RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
• Menentukan letak titik, pada sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak
dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan
arah mata angin.
Ø
Menggambar denah dengan menggunakan sistem koordinat.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan
dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mencari informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan
manusia.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem,
serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
•
Mencari bacaan baik melalui majalah, koran, maupun internet tulisan yang berisi
laporan tentang kesehatan manusia untuk kemudian dibuat kesimpulan.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa mengemukakan
pendapat tentang pentingnya hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan kerapian
dengan percaya diri.
Dengan mengerjakan soal latihan menentukan letak benda pada
titik koordinat, siswa dapat menemukan letak benda dengan titik koordinat
dengan cermat.
Dengan membaca teks tentang manfaat kesehatan bagi manusia,
siswa dapat mengidentifikasi manfaat kesehatan bagi manusia dengan teliti.
Dengan membaca teks manfaat kesehatan bagi manusia, siswa
dapat menuliskan kesimpulan mengenai manfaat kesehatan bagi manusia dengan
mandiri.
Dengan studi pustaka, siswa menemukan tulisan/laporan yang
berisi manfaat kesehatan bagi manusia untuk kemudian menuliskan kesimpulannya
dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
hidup sehat dengan menjaga kebersihan
dan kerapian, cara menemukan letak benda berdasarkan titik koordinat, manfaat
kesehatan bagi manusia, cara membuat kesimpulan dari sebuah bacaan, cara
menggali informasi dan data dari suati tulisan/ laporan.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks tentang manfaat
kesehatan bagi manusia.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi.
Pergunakan gambar yang tersedia dan pertanyaan-pertanyaan untuk mendorong
munculnya ide dan tanggapan siswa.
• Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing
pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dilakukan.
• Tumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran melalui
pengamatan terhadap gambar.
Siswa
secara cermat dan teliti mengamati gambar tentang letak suatu benda.
Siswa
mengerjakan soal latihan berdasarkan gambar yang sudah diamati.
•
Biarkan siswa mengerjakan secara mandiri.
• Guru berkeliling dan
memandu siswa yang mengalami kesulitan.
Siswa membaca sebuah artikel berjudul
Manfaat Kesehatan Bagi Manusia.
Alternatif
Proses KBM
Alternatif
1 Guru memberikan waktu selama 5 menit dan
siswa diminta membaca dalam hati. Alternatif 2 Guru menunjuk satu siswa
untuk membacakan bacaan tersebut dengan nyaring dan meminta siswa lain
menyimak. Alternatif 3 Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan
bersambung oleh seluruh siswa.
Setelah membaca teks,
siswa diminta membuat kesimpulan berdasarkan teks secara mandiri. Guru memandu
secara individual siswa yang mengalami kesulitan.
Siswa menemukan dan menuliskan kosa kata baku dan kosa kata
tidak baku yang terdapat pada teks Manfaat Kesehatan bagi Manusia.
Sebelum siswa mengerjakan, guru memberikan penjelasan
mengenai kosa kata baku dan kosa kata tidak baku.
Guru membangun suasana yang penuh keakraban sehingga siswa
percaya diri dan mengerjakan secara mandiri.
Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban-jawaban, termasuk
apabila ada jawaban yang aneh.
Siswa
melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data dari tulisan/
laporan mengenai manfaat kesehatan bagi manusia melalui buku, majalah, koran,
maupun artikel internet.
Untuk
memberikan suasan yang berbeda, kegiatan ini bisa dilakukan di perpustakaan.
Setelah
informasi dan data diperoleh, siswa diminta untuk membuat kesimpulan.
Berdasarkan pertanyaan pada buku
siswa: “Apakah kamu sudah menemukan tempat yang tepat untuk menata buku-bukumu
dan perlengkapan sekolahmu?“ “Mengapa bersih dan rapi itu diperlukan?”
“Informasi apa yang kamu dapat dari buku tentang kesehatan manusia?”
•
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan
pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing
siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai aktivitas
yang bisa dilakukan jika badan sehat (misalnya bola voli mini dan menari) serta
cara merawat rangka tubuh manusia.
•
Siswa diminta untuk menceritakan kondisi rumahnya, khususnya kamar berkaitan
dengan kesehatan, kerapihan, dan kebersihannya.
• Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat meminta orang
tuanya untuk membuat memeriksa kamarnya.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi
Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan
mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
PJOK
3.8 Memahami konsep salah satu gaya
renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Ø Menyebutkan beberapa gaya renang.
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya
renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Ø Melakukan gerak kaki renang gaya dada.
Ø Memperagakan gerak ayunan/ tarikan
lengan renang.
SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang
dapat digunakan dalam tari.
• Bereksplorasi melakukan gerak
tari bertema sesuai dengan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti.
4.11 Merangkaikan gerak tari
bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan
iringan.
• Merangkaikan hasil eksplorasi gerak tari bertema
berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan properti.
IPA
3.3 Mengenal organ tubuh
manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.
• Mengenal organ tubuh
pada sistem pencernaan manusia dan hewan.
4.8 Menyajikan laporan
tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh
manusia.
• Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang
berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh pada sistem pencernaan manusia.
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
• Mengidentifikasi faktor-faktor
yang dapat memengaruhi kesehatan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
• Membuat kesimpulan bacaan tentang kesehatan
manusia.
C. Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang pentingnya pola
hidup sehat, siswa dapat menyebutkan pentingnya menerapkan pola hidup sehat
dengan percaya diri.
• Dengan mengingat pelajaran sebelumnya tentang gerakan
renang, siswa menyebutkan gaya-gaya dalam olahraga renang dengan cermat.
• Dengan mengamati gambar gerakan tangan, kaki, dan meluncur,
siswa mengemukakan cara melakukan gerakan-gerakan dasar dalam renang gaya dada
dengan percaya diri.
• Dengan latihan melakukan gerakan tangan, kaki, meluncur
dalam renang gaya dada, siswa dapat dapat melakukan gerakan kaki, tangan, dan
meluncur dalam renang gaya dada dengan percaya diri.
• Dengan mengamati gambar organ pencernaan manusia, siswa
dapat mengidentifikasi organ pencernaan manusia dengan teliti.
• Dengan membaca teks tentang penyakit maag, siswa dapat
mengetahui penyakit maag dan penyakit-penyakit pada organ pencernaan manusia
dengan mandiri.
• Dengan
eksplorasi, siswa dapat membuat gerakan tari dengan properti selendang
menirukan gerakan kupu-kupu dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
cara-cara
menerapkan pola hidup siswa, macam-macam gaya dalam renang, cara melakukan
gerakan-gerakan dalam renang gaya dada, cara melakukan gerakan kaki dan tangan
dalam renang gaya dada, penyakit maag dan penyakit-penyakit pada organ
pencernaan manusia, cara membuat gerakan tari memakai properti dan iringan.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks, pakaian renang,
selendang
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran dimulai dengan
kegiatan motivasi. Pergunakan pertanyaan panduan yang tersedia pada buku siswa
untuk mendorong munculnya ide dan tanggapan siswa.
• Kegiatan ini juga dapat digunakan
untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang
akan dilakukan.
- Guru meminta siswa mengingat berbagai gaya renang yang
sudah dipelajari pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya dan menuliskan pada
kolom yang ada pada buku siswa.
Alternatif pembelajaran
yang bisa dilakukan: 1. Alternatif 1 Guru mempersilahkan siswa masing-masing
siswa mengisi langsung kolom-kolom yang tersedia di buku siswa secara mandiri.
2. Alternatif 2 Guru memberikan panduan secara klasikal dengan menunjuk
beberapa siswa untuk menjawab secara lisan dan siswa yang lain menyimak. Guru
menegaskan kembali jawaban siswa dan mempersilahkan semua siswa mengisi kolom
sesuai dengan jawab yang sudah disampaikan. 3. Alternatif 3 Guru meminta siswa
untuk mengerjakannya secara berkelompok.
- Guru meminta siswa untuk melakukan
pengamatan gambar untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang.
Eksplorasi: ajarkan
siswa untuk mengeksplorasi dengan mengamati gambar secara detail dan cermat
untuk memperoleh informasi tentang gerak dasar renang.
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah
informasi yang berguna.
Komunikasi: informasi
yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di atas, dikomunikasikan sehingga
pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan mendalam. Fasilitasi sebuah
diskusi kelas dengan cara siswa dapat mengkomunikasikan hasil eksplorasi dan
pengumpulan data mereka.
• Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban
siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
Untuk membantu siswa,
guru dapat menerapkan alternatif pembelajaran berikut. Alternatif 1 Guru
mengarahkan siswa untuk melakukan studi pustaka, untuk mencari informasi
tentang gerak dasar renang melalui pengamatan gambar dan membaca pada buku,
majalah, surat kabar, atau artikel dalam internet mengenai materi tersebut.
Alternatif 2 Guru menyiapkan video, kemudian mengarahkan siswa untuk melakukan
observasi melalui video. Alternatif 3 Guru mengarahkan siswa untuk melakukan
wawancara dengan orang yang memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang
renang. Alternatif 4 Guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi, dalam
kelompok-kelompok maupun secara klasikal.
- Siswa melakukan gerakan tangan dan
kaki pada renang gaya dada, serta gerakan meluncur.
- Sebelum melakukan aktivitas air,
guru menjelaskan dan menekankan arti pentingnya pemanasan. Selain itu, guru
juga memberikan pemahaman tentang aktivitas-aktivitas pengenalan air sebelum
melakukan aktivitas air. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin
pemanasan. Pemanasan dilakukan dengan durasi waktu antara 10-15 menit.
- Selesai melakukan pemanasan, guru
meminta siswa untuk mencari pasangan.
- Siswa melakukan latihan
gerakan-gerakan dasar renang gaya dada (gerakan tangan dan kaki) secara
berpasangan dan bergantian.
- Kegiatan ini harus dalam pengawasan
penuh guru atau instruktur renang.
- Gunakan Rubrik Latihan renang gaya dada untuk
mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Catatan •
Guru selalu menekankan pada aspek keselamatan diri dan orang lain selama
melakukan gerakan-gerakan dasar renang gaya dada. • Sebelum melakukan aktivitas
air, perlu dilakukan pengenalan air, seperti membasahi tubuh dengan air atau
menceburkan tubuh ke air secara perlahan. Hal ini bertujuan agar tubuh siap dan
mampu beradaptasi dengan perubahan suhu pada air.
• Guru memberikan narasi sebagai
penghubung antara kompetensi renang gaya dada dengan organ pencernaan makanan
pada tubuh manusia. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah pada
saat renang perut tidak boleh kosong. Sebaiknya 30-60menit sebelumnya melakukan
olahraga renang, kita dianjurkan makan terlebih dahulu. Makanan merupakan
sumber tenaga bagi tubuh kita. Pilihlah makanan yang diterima oleh pencernaan
kita. Tahukah kamu organ pencernaan makanan pada tubuh kita?
- Siswa mengamati gambar organ
pencernaan makanan pada tubuh manusia.
Eksplorasi: ajarTugaskankan
siswa untuk mengeksplorasi dengan mengamati gambar secara detail dan cermat
dengan tujuan tertentu (mencari informasi tentang organ pencernaan makanan pada
tubuh manusia).
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah
informasi yang berguna.
Komunikasi: informasi yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di
atas, dikomunikasikan sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan
mendalam. Sajikan hasil pengamatan ke dalam tabel.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban
siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Siswa membaca teks
yang berjudul Maag atau Tukak Lambung.
- Siswa melakukan studi pustaka dengan
menggali informasi dan data melalui artikel yang ada di koran, majalah, atau
internet berkaitan dengan penyakit-penyakit pada organ pencernaan makanan.
- Setelah data terkumpul, siswa diminta untuk menuliskan
pada kolom yang ada di buku siswa.
- Siswa membaca teks yang berjudul 4
Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan.
- Masing-masing siswa diminta untuk
membaca cepat dan dalam hati.
- Guru membangun suasana yang penuh ketenangan agar
membantu proses pemahaman siswa terhadap isi bacaan.
- Selesai membaca membuat kesimpulan
isi bacaan.
- Proses membuat kesimpulan diawali
dengan menemukan ide atau gagasan pokok di tiap-tiap paragraf.
- Setelah semua siswa berhasil
menuliskan kesimpulan bacaan, guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan
hasil pekerjaaannya.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap hasil
kerja siswa.
- Siswa mengamati gambar tentang
gerakan-gerakan tari untuk kemudian siswa diminta untuk meniru gerakan yang
nampak pada gambar.
- Sebelum kegiatan ini dilakukan, guru
telah meminta siswa untuk menyiapkan propertinya terlebih dahulu.
- Secara demokratis, guru meminta
siswa untuk memilih pasangan.
- Guru memandu, mengoreksi, dan
mengapresiasi setiap gerakan yang dilakukan siswa.
- Gunakan rubrik melakukan gerakan tari untuk mengetahui
tingkat pencapaian siswa.
- Siswa membuat koreografi tari dengan
memanfaat selendang sebagai properti tari.
- Siswa menirukan kupu-kupu sebagai
referensi dalam membuat koreografi tari.
- Guru memandu, mengoreksi, dan mengapresiasi setiap
koreografi yang dibuat siswa.
Berdasarkan pertanyaan pada buku
siswa: Bagaimana pola hidup sehat yang kamu pelajari pada pembelajaran ini?
• Secara mandiri siswa diminta untuk
mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama
kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban
masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa
berkaitan dengan pola hidup sehat.
• Siswa diminta untuk menceritakan
pengalamannya berkaitan dengan organ pencernaannya.
• Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa meminta bantuan
kepada orang tuanya untuk menceritakan riwayat kesehatan organ pencernaannya.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa
diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
• Menjelaskan
cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan melalui bacaan.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
•
Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem
koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala,
mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan
letak objek berdasarkan arah mata angin.
Ø
Menentukan letak titik pada sistem koordinat.
PPKn
3.2 Memahami
hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, dan sekolah.
• Menjelaskan
akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan
kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
• Berperilaku
sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
•
Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari
di sekolah.
C. Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menjelaskan cara
menciptakan lingkungan sehat dengan cermat.
• Dengan mengamati gambar, siswa menceritakan hidup rukun dan percaya diri.
• Dengan menulis, siswa dapat menyelesaikan akibat dilanggarnya hak dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
• Dengan latihan, siswa dapat menentukan letak benda berdasarkan titik
koordinatnya dengan teliti.
• Dengan membaca teks, siswa menceritakan cara menjaga kesehatan lingkungan
sekolah dengan percaya diri.
• Dengan menulis, siswa dapat membuat kesimpulan dari sebuah bacaan dengan
cermat.
• Dengan
membuat laporan, siswa dapat menyajikan data dan informasi yang diperoleh dalam
bentuk laporan tertulis dengan mandiri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
cara menciptakan lingkungan yang
sehat, aktivitas yang menunjukkan
hidup rukun, kewajiban terhadap teman dan guru di sekolah, m cara menentukan
letak benda berdasarkan titik koordinat, cara menjaga kesehatanlingkungan
sekolah, cara membuat kesimpulan yang tepat, efektif, dan komunikatif, cara
membuat laporan yang benar.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks bacaan.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara
klasikal dengan mengajukan pertanyaan seperti yang terdapat pada buku siswa
berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dan dicapai selama
proses KBM.
• Guru mengajak siswa agar mampu menjadikan benda-benda
atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya berkaitan dengan
subtema yang dipelajari sebagai sumber inspirasi dan bahan belajar.
- Siswa diminta untuk
mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa dan memberikan tanggapan.
- Siswa menuliskan hak di sekolah dan akibat tidak
terpenuhinya hak.
- Siswa menuliskan pengalamannya dalam menjalankan
kewajibannya terhadap teman dan guru.
- Ajarkan pada siswa untuk menggali informasi dan data
dengan memerhatikan lingkungan sosial sekitar, dalam hal ini lingkungan sosial
di sekolah.
- Ajarkan pada siswa untuk menuangkan hasilnya secara
tertulis pada kolom yang tersedia di buku siswa.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban
siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Guru membangun suasana belajar yang penuh keakraban,
sehingga siswa percaya diri dalam menyelesaikan tugasnya.
- Siswa mengamati gambar dengan seksama.
- Fokuskan pengamatan siswa pada titik-titik koordinat yang
nampak pada gambar.
- Selesai mengamati gambar, siswa mengerjakan soal latihan
secara mandiri.
- Sebelum mengerjakan, guru menjelaskan mengenai titik
koordinat.
- Guru memberikan keleluasaan siswa untuk mengerjakan soal
latihan.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami
kesulitan.
- Siswa membaca
hening/dalam hati dan secara seksama untuk memahami isi bacaan yang berjudul
Pentingnya Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat.
- Selesai membaca, siswa membuat kesimpulan isi bacaan.
- Guru meminta membuat kesimpulan dengan menentukan
ide/gagasan utama di setiap paragraf.
- Guru membangun suasana penuh keakraban sehingga percaya
diri dalam mengerjakan tugas.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami
kesulitan.
- Siswa membuat laporan tentang kesehatan lingkungan
sekolahnya.
- Adapun metode yang dapat digunakan, antara lain sebagai
berikut.
1. Wawancara dengan kepala sekolah, guru, atau petuga UKS.
2. Observasi langsung terhadap kesehatan lingkungan
sekolah.
- Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu maupun
kelompok.
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya
berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban
masing-masing siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam menulis
laporan tentang kesehatan dan menentukan letak berdasarkan titik koordinat.
• Siswa menceritakan mengenai perilaku yang telah dilakukan
dalam menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
• Untuk mengoptimalkan kerja sama dengan orang tua, siswa
dapat membuat check list untuk ditunjukkan kepada orang tuanya.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
Ø
Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di
lingkungan rumah, dan sekolah.
Ø Berperilaku sesuai dengan kewajiban
terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Ø Berperilaku sesuai dengan kewajiban
terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh
kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø
Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan
dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø
Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan
manusia.
Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem
koordinat.
Ø
Mengidentifikasikan letak benda pada sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala,
mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan
letak objek berdasarkan arah mata angin.
Ø
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat.
IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah
Indonesia.
Ø
Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras
dengan lingkungan alam.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia.
Ø
Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia
yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
C. Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat
menyebutkan cara hidup selaras dengan lingkungan alam dengan percaya diri.
• Dengan menandai pernyataan, siswa dapat membedakan
perilaku-perilaku selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam dengan
teliti.
• Dengan mengamati gambar tentang aktivitas manusia, siswa
dapat mengidentifikasi contoh aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan
alam dengan cermat.
• Dengan bercerita tentang keadaan lingkungan sekolahnya,
siswa dapat menulis keadaan lingkungan sekolahnya dengan mandiri.
• Dengan latihan membuat bangun ruang, siswa dapat
menggambar bangun ruang pada bidang koordinat dengan tepat dengan teliti.
• Dengan membaca bacaan tentang hidup selaras dengan alam
dapat mencegah bencana, siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia yang
selaras dengan lingkungan alam sehingga dapat terhindar dari bencana dengan
cermat.
• Dengan menulis kesimpulan bacaan
siswa dapat menulis kesimpulan dari bacaan dengan cermat dan komunikatif.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
cara hidup selaras dengan
lingkungan, pengaruh hidup selaras dengan lingkungan terhadap kesehatan,
perilaku yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan, aktivitas manusia
yang selaras dengan lingkungan, keadaan lingkungan sekolah, cara menggambar
bangun pada bidang koordinat, cara membuat kesimpulan yang benar.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks bacaan.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
• Pada awal pemebelajaran, guru menstimulus ide, gagasan,
dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa. Oleh
karena itu, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya
diri.
- Bagaimana cara hidup selaras dengan alam?
- Apakah hidup yang selaras dengan alam berpengaruh pada
kesehatan manusia?
- Siswa menunjukkan perilaku-perilaku manusia selaras
dengan lingkungan alam.
- Agar lebih menarik, siswa diminta untuk mewarnai kolom
yang menunjukkan perilaku manusia selaras dengan alam.
- Guru menunjukkan sebuah gambar tentang salah satu
aktivitas manusia, kemudian siswa mengamati secara seksama. Secara individual,
siswa diminta untuk mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang nampak
pada gambar.
- Biarkan imajinasi dan analisis siswa berkembang secara
mandiri.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban
siswa, termasuk jika ada yang jawaban yang aneh.
- Siswa keluar kelas dan melakukan pengamatan langsung
terhadap lingkungan sekolah.
- Setelah itu, siswa menceritakan keadaan lingkungan
sekolah secara tertulis.
- Guru membangun suasana belajar yang meyenangkan dan penuh
keakraban, sehingga siswa dapat menceritakan keadaan sekolahnya dengan percaya
diri dan komunikatif.
- Siswa menuliskan kewajian-kewajibannya terhadap
lingkungan sekolah dan kewajibannya terhadap Tuhan.
- Agar lebih menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di
luar kelar, seperti di halaman atau taman sekolah.
- Masing-masing siswa mempresentasikan hasil tulisannya di
hadapan guru dan teman-temannya.
- Guru memberikan kesempatan teman siswa yang lain
memberikan tanggapan.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban
siswa.
- Siswa mengerjakan soal latihan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami
kesulitan.
- Gunakan rubrik membuat bangun ruang pada bidang koordinat
untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
- Siswa membaca teks yang berjudul “Hidup Selaras dengan
Alam Untuk Cegah Bencana Alam”.
- Masing-masing siswa membaca hening/dalam hati secara
seksama.
- Guru membangun suasana yang penuh ketenangan agar
membantu proses pemahaman siswa terhadap isi bacaan.
- Selesai membaca siswa membuat kesimpulan isi bacaan.
- Proses membuat kesimpulan diawali dengan menemukan ide
atau gagasan pokok di tiap-tiap paragraf.
- Setelah semua siswa berhasil menuliskan kesimpulan
bacaan, guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap hasil kerja
siswa.
- Gunakan hasil kegiatan ini untuk mengetahui tingkat
pengetahuan siswa.
• Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan
pemahaman dan pengalamannya yang sudah didapatkannya selama kegiatan
pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban
masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa
berkaitan dengan perilaku selaras dengan lingkungan, khususnya sekolah.
• Siswa menceritakan pengalamannya berkaitan dengan
pengaruh lingkungan terhadap proses belajar.
• Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa bekerja sama kepada
orang tuanya dengan berdiskusi dan tukar pendapat.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam
tari.
Ø
Menjelaskan gerak tari bertema sesuai dengan gagasan dan
imajinasi dengan menggunakan properti.
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan
dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
Ø Merangkaikan hasil eksplorasi gerak
tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan properti menjadi tarian
pendek.
Ø Menentukan iringan musik yang akan
digunakan untuk mengiringi rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan
imajinasi yang telah dibuat.
PJOK
3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik
dalam aktivitas air.
Ø
Menjelaskan konsep gaya dada dalam berenang.
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam
aktivitas air.
Ø Melakukan koordinasi gerak kaki dan
lengan renang gaya dada.
Ø Melakukan cara bernapas renang gaya
dada.
Ø Melakukan koordinasi gerak pukulan
kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya dada.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang
makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta
alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø Mengidentifikasi kegiatan manusia yang
dapat. memengaruhi kesehatan.
Ø Mencari informasi dari teks laporan
buku tentang kesehatan manusia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur
air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan)
dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan
rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPA
3.3 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.
Ø
Menjelaskan organ tubuh pada sistem peredaran darah manusia
dan hewan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan
gangguan pada organ tubuh manusia.
Ø
Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan
dengan gangguan pada organ tubuh pada sistem peredaran darah manusia.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan mengingat teknik-teknik dasar renang gaya dada,
siswa menyebutkan teknik-teknik dasar renang gaya dada dengan percaya diri.
Dengan mengamati gambar gerakan koordinasi gerakan kaki dan
tangan serta pernapasan, siswa dapat menuliskan cara melakukan gerakan
koordinasi tangan dan kaki serta pernapasan dalam renang gaya dada dengan
cermat.
Dengan kegiatan mencari tahu dengan studi pustaka, diskusi,
wawancara, observasi, dan pengamatan, siswa dapat menyebutkan fungsi jantung
dan pembuluh darah, dan penyakit pada pembuluh darah dengan teliti.
Dengan memperagakan gerakan tari menirukan kupu-kupu, siswa
dapat melakukan gerakan tari dengan properti selendang dan iringan lagu
kupu-kupu dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara melakukan gerakan-gerakan dalam
renang gaya dada, fungsi pembuluh darah dan jantung, gerakan-gerakan tari
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, peralatan dan perlengkapan
renang, dan properti tari: selendang.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan,
dan motivasi siswa dengan memberikan narasi bahwa kesehatan merupakan hal yang
sangat penting. Kesehatan manusia dipengaruhi oleh sistem peredaran darah.
• Berikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa untuk
memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang
terdapat pada buku siswa.
• Guru menegaskan kembali tanggapan dan menjawab setiap
pertanyaan siswa. Guru juga mengapresiasi tanggapan dan jawaban yang diberikan
oleh setiap siswa.
- Siswa mengingat teknik-teknik dasar dalam renang gaya
dada.
-
Siswa mengamati gambar yang berkaitan dengan teknik-teknik dasar lanjutan
renang gaya dada, antara lain gerak koordinasi kaki dan tangan, bernapas, dan
gerak mengkoordinaskan gerak pukulan kaki, tarikan lengan, dan pernapasan dalam
renang gaya dada.
- Selesai mengamati, siswa menuliskan pada kolom yang
tersedia pada buku siswa tentang cara melakukan berbagai teknik renang gaya
dada sesuai gambar.
- Siswa melakukan pengamatan gambar untuk mencari informasi
tentang gerak dasar renang.
Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara detail dan cermat untuk
mencari informasi tentang gerak dasar renang.
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi
sebuah informasi yang berguna.
Komunikasi: informasi yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di atas,
dikomunikasikan sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan
mendalam. Fasilitasi sebuah diskusi kelas sehingga siswa dapat
mengkomunikasikan hasil eksplorasi dan pengumpulan data, yang telah mereka
lakukan.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban
siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
• Setelah mengetahui teknik renang gaya dada, guru mengajak
siswa untuk melakukan latihan.
- Siswa melakukan koordinasi gerakan tangan dan kaki,
bernapas, dan gerak mengkoordinaskan gerak pukulan kaki, tarikan lengan, dan
pernapasan dalam renang gaya dada.
- Sebelum melakukan aktivitas air, guru menjelaskan dan
menekankan arti pentingnya pemanasan. Selain itu guru juga memberikan pemahaman
tentang aktivitas-aktivitas pengenalan air sebelum melakukan aktivitas air.
Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin pemanasan. Pemanasan dilakukan
dengan durasi waktu antara 10-15 menit.
- Selesai melakukan pemanasan, guru meminta siswa untuk
mencari pasangan.
- Siswa melakukan latihan gerakan-gerakan dasar renang gaya
dada secara berpasangan dan bergantian.
- Kegiatan ini harus dalam pengawasan penuh guru atau
instruktur renang.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi
olahraga, yakni renang gaya dada dengan manfaat berbagai olahraga. Adapun
kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Olahraga banyak macamnya, tidak
hanya renang. Ada sepak bola, senam, dan lain sebagainya. Mengapa olahraga
harus dilakukan oleh manusia? Karena, banyak manfaat yang diperoleh dari
berolahraga, di antaranya peredaran darah kita menjadi lancar. Selain peredaran
darah lancar, apa manfaat lainnya dari olah raga?
Siswa mencari informasi mengenai manfaat olahraga.
Alternatif pembelajaran yang dilakukan, antara lain sebagai
berikut.
1. Studi pustaka.
2. Diskusi.
3. Wawancara.
4. Pengamatan.
Guru
memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi olahraga peredaran darah
dan kesehatan jantung. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah
Peredaran darah yang lancar sangat penting bagi kehidupan manusia. Tahukah kamu
alat peredaran darah pada manusia? Jantung dan pembuluh darah adalah alat
peredaran darah manusia. Tugaskan
anak untuk mengamati gambar.
-
Siswa menuliskan fungsi jantung dan pembuluh darah pada kolom yang tersedia di
buku siswa.
•
Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada
jawaban yang aneh.
- Siswa diminta untuk
menyebutkan penyakit-penyakit pada pembuluh darah.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi
aktivitas olahraga dengan berbagai gerakan-gerakan tari. Adapun kalimat kunci
yang menjadi penghubung adalah bergerak melakukan gerak-gerak tari juga
merupakan bentuk olahraga. Mengapa demikian? Karena menari berarti menggerakkan
anggota-anggota tubuh kita. Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah bereksplorasi
membuat gerak-gerak tari dengan menggunakan selendang. Eksplorasi yang kamu
lakukan bisa menirukan gerak-gerak kupu-kupu.
- Siswa memperagakan gerakan tari hasil eksplorasinya/dibuatnya
sendiri yang menirukan gerakan kupu-kupu pada kegiatan pembelajaran sebelumnya
dengan menggunakan properti selendang.
- Setelah bisa melakukan gerakan, siswa diminta untuk
memilih iringan dan menghafalnya.
- Setelah gerakan bisa dan iringan lagunya sudah hafal,
siswa diminta untuk melakukan gerakan tari dan menyanyikan lagu sebagai iringan
secara bersamaan.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat
dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, dan aula.
• Siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang
sudah didapatkan selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku
keseharian berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, yaitu
aktivitas renang, tari, fungsi jantung dan peredaran darah.
• Siswa menjawab pertanyaan: Mengapa olahraga membantu
peredaran darah menjadi lancar?
• Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat
meminta bantuan kepada orang tuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia.
Ø
Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras
dengan lingkungan alam.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya
dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Ø
Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia
yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh
kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø
Mencari informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan
manusia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian
listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya,
serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi
kesehatan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan
dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø
Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan
manusia.
PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
Ø
Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan
rumah, dan sekolah.
Ø Berperilaku sesuai dengan kewajiban
terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Ø Berperilaku sesuai dengan kewajiban
terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Ø Berperilaku sesuai dengan kewajiban
terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
Ø
Menyebutkan fungsi properti tari.
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan menggunakan properti dan iringan.
Ø
Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan
imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati gambar, kerja bakti siswa dapat
menyebutkan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam kerja bakti dengan percaya
diri.
Dengan mencari bacaan tentang kerja bakti, siswa
memfotokopi, menempelkan, dan membaca dengan cermat.
Denngan melakukan kerja bakti, siswa mengetahui hak dan
kewajibannya terhadap lingkungannya.
Dengan menulis kembali bacaan tentang kerja bakti, siswa
memiliki keterampilan menulis menggunakan kosa kata baku dan tanda baca yang
benar.
Dengan kegiatan memperagakan gerakan tari, siswa dapat
melakukan beberapa gerakan tari menggunakan properti dengan diiringi lagu
dengan benar.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: aktivitas-aktivitas yang dilakukan
dalam kerja bakti, kerja bakti, cara menulis degan menggunakan kosa kata yang
baku dan tanda baca yang benar, gerakan
tari dengan menggunakan properti dan iringan lagu.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan properti tari.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran, guru menerangkan sebuah narasi bahwa
dengan menerapkan pola hidup sehat sangat menyenangkan.
• Pada pembelajaran kali ini guru mengajak siswa untuk
menyimpulkan dan menerapkan berbagai cara hidup sehat yang telah dipelajari
pada pembelajaran sebelumnya.
- Pergunakan gambar yang tersedia pada buku siswa untuk
menstimulus ide, gagasan, dan pendapat siswa.
- Setelah mengamati gambar, siswa menuliskan hasil
pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa tentang aktivitas yang
nampak pada gambar.
- Guru bersama siswa melakukan kerja bakti membersihkan
lingkungan kelas dan lingkungan sekolah.
- Guru memfasilitasi siswa untuk melakukan pembagian kerja
secara merata.
- Setelah kerja bakti, siswa mengerjakan soal latihan di
buku siswa berkaitan dengan kegiatan kerja bakti.
- Siswa menuangkan pengalamannya dalam kerja bakti untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
- Guru membangun suasana yang menyenangkan dan penuh
keakraban, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan pengalamannya
secara mandiri dan percaya diri.
- Guru berkeliling dan membantu siswa yang mengalami
kesulitan.
- Siswa mencari bacaan dari surat kabar, majalah, atau
internet tentang kerja bakti.
- Siswa membaca bacaan tersebut. Kemudian, difotokopi dan
digunting bila bacaan dari surat kabar atau majalah. Jika bacaan dari internet
mintalah bantuan untuk mengkopi bacaan tersebut dan dicetak.
- Siswa menempelkan bacaan yang telah diperoleh pada kolom
yang tersedia di buku siswa.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat
dilakukan di luar kelas, misalnya di perpustakaan, halaman, ruang kesenian, dan
aula.
- Guru memberikan kesempatan bagi masing-masing siswa untuk
menuliskan kembali bacaan yang telah diperolehnya sesuai dengan pemahamannya.
- Ajarkan pada siswa untuk menggunakan kosa kata baku dan
tanda baca benar.
- Siswa memperagakan gerakan tari hasil eksplorasinya/dibuatnya
sendiri yang menirukan gerakan kupu-kupu pada kegiatan pembelajaran sebelumnya
dengan menggunakan properti selendang dan dengan iringan yang telah dipilihnya.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat
dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, dan aula.
- Siswa mengamati gambar secara seksama.
- Bangun suasana belajar yang penuh keakraban sehingga
siswa percaya diri menuliskan informasi yang diperoleh dari kegiatan pengamatan
berdasarkan pertanyaan yang ada di buku siswa.
• Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan
pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku
kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari,
dalam hal ini pola hidup sehat dan gerakan-gerakan tari dengan properti dan
iringan.
• Siswa mengemukakan berbagai hal berkaitan dengan kerja
bakti.
• Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa
dapat bekerja sama dengan orang tuanya untuk berdiskusi dan bertukar pendapat.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar