RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
3.1
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan
rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
• Mengidentifikasi
informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
Matematika
Kompetensi
Dasar
3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalis hubungan antar simbol,
informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.10
Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.
Indikator
• Menyajikan relasi dalam koordinat.
PPKn
Kompetensi
Dasar
3.2
Memahami hak kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2
Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
•
Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
• Berperilaku sesuai
dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
C. Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang kewajiban terhadap
lingkungan rumah, siswa menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah.
• Dengan mengamati, siswa dapat menunjukkan contoh relasi dalam kehidupan
sehari-hari.
• Dengan latihan, siswa menyusun dua kelompok yang memiliki relasi dan
menyajikan relasi tersebut pada diagram kartesius.
• Dengan menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah, siswa dapat
menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah.
• Dengan
membaca teks cara menjaga kesehatan tubuh dan badan, siswa dapat
mengidentifikasi cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: kewajiban terhadap teman dan guru di sekolah, contoh
korelasi dalam kehidupan sehari-hari, cara menentukan relasi di antara dua
kelompok dan menggambarnya pada diagram kartesius, kewajiban terhadap
lingkungan rumah, cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
• Guru mengajak siswa
agar mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi
di sekitarnya berkaitan dengan subtema yang dipelajari sebagai sumber inspirasi
dan bahan belajar.
- Siswa diminta untuk mengamati bunga-bunga yang terdapat
di taman sekolah, di sekitar rumah, atau kebun bunga.
- Fokuskan pengamatan siswa pada warna-warna bunga.
- Siswa diminta untuk menuliskan hasil pengamatannya.
- Siswa diminta untuk mengelompokkan jenis bunga dan warna
bunga.
- Siswa diminta untuk membuat relasi antara kelompok jenis
bunga dan kelompok warna bunga.
- Setelah mengetahui relasi antar kelompok, siswa diminta
untuk melengkapi diagram kartesius dengan menentukan titik koordinat relasi
antar kelompok.
- Guru meminta siswa mengerjakan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami
kesulitan.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban
siswa.
- Siswa diminta
menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah dan akibatnya jika tidak
menjalani kewajiban tersebut.
siswa menuliskan pengalamannya dalam menanam dan merawat
tanaman di rumah.
Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk
mengemukakan pengalamannya dengan percaya diri.
- Siswa diminta membaca teks berjudul Cara Menjaga
Kesehatan Tubuh dan Badan
• Selesai membaca, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan
pada buku siswa berdasarkan isi bacaan.
• Siswa juga diminta untuk mengidentifikasi kata baku dan
kata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
• Guru membangun suasana belajar yang penuh keakraban,
sehingga siswa percaya diri dalam mengerjakan tugas.
• Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami
kesulitan serta mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan
pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan
pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap
siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang kewajiban terhadap
lingkungan rumah, menunjukkan relasi dalam kehidupan sehari-hari, dan cara
menjaga kesehatan tubuh dan badan.
• Siswa diminta mengamati keadaan lungkungan rumahnya.
Siswa diminta mengidentifikasi jenis taaman yang ditanam dan menceritakan cara
menjaga dan merawat tanaman tersebut.
• Untuk mengoptimalkan kerja sama dengan orang tua, siswa
dapat membuat check list untuk ditunjukkan kepada orang tuanya.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP.
…………………………
|
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,
………………………………
NIP………………………….
|
Lampiran
Penilaian
1. Sikap
Bubuhkan tanda centang (√) di kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Percaya
Diri
|
Teliti
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||
..
|
Ket. : BT: Belum Terlihat; MT: Mulai Terlihat; MB: Mulai Berkembang; SM: Sudah Membudaya.
2. Pengetahuan
3. Keterampilan
a. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik
...
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
|||||
1
|
||||||||||
2
|
b. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik
penilaian ...
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
|||||||||
1
|
|
|||||||||||||
2
|
c. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik ....
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
|||||
1
|
||||||||||
2
|
d. Penilaian
Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Percaya Diri
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
|
2.
|
Teliti
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Tanggung Jawab
|
||||
5.
|
Santun
|
e. Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1.
|
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
2.
|
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
3.
|
Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menjawab pertanyaan
|
|
·
Jawaban betul
|
1
|
Soal no. 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa
mengidentifikasi struktur teks observasi
|
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Soal no. 3
Aspek
|
Skor
|
Siswa
mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks
laporan hasil observasi
|
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Penilaian :
Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup bagus
|
Perlu berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara (2)
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingkatan (1,5)
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara (1)
|
Komunikasi non
verbal (kontak, mata, bahasa, tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat (3)
|
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman (2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
(1)
|
Partisipasi (penyampaian ide, perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaan
menginspirasi teman, selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi (3)
|
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topic. (2)
|
Jarang
berbicara selama proses diskusi berlangsung (1)
|
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Berlatih Lagi
|
Penilaian :
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Kriteria
|
Usaha Maksimal
|
Usaha Baik
|
Usaha Cukup
|
Usaha Yang
Kurang
|
Kriteria
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
Kriteria
|
Skor
4
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
N =
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
|||||
2
|
Lembar pengamatan kegiatan diskusi :
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (Ö)
|
Belum Terlihat (Ö)
|
1
|
Kemampuan
bertanya
|
……………..
|
……………..
|
2
|
Kemampuan
menjawab pertanyaan
|
……………..
|
……………..
|
3
|
Keberanian
menyampaikan pendapat
|
……………..
|
……………..
|
Rumus perhitungan sebagai berikut :
Keterangan :
-
Jumlah
skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria
1 dan kriteria 2
-
Skor
ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada
contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
Perhitungan nilai akhir siswa :
-
Beni
: x 100
= 87,5 Dayu : x 100
= 100
Instrumen observasi berbentuk lembar
pengamatan
Contoh lembar pengamatan kegiatan ...
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (Ö)
|
Belum Terlihat (Ö)
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi guru
|
……………
|
……………
|
2
|
Siswa
terlibat aktif dalam ...
|
……………
|
……………
|
3
|
Siswa
mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan ...
|
……………
|
……………
|
Catatan : Guru memberikan tanda (Ö) pada setiap
kriteria sesuai dengan kinerja siswa
Hasil pengamatan kegiatan ....
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||||
No.
|
Nama Siswa
|
Terlihat
(Ö)
|
Belum Terlihat
(Ö)
|
Terlihat
(Ö)
|
Belum Terlihat
(Ö)
|
Terlihat
(Ö)
|
Belum Terlihat
(Ö)
|
1
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
|
2
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
|
3
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
|
4
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
|
5
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
|
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
|||||||
35
|
Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap
kriteria sesuai dengan kinerja siswa.
Lampiran
PERENUNGAN
(diadaptasi dari
Taxonomy of Reflection, Peter Pappas)
1.
Mengingat
-
Apa
yang kamu lakukan?
2.
Memahami
-
Apa
yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-
Apakah
tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?
3.
Menerapkan
-
Kapan
kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-
Dimana
kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?
4.
Menganalisis
-
Apakah
kamu melihat pola dan hubungan dari apa
yang kamu lakukan?
5.
Mengevaluasi
-
Seberapa
baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-
Apakah
kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-
Apa
yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?
6.
Menciptakan
-
Apa
yang kamu lakukan selanjutnya?
-
Apa
rencana kamu?
-
Apa
desain yang kamu buat?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar