Senin, 03 November 2014

RPP SD V-4-3-3

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  3
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
• Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.
Indikator
• Menyajikan relasi dalam koordinat.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami hak kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
• Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
• Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

C.    Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang kewajiban terhadap lingkungan rumah, siswa menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah.
• Dengan mengamati, siswa dapat menunjukkan contoh relasi dalam kehidupan sehari-hari.
• Dengan latihan, siswa menyusun dua kelompok yang memiliki relasi dan menyajikan relasi tersebut pada diagram kartesius.
• Dengan menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah, siswa dapat menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah.
• Dengan membaca teks cara menjaga kesehatan tubuh dan badan, siswa dapat mengidentifikasi cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: kewajiban terhadap teman dan guru di sekolah, contoh korelasi dalam kehidupan sehari-hari, cara menentukan relasi di antara dua kelompok dan menggambarnya pada diagram kartesius, kewajiban terhadap lingkungan rumah, cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Guru mengajak siswa agar mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya berkaitan dengan subtema yang dipelajari sebagai sumber inspirasi dan bahan belajar.
- Siswa diminta untuk mengamati bunga-bunga yang terdapat di taman sekolah, di sekitar rumah, atau kebun bunga.
- Fokuskan pengamatan siswa pada warna-warna bunga.
- Siswa diminta untuk menuliskan hasil pengamatannya.
- Siswa diminta untuk mengelompokkan jenis bunga dan warna bunga.
- Siswa diminta untuk membuat relasi antara kelompok jenis bunga dan kelompok warna bunga.
- Setelah mengetahui relasi antar kelompok, siswa diminta untuk melengkapi diagram kartesius dengan menentukan titik koordinat relasi antar kelompok.
- Guru meminta siswa mengerjakan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
- Siswa diminta menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah dan akibatnya jika tidak menjalani kewajiban tersebut.
siswa menuliskan pengalamannya dalam menanam dan merawat tanaman di rumah.
Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengemukakan pengalamannya dengan percaya diri.
- Siswa diminta membaca teks berjudul Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Badan
• Selesai membaca, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan isi bacaan.
• Siswa juga diminta untuk mengidentifikasi kata baku dan kata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
• Guru membangun suasana belajar yang penuh keakraban, sehingga siswa percaya diri dalam mengerjakan tugas.
• Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan serta mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang kewajiban terhadap lingkungan rumah, menunjukkan relasi dalam kehidupan sehari-hari, dan cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.
• Siswa diminta mengamati keadaan lungkungan rumahnya. Siswa diminta mengidentifikasi jenis taaman yang ditanam dan menceritakan cara menjaga dan merawat tanaman tersebut.
• Untuk mengoptimalkan kerja sama dengan orang tua, siswa dapat membuat check list untuk ditunjukkan kepada orang tuanya.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….





























Lampiran Penilaian
1. Sikap
Bubuhkan tanda centang () di kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Percaya Diri
Teliti
Tanggung Jawab
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















..


















Ket. : BT: Belum Terlihat; MT: Mulai Terlihat; MB: Mulai Berkembang; SM: Sudah Membudaya.

2. Pengetahuan

3. Keterampilan
a. Penilaian: unjuk kerja
Rubrik ...
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1










2












b. Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian ...

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1







.










2




















c. Penilaian: unjuk kerja
    Rubrik ....

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1










2











d. Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Percaya Diri
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan

2.
Teliti
3.
Peduli
4.
Tanggung Jawab
5.
Santun
e. Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

Tes tertulis
Tes uraian
1.       

Tes tertulis

Tes uraian


2.       

Tes tertulis

Tes uraian


3.       

Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab pertanyaan

·         Jawaban betul
1

Soal no. 2
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi struktur teks observasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal no. 3
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri  bahasa teks laporan hasil observasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5


Kriteria
4
3
2
1
















Penilaian :

Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup bagus
Perlu berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara (2)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingkatan (1,5)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara (1)
Komunikasi non verbal (kontak, mata, bahasa, tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman (1)
Partisipasi  (penyampaian ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaan menginspirasi teman, selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi (3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topic. (2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung (1)


Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat











Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang



















Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Berlatih Lagi

















Penilaian :

Kriteria
Ya
Tidak













Kriteria
Usaha Maksimal
Usaha Baik
Usaha Cukup
Usaha Yang Kurang





















Kriteria
Skor
3
Skor
2
Skor
1





Kriteria
Skor
4
Skor
3
Skor
2
Skor
1





N =

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2






Lembar pengamatan kegiatan diskusi :
No.
Kriteria
Terlihat (Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Kemampuan bertanya
……………..
……………..
2
Kemampuan menjawab pertanyaan
……………..
……………..
3
Keberanian menyampaikan pendapat
……………..
……………..

      Rumus perhitungan sebagai berikut :


Keterangan :
-          Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2
-          Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
Perhitungan nilai akhir siswa :
-          Beni :  x 100 = 87,5      Dayu :  x 100 = 100

Instrumen observasi berbentuk lembar pengamatan
Contoh lembar pengamatan kegiatan ...
No.
Kriteria
Terlihat (Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
……………
……………
2
Siswa terlibat aktif dalam ...
……………
……………
3
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan ...
……………
……………
Catatan : Guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa

Hasil pengamatan kegiatan ....


Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
No.
Nama Siswa
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
1

……..
……..
……..
……..
……..
……..
2

……..
……..
……..
……..
……..
……..
3

……..
……..
……..
……..
……..
……..
4

……..
……..
……..
……..
……..
……..
5

……..
……..
……..
……..
……..
……..
6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32







33







34







35







Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.

Lampiran
PERENUNGAN
(diadaptasi dari Taxonomy of Reflection, Peter Pappas)
 


1.      Mengingat
-          Apa yang kamu lakukan?



 


2.      Memahami
-          Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-          Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?

 



3.      Menerapkan
-          Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-          Dimana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?

 



4.      Menganalisis
-          Apakah kamu melihat pola dan  hubungan dari apa yang kamu lakukan?



5.      Mengevaluasi
-          Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-          Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-          Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?



6.      Menciptakan
-          Apa yang kamu lakukan selanjutnya?
-          Apa rencana kamu?
-          Apa desain yang kamu buat?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar