di rumah Siti terdapat apotek hidup. Edo dan teman-teman yang lain tampak senang, kunir asem yang dibawa Siti sangat segar.
- Siswa diminta untuk menulis hal-hal berkaitan dengan apotek hidup sesuai dengan pemahamannya sendiri.
- Ciptakan suasana belajar yang memungkinkan timbulnya rasa percaya diri pada setiap siswa untuk mengungkapkan pendapatnya.
- Setelah semua siswa menuliskan pendapatnya tentang apotek hidup, guru dapat menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasilnya. Siswa lain diminta untuk menyimak dan memberikan tanggapannya.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.
                        Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
                        Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui mana tingkat pemahaman siswa mengenai alat dan gerak dasar permainan rounders, organ pernapasan, dan apotek hidup.

                        Siswa diminta untuk mengungkapkan mengenai keberadaan apotek hidup di rumahnya.
                        Siswa meminta orang tuanya untuk membuat apotek hidup (jika di rumahnya belum ada apotek hidup) dan untuk menambah jenis tanaman dalam apotek hidup (jika di rumahnya sudah ada apotek hidup).
                        Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
            Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar





RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

SBdP
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kereatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.16 Membuat apotek hidup.
Indikator
• Menggunakan sumber alam dan lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
• Menggunakan bahan-bahan bersumber dari alam dan lingkungan dalam berkarya seni.
• Menjelaskan apotek hidup.
• Membuat apotek hidup.

PJOK
Kompetnsi Dasar
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
Indikator
                        Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam permainan olahraga tradisional bola kecil. (rounders).
                        Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap, lari, dan memukul) permainan rounders dengan kontrol yang baik.
                        Memukul bola yang dilambungkan/dilemparkan dengan tepat.
                        Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka.

IPA
Kompetensi Dasar
3.8 Mengenal sistem pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
Indikator
                        Menjelaskan cara-cara merawat organ tubuh pada sistem pernapasan.
                        Membuat laporan tentang cara-cara merawat organ tubuh manusia.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
                        Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
                        Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
                        Menyebutkan pentingnya kesehatan bagi manusia.
                        Menunjukkan bukti pentingnya kesehatan bagi manusia.

C.     Tujuan Pembelajaran
• Dengan melakukan gerakan melempar dan memukul bola rounders, siswa dapat menguasai keterampilan teknik-teknik melempar dan memukul bola dalam permainan rounders dengan benar.
• Dengan bercerita cara mencetak angka dalam rounders, siswa dapat menyebutkan cara mencetak angka dalam permainan rounders.
• Dengan menyebutkan cara merawat alat pernapasan, siswa menuliskan cara merawat alat pernapasan dengan benar.
• Dengan membuat laporan cara merawat organ tubuh, siswa dapat membuat laporan cara merawat organ tubuh dengan benar.
• Dengan menyebutkan, siswa menuliskan arti pentingnya kesehatan dengan tepat.
• Dengan melakukan, siswa menyebutkan langkah-langkah membuat apotek hidup dengan benar.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara melakukan gerakan-gerakan / teknik-teknik dalam permainan rounders, cara mencetak angka pada permainan rounders, cara merawat alat pernapasan, cara merawat organ tubuh, arti pentingnya kesehatan, langkah-langkah memebuat apotek hidup.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, peralatan dan perlengkapan rounders
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi berikut Sehat itu sangatlah penting. Dengan berolahraga, menjaga organ tubuh, dan menjaga kesehatan lingkungan itu sebagai modal kita untuk selalu sehat.
• Berikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
• Guru mengkonfirmasi tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa.
- Guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik, atau berolahraga. Gerakan-gerakan dalam pemanasan ini antara lain lari di tempat, jumping jack, dan gerakan mengangkat satu tangan ke arah kanan dan tangan lain ke pinggang.
- Setelah melakukan pemanasan, guru mengajak siswa memperhatikan gambar gerakan-gerakan dasar dalam permainan rounders.
- Guru menunjuk dua orang untuk mempraktikan semua gerakan seperti melempar, menangkap, dan memukul bola. Setelah itu semua anak diajak mempraktikkan gerakan secara berpasangan.
• Selesai berlatih gerakan-gerakan dasar permainan rounders, guru meminta siswa untuk menuliskan cara melakukan gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan rounders.
• Guru meminta siswa untuk melakukan permainan rounders dengan membagi kelas menjadi dua kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 12 anak (atau sesuai dengan kondisi kelas).
- Siswa diminta untuk menuliskan cara mencetak angka dalam permainan rounders.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang nyeleneh.
• Guru menjelaskan narasi penghubung antara kompetensi olahraga/permainan rounders dengan cara merawat organ pernapasan. Adapun kalimat kunci sebagai penghubung adalah: selain melempar dan memukul, berlari juga merupakan gerak dasar dalam olahraga rounders. Gerak berlari juga dapat digunakan untuk memelihara alat pernapasan manusia. Sistem pernapasan sangatlah penting bagi manusia. Oleh karena itu kesehatan alat pernapasan perlu dipelihara, di antaranya dengan olahraga secara teratur seperti lari, renang, dan senam.
- Siswa diminta untuk menyebutkan cara memelihara alat pernapasan.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi aktivitas olahraga dengan pentingnya kesehatan. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah: Bagaimana rasanya jika kamu sakit? Pasti saat itu tubuhmu atau di antara anggota tubuhmu tidak enak rasanya. Bahkan, bisa jadi kamu hanya tiduran di atas tempat tidur. Itulah satu di antara bukti bahwa kesehatan itu sangatlah penting.
- Siswa diminta untuk menyebutkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan itu penting.
- Guru meminta siswa melakukan studi pustaka untuk mencari informasi pada buku, majalah, surat kabar, atau internet tentang cara merawat organ tubuh agar selalu sehat.
- Kemudian, siswa diminta untuk membuat laporan berdasarkan informasi yang telah diperoleh.
- Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara mandiri.
- Guru memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi cara merawat organ tubuh dengan apotek hidup. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah: Cara merawat organ tubuh di antaranya dengan cara melakukan pola makan dan minum yang sehat. Selain itu, rawatlah organ tubuh dengan minum obat-obatan herbal yang kita peroleh dengan mengolah sendiri dari hasil tanam sendiri, misalnya dari apotek hidup yang kita buat di lingkungan rumah. Apotek Hidup merupakan tempat yang berisikan berbagai tanaman obat yang ditanam dan dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan serta kesehatan.
- Siswa diminta untuk membuat apotek hidup di rumah dengan menuliskan langkah-langkahnya pada kolom di buku siswa.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini permainan rounders, cara merawat kesehatan organ tubuh, dan apotek hidup.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan: Pernahkah anggota keluargamu ada yang sakit? Sakit apa yang pernah dialami anggota keluargamu itu? Bagaimana cara menyembuhkannya?
• Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat meminta bantuan kepada orangtuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
           Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.




RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPS
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Indikator
                        Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
                        Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
                        Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
                        Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
                        Menyimpulkan bacaan yang berkaitan dengan seputar kesehatan.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
                        Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
                        Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
                        Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
                        Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
                        Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

C.     Tujuan Pembelajaran

                        Dengan melakukan, siswa dapat membuat apotek hidup di lingkungan sekitarnya.
                        Dengan mengingat, siswa dapat mengetahui kewajiban terhadap teman dan guru, kewajiban terhadap anggota keluarga, kewajiban terhadap lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban terhadap Tuhan.
                        Dengan membaca, siswa dapat mengetahui jenis-jenis tanaman obat yang ditanam di apotek hidup.
                        Dengan menulis kesimpulan, siswa dapat memahami apotek hidup.
                        Dengan membuat laporan, siswa dapat mengetahui keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara membuat apotek hidup, kewajiban terhadap anggota keluarga, kewajiban terhadap lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban terhadap Tuhan, jenis-jenis tanaman obat yang ditanam di apotek hidup menuli kesimpulan bacaan tentang apotk hidup, keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks, tanaman obat, dan peralatan menanam
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi: Banyak cara untuk menciptakan lingkungan sehat. Apa yang akan kamu lakukan untuk menciptakan lingkungan sehat?
• Berikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa untuk memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
• Guru mengkonfirmasi tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa.
- Guru meminta siswa bersama-sama membuat apotek hidup sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada buku siswa.
- Pergunakan gambar yang tersedia pada buku siswa untuk menstimulus ide, gagasan, dan pendapat siswa.
- Tekankan pada pembagian tugas dan peran setiap anggota kelompok.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi membuat apotek hidup dengan kerja sama. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah dalam membuat apotek hidup secara kelompok atau bersama-sama perlu adanya kerja sama. Kerja sama merupakan kewajiban bagi setiap orang dalam suatu kelompok tertentu pada saat melaksanakan kegiatan.
- Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tentang kewajiban manusia terhadap teman dan guru, anggota keluarga, lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban terhadap Tuhan.
- Guru juga meminta siswa untuk menuliskan akibat jika tidak melaksanakan kewajiban.
- Siswa diminta untuk menuliskannya pada tabel-tabel yang terdapat di buku siswa.
- Guru meminta siswa untuk mengerjakan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
Guru membangun suasana yang menyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan pengalamanya secara mandiri dan percaya diri.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Siswa diminta membaca bacaan yang berjudul Apotek Hidup Koleksi 100 Jenis Tanaman Obat.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di perpustakaan, halaman, ruang kesenian, aula, dan sebagainya.
- Guru memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk membuat kesimpulan dari bacaan.
- Ajarkan kepada siswa untuk menemukan ide atau gagasan utama pada setiap paragraf dan menggunakan kosakata baku dan tanda baca yang benar.
- Guru meminta setiap siswa menulis dan membacakan kesimpulan yang telah dibuat.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap kesimpulan yang telah dibuat siswa.
- Guru meminta siswa melakukan studi pustaka untuk mencari informasi pada buku, majalah, surat kabar, atau internet tentang keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
- Kemudian, siswa diminta membuat laporan berdasarkan informasi yang telah diperoleh.
- Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara mandiri.
- Guru memberikan panduan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
- siswa diminta untuk membuat analisa : Apakah pembuatan apotek hidup merupakan aktivitas manusia yang ada keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungan? Jelaskan!
- Bangun suasana belajar yang penuh keakraban sehingga siswa percaya diri menuliskan hasil analisis yang dilakukan.
- Ajarkan siswa untuk menuliskan secara efektif dan komunikatif.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari berkaitan dengan apotek hidup, kewajiban manusia, dan keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
• Siswa diminta untuk mengemukakan perilaku yang telah dilakukannya dalam rangka menciptakan lingkungan sehat di rumah dan sekolah.
Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan orang tuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
           Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar