RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas : 5
Tema / Topik : Bermain
dengan Benda-Benda di Sekitarnya
Minggu ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
þ Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn (IPS)
þ Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dan bangga terhadap produk
Indonesia
þ Memahami nilai-nilai kesejarahan kerajaan-kerajaan pada masa
Hindu, Budha, dan Islam melalui bacaan atau pengamatan
Bahasa Indonesia
þ Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan
dari sumber lain berdasarkan rasa ingin
þ Mendiskusikan tentang organ tubuh manusia dan fungsinya
dan bagaimana menjaga kesehatan
(pencernaan, pernapasan, dan peredaran darah)
þ Menerapkan sifat-sifat cahaya dalam membuat suatu karya dan
menjelaskan cara kerjanya secara lisan.
Matematika
þ Membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran
dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas secara adil
þ Melaporkan hasil pengamatan/melakukan percobaan menemukan
hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran dengan apa adanya
þ Mengukur dan menuliskan hasil pengukuran diameter dan
keliling berbagai lingkaran dalam tabel dan menemukan hasil perbandingannya dan
menggunakannya untuk menghitung keliling berbagai lingkaran
þ Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan
pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
þ Mengenal konsep perbandingan dan skala
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Membuat topeng dari berbagai media berdasarkan pengamatan
karya topeng nusantara
þ Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dan iringan
secara vokal lagu anak-anak dua suara
þ Mengembangkan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan
imajinasi dengan menggunakan properti
þ Membuat karya teknologi sederhana dengan energi buatan
yang menimbulkan gerak atau bunyi
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Mempraktikkanvariasi dan kombinasi gerak dasar atletik
lompat, dan lempar melalui permainan/
olahraga yang dimodifikasi dan atau tradisional
þ Mempraktikkan variasi dan
kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
permainan bola besar dan atau olahraga tradisional
C. INDIKATOR
PPKn
þ Membiasakan menggunakan produk dalam negeri
þ Membiasakan mengkonsumsi makanan tradisional
þ Berperilaku sesuai dengan tradisi masyarakat sekitar
þ Menunjuk asal
barang dalam peta / globe
þ Membuat tabel benda peninggalan sejarah yang berisi data
dan pendapat yang tepat
þ Membuat daftar peninggalan sejarah di lingkungan dan disertai gambar yang sesuai
Bahasa Indonesia
þ Membaca teks yang berisi informasi tentang barang,
makanan, dan tradisi yang ada disekitar
þ Mencatat pokok-pokok informasi dari sumber yang didengar
þ Membuat daftar benda-benda berdasarkan sumber
yang didengar
þ Menghitung denyut nadi per menit.
þ Membandingan denyut nadi ketika sedang beristirahat,
normal dan sehabis berolahraga.
þ Menunjukkan sifat-sifat cahaya dalam kehidupan
sehari-hari
þ Menunjukkan proses pembentukan bayangan.
Matematika
þ Menentukan benda-benda sekitar untuk melakukan permainan
þ Membentuk kelompok bermain
þ Membuat pola untuk melakukan permainan
þ Melakukan permainan dengan benda-benda yang ada di kelas
þ Menggambar berbagai bangun datar
þ Mengidentifikasi benda-benda di kelas sesuai dengan
bangun datar yang telahditentukan
þ Mengukur panjang dan lebar benda-benda yang ada di kelas
þ Mengukur keliling bangun datar menggunakan benang atau
sejenisnya
þ Menghitung keliling bangun datar menggunakan rumus keliling
þ Membuat jaring-jaring bangun ruang dengan ukuran yang
telah ditentukan
þ Membuat bangun ruang kubus dengan kertas karton
þ Membuat bangun ruang balok dengan kertas karton
þ Menentukan volume bangun
ruang yang telah dibuat
þ Menghitung volume berbagai bagun ruang
þ Mengukur diameter dan keliling lingkaran
þ Membandingkan keliling benda-benda yang berbentuk
lingkaran dengan diameter yang berbeda
þ Menghitung hasil perpangkatan yaitu pangkat dua dan tiga
þ Menentukan hasil penarikan pangkat dua dan tiga
þ Menggambar dan membaca gambar menggunakan skala dan
perbandingan
þ Menghitung panjang sesungguhnya jika ditampilkan gambar
berskala dan jarak tertentu
þ Membandingkan
kelompok benda yang satu dengan yang lain
þ Menentukan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menyebutkan benda-benda sekitar yang dapat dipakai untuk
membuat topeng
þ Membuat topeng dengan berbagai media
þ Menghayati karakter tokoh dan memvisualkan dalam bentuk
topeng
þ Menyebutkan berbagai benda di sekitar yang dapat dibuat
sebagai alat musik
þ Memainkan alat musik yang berasal dari benda-benda sekitar
dengan harmonis
þ Membuat gerak dengan mengunakan properti dari
benda-benda di sekitar
þ Membuat property tari dari benda-benda sekitar
þ Menampilkan tari dengan menggunakan property dari
benda-benda di sekitar
þ Menyebutkan berbagai energy buatan yang dapat dijadikan
karya teknologi sederhana dengan memanfaatkan benda-benda sekitar
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Memperagakan gerak melompat ke depan
þ Memperagakan gerak melompat ke belakang
þ Memperagakan gerak melompat ke samping kanan/kiri
þ Memperagakan gerak melempar bola ke sasaran
þ Memperagakan variasi dan
kombinasi gerak dasar menendang dan menahan bola menggunakan kaki bagian
dalam
þ Memperagakan variasi dan
kombinasi gerak dasar lempar tangkap bola dengan dengan dua tangan dan
satu tangan
D. TUJUAN
þ Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan
guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn (IPS)
þ Perilaku cinta tanah air
Indonesia
þ Nilai-nilai kesejarahan kerajaan
Bahasa Indonesia
þ Membaca dan mendengarkan dari sumber lain
þ Organ tubuh manusia dan fungsinya dan bagaimana menjaga kesehatan
þ Sifat-sifat cahaya
Matematika
þ Gambar denah
þ Hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran
þ Menuliskan hasil pengukuran diameter dan keliling
berbagai lingkaran dalam tabel dan menemukan hasil perbandingannya dan
menggunakannya untuk Menghitung keliling berbagai lingkaran
þ konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat
dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
þ Konsep perbandingan dan skala
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Topeng dari berbagai media berdasarkan pengamatan karya
topeng nusantara
þ Alat musik ritmis secara berkelompok dan iringan secara
vokal lagu anak-anak dua suara
þ Gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti
þ Karya teknologi sederhana dengan energi buatan yang
menimbulkan gerak atau bunyi
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Variasi dan
kombinasi gerak dasar atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan
atau tradisional
þ Variasi dan
kombinasipola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
þ
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak
þ
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan
antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .
|
10 menit
|
Inti
|
Minggu Pertama
þ
Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan
agama yang dianutnya
þ
Membawa atau membuat makanan khas daerah untuk dimakan
bersama
þ
Membaca teks yang berisi informasi tentang barang, makanan,
dan tradisi yang ada disekitarnya
þ
Membuat daftar makanan yang berasal dari berbagai daerah di
Indonesia
þ
Membuat daftar tarian tradisional yang berasal dari berbagai
daerah di Indonesia
þ
Membuat daftar alat musik tradisional yang berasal dari
berbagai daerah di Indonesia
þ
Menyebutkan berbagai tradisi yang dilakukan di berbagai
daerah di Indonesia serta menuliskan fungsinya
þ
Membuat peta Indonesia
dan menempelkan nama makanan,
tarian dan alat musik tradisional yang
telah disebutkan, serta mengenali nama-nama ibu kota darimana
makanan/tarian/alat musik itu berasal.
þ
Membiasakan menggunakan benda-benda produk Indonesia
þ
Mencatat dan mengukur panjang, lebar, dan tinggi benda-benda
yang ada di kelas menggunakan satuan ukur baku
þ
Mencatat pokok-pokok informasi yang didapat dari sumber teks
yang berisi informasi tentang dan barang, makanan, tarian, alat musik dan
tradisi yang ada disekitarnya
þ
Mendiskusikan tentang alat musik tradisional ritmis dan
melodis yang berasal dari salah satu daerah di Indonesia (gendang atau tabuh,
suling dan rebab)
þ
Mengidentifikasi alat musik ritmis dan melodis dari
benda-benda sekita
þ
Memainkan alat musik campuran (melodis dan ritmis dengan
menggunakan benda-benda sekitar)
þ
Memanfaatkan benda-benda di sekitar untuk kegiatan /
aktivitas jasmani, misal berlari, senam,bermain bola besar dan bola kecil.
Misalnya bangku untuk senam, bambu untuk berlari dan melompat, tali untuk
senam, palang besi / bambu untuk senam.
þ
Melakukan pergeseran
segera sesuai dengan instruksi hitungan
|
150 menit
|
|
Penilaian proses:
þ
Guru
berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
þ
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya,
ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
þ
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
þ
Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
kampung
·
Gambar kegiatan membersihkan selokan
·
Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
·
Gambar kegiatan membuang sampah
·
Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan
kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada
kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan
dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
|
|
|
þ
Semua
kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema
yang sedang dipelajari.
þ
Guru
memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan
dan konfirmasi),
þ
Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan
memberikan pendapatnya
|
|
þ
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh
Ibu dan Ayah” untuk mencairkan suasana
dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya,
cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
|
|
þ
Guru
mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.
Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak
nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb
|
|
|
þ
Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar)
(mengkomunikasikan)
|
|
|
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian
proses)
|
|
|
þ
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang
rumah yang bersih dan sehat
|
|
|
þ
Hasil
kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
|
|
|
þ
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan
hidup sehat
|
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
þ
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan
penilaian hasil belajar
|
|
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|
|
·
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
þ Barang-barang di rumah dan sekolah,
þ buku sumber yang relevan,
þ Diri sendiri
þ Olahan makanan atau tradisi setempat
þ Gambar benda-benda sekitar,
þ daftar tabel benda bersejarah,
þ Alat peraga
melompat dan melempar
þ Meteran
þ Stop Watch
þ Bendera kecil
þ Bola tangan
þ Peluit
I. PENILAIAN
þ Unjuk kerja dalam mengukur dan ketepatan dalam mengukur
þ Teknik pembuatan bangun datar dan ruang
þ Penilaian produk bangun datar dan ruang
þ Produk peta wilayah
Indonesia yang menggambarkan daerah dari mana makanan, tarian atau alat
musik tradisional tersebut berasal
þ Penilaian diri dalam menggunakan produk tradisional
þ Tes tertulis atau lisan:
menuliskan pokok-pokok informasi dan membuat tabel benda-benda
disekitar.
þ Kekompakan pada permainan pergeseran dan cara bergeser
antar peserta dan kecepatannya
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
........, ...................... 20....
Guru Kelas V
( ___________________ )
NIP ..................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas : 5
Tema / Topik : Bermain
dengan Benda-Benda di Sekitarnya
Minggu ke : 2
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
þ Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn (IPS)
þ Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dan bangga terhadap produk
Indonesia
þ Memahami nilai-nilai kesejarahan kerajaan-kerajaan pada
masa Hindu, Budha, dan Islam melalui bacaan atau pengamatan
Bahasa Indonesia
þ Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan
dari sumber lain berdasarkan rasa ingin
þ Mendiskusikan tentang organ tubuh manusia dan fungsinya
dan bagaimana menjaga kesehatan
(pencernaan, pernapasan, dan peredaran darah)
þ Menerapkan sifat-sifat cahaya dalam membuat suatu karya dan
menjelaskan cara kerjanya secara lisan.
Matematika
þ Membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran
dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas secara adil
þ Melaporkan hasil pengamatan/melakukan percobaan menemukan
hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran dengan apa adanya
þ Mengukur dan menuliskan hasil pengukuran diameter dan
keliling berbagai lingkaran dalam tabel dan menemukan hasil perbandingannya dan
menggunakannya untuk menghitung keliling berbagai lingkaran
þ Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan
pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
þ Mengenal konsep perbandingan dan skala
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Membuat topeng dari berbagai media berdasarkan pengamatan
karya topeng nusantara
þ Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dan iringan
secara vokal lagu anak-anak dua suara
þ Mengembangkan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan
imajinasi dengan menggunakan properti
þ Membuat karya teknologi sederhana dengan energi buatan
yang menimbulkan gerak atau bunyi
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Mempraktikkanvariasi dan kombinasi gerak dasar atletik
lompat, dan lempar melalui
permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau tradisional
þ Mempraktikkan variasi dan
kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
permainan bola besar dan atau olahraga tradisional
C. INDIKATOR
PPKn
þ Membiasakan menggunakan produk dalam negeri
þ Membiasakan mengkonsumsi makanan tradisional
þ Berperilaku sesuai dengan tradisi masyarakat sekitar
þ Menunjuk asal
barang dalam peta / globe
þ Membuat tabel benda peninggalan sejarah yang berisi data
dan pendapat yang tepat
þ Membuat daftar peninggalan sejarah di lingkungan dan disertai gambar yang sesuai
Bahasa Indonesia
þ Membaca teks yang berisi informasi tentang barang,
makanan, dan tradisi yang ada disekitar
þ Mencatat pokok-pokok informasi dari sumber yang didengar
þ Membuat daftar benda-benda berdasarkan sumber
yang didengar
þ Menghitung denyut nadi per menit.
þ Membandingan denyut nadi ketika sedang beristirahat,
normal dan sehabis berolahraga.
þ Menunjukkan sifat-sifat cahaya dalam kehidupan sehari-hari
þ Menunjukkan proses pembentukan bayangan.
Matematika
þ Menentukan benda-benda sekitar untuk melakukan permainan
þ Membentuk kelompok bermain
þ Membuat pola untuk melakukan permainan
þ Melakukan permainan dengan benda-benda yang ada di kelas
þ Menggambar berbagai bangun datar
þ Mengidentifikasi benda-benda di kelas sesuai dengan
bangun datar yang telahditentukan
þ Mengukur panjang dan lebar benda-benda yang ada di kelas
þ Mengukur keliling bangun datar menggunakan benang atau
sejenisnya
þ Menghitung keliling bangun datar menggunakan rumus keliling
þ Membuat jaring-jaring bangun ruang dengan ukuran yang
telah ditentukan
þ Membuat bangun ruang kubus dengan kertas karton
þ Membuat bangun ruang balok dengan kertas karton
þ Menentukan volume bangun
ruang yang telah dibuat
þ Menghitung volume berbagai bagun ruang
þ Mengukur diameter dan keliling lingkaran
þ Membandingkan keliling benda-benda yang berbentuk
lingkaran dengan diameter yang berbeda
þ Menghitung hasil perpangkatan yaitu pangkat dua dan tiga
þ Menentukan hasil penarikan pangkat dua dan tiga
þ Menggambar dan membaca gambar menggunakan skala dan
perbandingan
þ Menghitung panjang sesungguhnya jika ditampilkan gambar
berskala dan jarak tertentu
þ Membandingkan
kelompok benda yang satu dengan yang lain
þ Menentukan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menyebutkan benda-benda sekitar yang dapat dipakai untuk
membuat topeng
þ Membuat topeng dengan berbagai media
þ Menghayati karakter tokoh dan memvisualkan dalam bentuk
topeng
þ Menyebutkan berbagai benda di sekitar yang dapat dibuat
sebagai alat musik
þ Memainkan alat musik yang berasal dari benda-benda sekitar
dengan harmonis
þ Membuat gerak dengan mengunakan properti dari
benda-benda di sekitar
þ Membuat property tari dari benda-benda sekitar
þ Menampilkan tari dengan menggunakan property dari
benda-benda di sekitar
þ Menyebutkan berbagai energy buatan yang dapat dijadikan
karya teknologi sederhana dengan memanfaatkan benda-benda sekitar
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Memperagakan gerak melompat ke depan
þ Memperagakan gerak melompat ke belakang
þ Memperagakan gerak melompat ke samping kanan/kiri
þ Memperagakan gerak melempar bola ke sasaran
þ Memperagakan variasi dan
kombinasi gerak dasar menendang dan menahan bola menggunakan kaki bagian
dalam
þ Memperagakan variasi dan
kombinasi gerak dasar lempar tangkap bola dengan dengan dua tangan dan
satu tangan
D. TUJUAN
þ Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan
guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn (IPS)
þ Perilaku cinta tanah air
Indonesia
þ Nilai-nilai kesejarahan kerajaan
Bahasa Indonesia
þ Membaca dan mendengarkan dari sumber lain
þ Organ tubuh manusia dan fungsinya dan bagaimana menjaga kesehatan
þ Sifat-sifat cahaya
Matematika
þ Gambar denah
þ Hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran
þ Menuliskan hasil pengukuran diameter dan keliling
berbagai lingkaran dalam tabel dan menemukan hasil perbandingannya dan
menggunakannya untuk Menghitung keliling berbagai lingkaran
þ konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat
dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
þ Konsep perbandingan dan skala
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Topeng dari berbagai media berdasarkan pengamatan karya
topeng nusantara
þ Alat musik ritmis secara berkelompok dan iringan secara
vokal lagu anak-anak dua suara
þ Gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti
þ Karya teknologi sederhana dengan energi buatan yang
menimbulkan gerak atau bunyi
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Variasi dan
kombinasi gerak dasar atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan
atau tradisional
þ Variasi dan
kombinasipola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
þ
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak
þ
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan
antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .
|
10 menit
|
Inti
|
Minggu ke dua
þ
Membuat daftar dan menggambar barang-barang yang berbentuk
bangun datar dan bangun ruang di rumah
atau di sekolah atau sekitarnya
þ
Menghitung keliling bangun-bangun datar dan volume bangun
ruang sederhana yang telah digambar
þ
Membuat bangun datar dan ruang menggunakan kertas dan sejenisnya
þ
Mengenalkan konsep bilangan pangkat dua dan tiga
þ
Membuat pola bilangan untuk mengenalkan bilangan pangkat dua
þ
Mengamati berbagai karya topeng melalui gambar-gambar
þ
Mengelompokan benda-benda sekitar yang dapat dipakai sebagai
bahan untuk membuat topeng
þ
Membuat topeng dengan memanfaatkan benda-benda sekitar
þ
Bermain peran menggunakan karakter tokoh dan memvisualkan dalam
bentuk topeng
þ
Bermain gerak
melemparkan benda/bola ke sasaran (keranjang) dari posisi melangkah, ayunkan
lengan ke depan arah sasaran, lanjutkan gerak ikutan dengan melangkahkan
tungkai belakang ke depan bersamaan badan condong ke depan, dilakukan secara
perorangan, berpasangan atau kelompok.
|
150 menit
|
|
Penilaian proses:
þ
Guru
berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
þ
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya,
ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
þ
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
þ
Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
kampung
·
Gambar kegiatan membersihkan selokan
·
Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
·
Gambar kegiatan membuang sampah
·
Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan
kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan.
Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
|
|
|
þ
Semua
kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema
yang sedang dipelajari.
þ
Guru
memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan
dan konfirmasi),
þ
Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan
memberikan pendapatnya
|
|
þ
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh
Ibu dan Ayah” untuk mencairkan suasana
dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya,
cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
|
|
þ
Guru
mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.
Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak
nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb
|
|
|
þ
Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar)
(mengkomunikasikan)
|
|
|
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian
proses)
|
|
|
þ
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang
rumah yang bersih dan sehat
|
|
|
þ
Hasil
kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
|
|
|
þ
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan
hidup sehat
|
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
þ
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan
penilaian hasil belajar
|
|
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|
|
·
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
þ Barang-barang di rumah dan sekolah,
þ buku sumber yang relevan,
þ Diri sendiri
þ Olahan makanan atau tradisi setempat
þ Gambar benda-benda sekitar,
þ daftar tabel benda bersejarah,
þ Alat peraga
melompat dan melempar
þ Meteran
þ Stop Watch
þ Bendera kecil
þ Bola tangan
þ Peluit
I. PENILAIAN
þ Tes: kelengkapan daftar benda-benda bangun datar dan
bangun ruang
þ Tes tertulis atau lisan:
menuliskan pokok-pokok informasi dan membuat tabel benda-benda disekitar
þ Unjuk kerja bermain peran memainkan topeng
þ Penilaian Penjas orkes: pengamatan pada saat praktik
melempat ke keranjang
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
........, ...................... 20....
Guru Kelas V
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar