Minggu, 16 November 2014

RPP tema 4 st2

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
• Menentukan letak titik, pada sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
Ø  Menggambar denah dengan menggunakan sistem koordinat.

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mencari informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mencari bacaan baik melalui majalah, koran, maupun internet tulisan yang berisi laporan tentang kesehatan manusia untuk kemudian dibuat kesimpulan.

C.    Tujuan Pembelajaran

                        Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa mengemukakan pendapat tentang pentingnya hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan kerapian dengan percaya diri.
                        Dengan mengerjakan soal latihan menentukan letak benda pada titik koordinat, siswa dapat menemukan letak benda dengan titik koordinat dengan cermat.
                        Dengan membaca teks tentang manfaat kesehatan bagi manusia, siswa dapat mengidentifikasi manfaat kesehatan bagi manusia dengan teliti.
                        Dengan membaca teks manfaat kesehatan bagi manusia, siswa dapat menuliskan kesimpulan mengenai manfaat kesehatan bagi manusia dengan mandiri.
                        Dengan studi pustaka, siswa menemukan tulisan/laporan yang berisi manfaat kesehatan bagi manusia untuk kemudian menuliskan kesimpulannya dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan kerapian, cara menemukan letak benda berdasarkan titik koordinat, manfaat kesehatan bagi manusia, cara membuat kesimpulan dari sebuah bacaan, cara menggali informasi dan data dari suati tulisan/ laporan.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks tentang manfaat kesehatan bagi manusia.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Pergunakan gambar yang tersedia dan pertanyaan-pertanyaan untuk mendorong munculnya ide dan tanggapan siswa.
• Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dilakukan.
• Tumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran melalui pengamatan terhadap gambar.
Siswa secara cermat dan teliti mengamati gambar tentang letak suatu benda.
Siswa mengerjakan soal latihan berdasarkan gambar yang sudah diamati.
• Biarkan siswa mengerjakan secara mandiri.
• Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
Siswa membaca sebuah artikel berjudul Manfaat Kesehatan Bagi Manusia.
Alternatif Proses KBM
Alternatif 1 Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati. Alternatif 2 Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dengan nyaring dan meminta siswa lain menyimak. Alternatif 3 Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Setelah membaca teks, siswa diminta membuat kesimpulan berdasarkan teks secara mandiri. Guru memandu secara individual siswa yang mengalami kesulitan.

                        Siswa menemukan dan menuliskan kosa kata baku dan kosa kata tidak baku yang terdapat pada teks Manfaat Kesehatan bagi Manusia.
                        Sebelum siswa mengerjakan, guru memberikan penjelasan mengenai kosa kata baku dan kosa kata tidak baku.
                        Guru membangun suasana yang penuh keakraban sehingga siswa percaya diri dan mengerjakan secara mandiri.
                        Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
                        Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban-jawaban, termasuk apabila ada jawaban yang aneh.
Siswa melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data dari tulisan/ laporan mengenai manfaat kesehatan bagi manusia melalui buku, majalah, koran, maupun artikel internet.
Untuk memberikan suasan yang berbeda, kegiatan ini bisa dilakukan di perpustakaan.
Setelah informasi dan data diperoleh, siswa diminta untuk membuat kesimpulan.
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: “Apakah kamu sudah menemukan tempat yang tepat untuk menata buku-bukumu dan perlengkapan sekolahmu?“ “Mengapa bersih dan rapi itu diperlukan?” “Informasi apa yang kamu dapat dari buku tentang kesehatan manusia?”
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
            • Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai aktivitas yang bisa dilakukan jika badan sehat (misalnya bola voli mini dan menari) serta cara merawat rangka tubuh manusia.
• Siswa diminta untuk menceritakan kondisi rumahnya, khususnya kamar berkaitan dengan kesehatan, kerapihan, dan kebersihannya.
            • Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat meminta orang tuanya untuk membuat memeriksa kamarnya.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar

Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.



RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PJOK
3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Ø  Menyebutkan beberapa gaya renang.

4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Ø    Melakukan gerak kaki renang gaya dada.
Ø    Memperagakan gerak ayunan/ tarikan lengan renang.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
• Bereksplorasi melakukan gerak tari bertema sesuai dengan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti.
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
• Merangkaikan hasil eksplorasi gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan properti.

IPA
3.3 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.
• Mengenal organ tubuh pada sistem pencernaan manusia dan hewan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
• Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh pada sistem pencernaan manusia.

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi kesehatan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membuat kesimpulan bacaan tentang kesehatan manusia.

C.    Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang pentingnya pola hidup sehat, siswa dapat menyebutkan pentingnya menerapkan pola hidup sehat dengan percaya diri.
• Dengan mengingat pelajaran sebelumnya tentang gerakan renang, siswa menyebutkan gaya-gaya dalam olahraga renang dengan cermat.
• Dengan mengamati gambar gerakan tangan, kaki, dan meluncur, siswa mengemukakan cara melakukan gerakan-gerakan dasar dalam renang gaya dada dengan percaya diri.
• Dengan latihan melakukan gerakan tangan, kaki, meluncur dalam renang gaya dada, siswa dapat dapat melakukan gerakan kaki, tangan, dan meluncur dalam renang gaya dada dengan percaya diri.
• Dengan mengamati gambar organ pencernaan manusia, siswa dapat mengidentifikasi organ pencernaan manusia dengan teliti.
• Dengan membaca teks tentang penyakit maag, siswa dapat mengetahui penyakit maag dan penyakit-penyakit pada organ pencernaan manusia dengan mandiri.
• Dengan eksplorasi, siswa dapat membuat gerakan tari dengan properti selendang menirukan gerakan kupu-kupu dengan percaya diri.
D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
cara-cara menerapkan pola hidup siswa, macam-macam gaya dalam renang, cara melakukan gerakan-gerakan dalam renang gaya dada, cara melakukan gerakan kaki dan tangan dalam renang gaya dada, penyakit maag dan penyakit-penyakit pada organ pencernaan manusia, cara membuat gerakan tari memakai properti dan iringan.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks, pakaian renang, selendang
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Pergunakan pertanyaan panduan yang tersedia pada buku siswa untuk mendorong munculnya ide dan tanggapan siswa.
• Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru meminta siswa mengingat berbagai gaya renang yang sudah dipelajari pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya dan menuliskan pada kolom yang ada pada buku siswa.
Alternatif pembelajaran yang bisa dilakukan: 1. Alternatif 1 Guru mempersilahkan siswa masing-masing siswa mengisi langsung kolom-kolom yang tersedia di buku siswa secara mandiri. 2. Alternatif 2 Guru memberikan panduan secara klasikal dengan menunjuk beberapa siswa untuk menjawab secara lisan dan siswa yang lain menyimak. Guru menegaskan kembali jawaban siswa dan mempersilahkan semua siswa mengisi kolom sesuai dengan jawab yang sudah disampaikan. 3. Alternatif 3 Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara berkelompok.
- Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan gambar untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang.
                        Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi dengan mengamati gambar secara detail dan cermat untuk memperoleh informasi tentang gerak dasar renang.
                        Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna.
                        Komunikasi: informasi yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di atas, dikomunikasikan sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan mendalam. Fasilitasi sebuah diskusi kelas dengan cara siswa dapat mengkomunikasikan hasil eksplorasi dan pengumpulan data mereka.
• Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
Untuk membantu siswa, guru dapat menerapkan alternatif pembelajaran berikut. Alternatif 1 Guru mengarahkan siswa untuk melakukan studi pustaka, untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang melalui pengamatan gambar dan membaca pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel dalam internet mengenai materi tersebut. Alternatif 2 Guru menyiapkan video, kemudian mengarahkan siswa untuk melakukan observasi melalui video. Alternatif 3 Guru mengarahkan siswa untuk melakukan wawancara dengan orang yang memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang renang. Alternatif 4 Guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi, dalam kelompok-kelompok maupun secara klasikal.
- Siswa melakukan gerakan tangan dan kaki pada renang gaya dada, serta gerakan meluncur.
- Sebelum melakukan aktivitas air, guru menjelaskan dan menekankan arti pentingnya pemanasan. Selain itu, guru juga memberikan pemahaman tentang aktivitas-aktivitas pengenalan air sebelum melakukan aktivitas air. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin pemanasan. Pemanasan dilakukan dengan durasi waktu antara 10-15 menit.
- Selesai melakukan pemanasan, guru meminta siswa untuk mencari pasangan.
- Siswa melakukan latihan gerakan-gerakan dasar renang gaya dada (gerakan tangan dan kaki) secara berpasangan dan bergantian.
- Kegiatan ini harus dalam pengawasan penuh guru atau instruktur renang.
- Gunakan Rubrik Latihan renang gaya dada untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Catatan • Guru selalu menekankan pada aspek keselamatan diri dan orang lain selama melakukan gerakan-gerakan dasar renang gaya dada. • Sebelum melakukan aktivitas air, perlu dilakukan pengenalan air, seperti membasahi tubuh dengan air atau menceburkan tubuh ke air secara perlahan. Hal ini bertujuan agar tubuh siap dan mampu beradaptasi dengan perubahan suhu pada air.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi renang gaya dada dengan organ pencernaan makanan pada tubuh manusia. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah pada saat renang perut tidak boleh kosong. Sebaiknya 30-60menit sebelumnya melakukan olahraga renang, kita dianjurkan makan terlebih dahulu. Makanan merupakan sumber tenaga bagi tubuh kita. Pilihlah makanan yang diterima oleh pencernaan kita. Tahukah kamu organ pencernaan makanan pada tubuh kita?
- Siswa mengamati gambar organ pencernaan makanan pada tubuh manusia.
                        Eksplorasi: ajarTugaskankan siswa untuk mengeksplorasi dengan mengamati gambar secara detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mencari informasi tentang organ pencernaan makanan pada tubuh manusia).
                        Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna.
                        Komunikasi: informasi yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di atas, dikomunikasikan sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan mendalam. Sajikan hasil pengamatan ke dalam tabel.

- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Siswa membaca teks yang berjudul Maag atau Tukak Lambung.
- Siswa melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data melalui artikel yang ada di koran, majalah, atau internet berkaitan dengan penyakit-penyakit pada organ pencernaan makanan.
- Setelah data terkumpul, siswa diminta untuk menuliskan pada kolom yang ada di buku siswa.
- Siswa membaca teks yang berjudul 4 Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan.
- Masing-masing siswa diminta untuk membaca cepat dan dalam hati.
- Guru membangun suasana yang penuh ketenangan agar membantu proses pemahaman siswa terhadap isi bacaan.
- Selesai membaca membuat kesimpulan isi bacaan.
- Proses membuat kesimpulan diawali dengan menemukan ide atau gagasan pokok di tiap-tiap paragraf.
- Setelah semua siswa berhasil menuliskan kesimpulan bacaan, guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaaannya.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap hasil kerja siswa.
- Siswa mengamati gambar tentang gerakan-gerakan tari untuk kemudian siswa diminta untuk meniru gerakan yang nampak pada gambar.
- Sebelum kegiatan ini dilakukan, guru telah meminta siswa untuk menyiapkan propertinya terlebih dahulu.
- Secara demokratis, guru meminta siswa untuk memilih pasangan.
- Guru memandu, mengoreksi, dan mengapresiasi setiap gerakan yang dilakukan siswa.
- Gunakan rubrik melakukan gerakan tari untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
- Siswa membuat koreografi tari dengan memanfaat selendang sebagai properti tari.
- Siswa menirukan kupu-kupu sebagai referensi dalam membuat koreografi tari.
- Guru memandu, mengoreksi, dan mengapresiasi setiap koreografi yang dibuat siswa.
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Bagaimana pola hidup sehat yang kamu pelajari pada pembelajaran ini?
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan pola hidup sehat.
• Siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya berkaitan dengan organ pencernaannya.
• Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa meminta bantuan kepada orang tuanya untuk menceritakan riwayat kesehatan organ pencernaannya.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.


RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  3
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menjelaskan cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan melalui bacaan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.

Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
Ø  Menentukan letak titik pada sistem koordinat.

PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
• Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
• Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
• Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

C.    Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menjelaskan cara menciptakan lingkungan sehat dengan cermat.
• Dengan mengamati gambar, siswa menceritakan hidup rukun dan percaya diri.
• Dengan menulis, siswa dapat menyelesaikan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
• Dengan latihan, siswa dapat menentukan letak benda berdasarkan titik koordinatnya dengan teliti.
• Dengan membaca teks, siswa menceritakan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah dengan percaya diri.
• Dengan menulis, siswa dapat membuat kesimpulan dari sebuah bacaan dengan cermat.
• Dengan membuat laporan, siswa dapat menyajikan data dan informasi yang diperoleh dalam bentuk laporan tertulis dengan mandiri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
cara menciptakan lingkungan yang sehat, aktivitas yang menunjukkan hidup rukun, kewajiban terhadap teman dan guru di sekolah, m cara menentukan letak benda berdasarkan titik koordinat, cara menjaga kesehatanlingkungan sekolah, cara membuat kesimpulan yang tepat, efektif, dan komunikatif, cara membuat laporan yang benar.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks bacaan.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mengajukan pertanyaan seperti yang terdapat pada buku siswa berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dan dicapai selama proses KBM.
• Guru mengajak siswa agar mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya berkaitan dengan subtema yang dipelajari sebagai sumber inspirasi dan bahan belajar.
- Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa dan memberikan tanggapan.
- Siswa menuliskan hak di sekolah dan akibat tidak terpenuhinya hak.
- Siswa menuliskan pengalamannya dalam menjalankan kewajibannya terhadap teman dan guru.
- Ajarkan pada siswa untuk menggali informasi dan data dengan memerhatikan lingkungan sosial sekitar, dalam hal ini lingkungan sosial di sekolah.
- Ajarkan pada siswa untuk menuangkan hasilnya secara tertulis pada kolom yang tersedia di buku siswa.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Guru membangun suasana belajar yang penuh keakraban, sehingga siswa percaya diri dalam menyelesaikan tugasnya.
- Siswa mengamati gambar dengan seksama.
- Fokuskan pengamatan siswa pada titik-titik koordinat yang nampak pada gambar.
- Selesai mengamati gambar, siswa mengerjakan soal latihan secara mandiri.
- Sebelum mengerjakan, guru menjelaskan mengenai titik koordinat.
- Guru memberikan keleluasaan siswa untuk mengerjakan soal latihan.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa membaca hening/dalam hati dan secara seksama untuk memahami isi bacaan yang berjudul Pentingnya Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat.
- Selesai membaca, siswa membuat kesimpulan isi bacaan.
- Guru meminta membuat kesimpulan dengan menentukan ide/gagasan utama di setiap paragraf.
- Guru membangun suasana penuh keakraban sehingga percaya diri dalam mengerjakan tugas.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa membuat laporan tentang kesehatan lingkungan sekolahnya.
- Adapun metode yang dapat digunakan, antara lain sebagai berikut.
1. Wawancara dengan kepala sekolah, guru, atau petuga UKS.
2. Observasi langsung terhadap kesehatan lingkungan sekolah.
- Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.

                        Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
                        Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam menulis laporan tentang kesehatan dan menentukan letak berdasarkan titik koordinat.
                        • Siswa menceritakan mengenai perilaku yang telah dilakukan dalam menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
                        • Untuk mengoptimalkan kerja sama dengan orang tua, siswa dapat membuat check list untuk ditunjukkan kepada orang tuanya.
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.



RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
Ø  Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
Ø    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Ø    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø  Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø  Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.

Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
Ø  Mengidentifikasikan letak benda pada sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
Ø  Menggambar bangun datar pada bidang koordinat.

IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Ø  Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Ø  Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

C.    Tujuan Pembelajaran
• Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara hidup selaras dengan lingkungan alam dengan percaya diri.
• Dengan menandai pernyataan, siswa dapat membedakan perilaku-perilaku selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam dengan teliti.
• Dengan mengamati gambar tentang aktivitas manusia, siswa dapat mengidentifikasi contoh aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan alam dengan cermat.
• Dengan bercerita tentang keadaan lingkungan sekolahnya, siswa dapat menulis keadaan lingkungan sekolahnya dengan mandiri.
• Dengan latihan membuat bangun ruang, siswa dapat menggambar bangun ruang pada bidang koordinat dengan tepat dengan teliti.
• Dengan membaca bacaan tentang hidup selaras dengan alam dapat mencegah bencana, siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia yang selaras dengan lingkungan alam sehingga dapat terhindar dari bencana dengan cermat.
• Dengan menulis kesimpulan bacaan siswa dapat menulis kesimpulan dari bacaan dengan cermat dan komunikatif.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
cara hidup selaras dengan lingkungan, pengaruh hidup selaras dengan lingkungan terhadap kesehatan, perilaku yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan, aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan, keadaan lingkungan sekolah, cara menggambar bangun pada bidang koordinat, cara membuat kesimpulan yang benar.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks bacaan.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Pada awal pemebelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa. Oleh karena itu, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
- Bagaimana cara hidup selaras dengan alam?
- Apakah hidup yang selaras dengan alam berpengaruh pada kesehatan manusia?
- Siswa menunjukkan perilaku-perilaku manusia selaras dengan lingkungan alam.
- Agar lebih menarik, siswa diminta untuk mewarnai kolom yang menunjukkan perilaku manusia selaras dengan alam.
- Guru menunjukkan sebuah gambar tentang salah satu aktivitas manusia, kemudian siswa mengamati secara seksama. Secara individual, siswa diminta untuk mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang nampak pada gambar.
- Biarkan imajinasi dan analisis siswa berkembang secara mandiri.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada yang jawaban yang aneh.
- Siswa keluar kelas dan melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekolah.
- Setelah itu, siswa menceritakan keadaan lingkungan sekolah secara tertulis.
- Guru membangun suasana belajar yang meyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menceritakan keadaan sekolahnya dengan percaya diri dan komunikatif.
- Siswa menuliskan kewajian-kewajibannya terhadap lingkungan sekolah dan kewajibannya terhadap Tuhan.
- Agar lebih menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di luar kelar, seperti di halaman atau taman sekolah.
- Masing-masing siswa mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan guru dan teman-temannya.
- Guru memberikan kesempatan teman siswa yang lain memberikan tanggapan.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
- Siswa mengerjakan soal latihan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Gunakan rubrik membuat bangun ruang pada bidang koordinat untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
- Siswa membaca teks yang berjudul “Hidup Selaras dengan Alam Untuk Cegah Bencana Alam”.
- Masing-masing siswa membaca hening/dalam hati secara seksama.
- Guru membangun suasana yang penuh ketenangan agar membantu proses pemahaman siswa terhadap isi bacaan.
- Selesai membaca siswa membuat kesimpulan isi bacaan.
- Proses membuat kesimpulan diawali dengan menemukan ide atau gagasan pokok di tiap-tiap paragraf.
- Setelah semua siswa berhasil menuliskan kesimpulan bacaan, guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap hasil kerja siswa.
- Gunakan hasil kegiatan ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa.
• Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman dan pengalamannya yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan perilaku selaras dengan lingkungan, khususnya sekolah.
• Siswa menceritakan pengalamannya berkaitan dengan pengaruh lingkungan terhadap proses belajar.
• Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa bekerja sama kepada orang tuanya dengan berdiskusi dan tukar pendapat.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.


RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
Ø  Menjelaskan gerak tari bertema sesuai dengan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti.
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
Ø    Merangkaikan hasil eksplorasi gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan properti menjadi tarian pendek.
Ø    Menentukan iringan musik yang akan digunakan untuk mengiringi rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi yang telah dibuat.

PJOK
3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Ø  Menjelaskan konsep gaya dada dalam berenang.
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Ø    Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada.
Ø    Melakukan cara bernapas renang gaya dada.
Ø    Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya dada.

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø    Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat. memengaruhi kesehatan.
Ø    Mencari informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.

3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

IPA
3.3 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.
Ø  Menjelaskan organ tubuh pada sistem peredaran darah manusia dan hewan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
Ø  Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh pada sistem peredaran darah manusia.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan mengingat teknik-teknik dasar renang gaya dada, siswa menyebutkan teknik-teknik dasar renang gaya dada dengan percaya diri.
                        Dengan mengamati gambar gerakan koordinasi gerakan kaki dan tangan serta pernapasan, siswa dapat menuliskan cara melakukan gerakan koordinasi tangan dan kaki serta pernapasan dalam renang gaya dada dengan cermat.
                        Dengan kegiatan mencari tahu dengan studi pustaka, diskusi, wawancara, observasi, dan pengamatan, siswa dapat menyebutkan fungsi jantung dan pembuluh darah, dan penyakit pada pembuluh darah dengan teliti.
                        Dengan memperagakan gerakan tari menirukan kupu-kupu, siswa dapat melakukan gerakan tari dengan properti selendang dan iringan lagu kupu-kupu dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara melakukan gerakan-gerakan dalam renang gaya dada, fungsi pembuluh darah dan jantung, gerakan-gerakan tari
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, peralatan dan perlengkapan renang, dan properti tari: selendang.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Kesehatan manusia dipengaruhi oleh sistem peredaran darah.
• Berikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa untuk memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
• Guru menegaskan kembali tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa. Guru juga mengapresiasi tanggapan dan jawaban yang diberikan oleh setiap siswa.
- Siswa mengingat teknik-teknik dasar dalam renang gaya dada.
- Siswa mengamati gambar yang berkaitan dengan teknik-teknik dasar lanjutan renang gaya dada, antara lain gerak koordinasi kaki dan tangan, bernapas, dan gerak mengkoordinaskan gerak pukulan kaki, tarikan lengan, dan pernapasan dalam renang gaya dada.
- Selesai mengamati, siswa menuliskan pada kolom yang tersedia pada buku siswa tentang cara melakukan berbagai teknik renang gaya dada sesuai gambar.
- Siswa melakukan pengamatan gambar untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang.
Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara detail dan cermat untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang.
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna.
Komunikasi: informasi yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di atas, dikomunikasikan sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan mendalam. Fasilitasi sebuah diskusi kelas sehingga siswa dapat mengkomunikasikan hasil eksplorasi dan pengumpulan data, yang telah mereka lakukan.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
• Setelah mengetahui teknik renang gaya dada, guru mengajak siswa untuk melakukan latihan.
- Siswa melakukan koordinasi gerakan tangan dan kaki, bernapas, dan gerak mengkoordinaskan gerak pukulan kaki, tarikan lengan, dan pernapasan dalam renang gaya dada.
- Sebelum melakukan aktivitas air, guru menjelaskan dan menekankan arti pentingnya pemanasan. Selain itu guru juga memberikan pemahaman tentang aktivitas-aktivitas pengenalan air sebelum melakukan aktivitas air. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin pemanasan. Pemanasan dilakukan dengan durasi waktu antara 10-15 menit.
- Selesai melakukan pemanasan, guru meminta siswa untuk mencari pasangan.
- Siswa melakukan latihan gerakan-gerakan dasar renang gaya dada secara berpasangan dan bergantian.
- Kegiatan ini harus dalam pengawasan penuh guru atau instruktur renang.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi olahraga, yakni renang gaya dada dengan manfaat berbagai olahraga. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Olahraga banyak macamnya, tidak hanya renang. Ada sepak bola, senam, dan lain sebagainya. Mengapa olahraga harus dilakukan oleh manusia? Karena, banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga, di antaranya peredaran darah kita menjadi lancar. Selain peredaran darah lancar, apa manfaat lainnya dari olah raga?
Siswa mencari informasi mengenai manfaat olahraga.
Alternatif pembelajaran yang dilakukan, antara lain sebagai berikut.
1. Studi pustaka.
2. Diskusi.
3. Wawancara.
4. Pengamatan.
Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi olahraga peredaran darah dan kesehatan jantung. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Peredaran darah yang lancar sangat penting bagi kehidupan manusia. Tahukah kamu alat peredaran darah pada manusia? Jantung dan pembuluh darah adalah alat peredaran darah manusia. Tugaskan anak untuk mengamati gambar.
- Siswa menuliskan fungsi jantung dan pembuluh darah pada kolom yang tersedia di buku siswa.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Siswa diminta untuk menyebutkan penyakit-penyakit pada pembuluh darah.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi aktivitas olahraga dengan berbagai gerakan-gerakan tari. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah bergerak melakukan gerak-gerak tari juga merupakan bentuk olahraga. Mengapa demikian? Karena menari berarti menggerakkan anggota-anggota tubuh kita. Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah bereksplorasi membuat gerak-gerak tari dengan menggunakan selendang. Eksplorasi yang kamu lakukan bisa menirukan gerak-gerak kupu-kupu.
- Siswa memperagakan gerakan tari hasil eksplorasinya/dibuatnya sendiri yang menirukan gerakan kupu-kupu pada kegiatan pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan properti selendang.
- Setelah bisa melakukan gerakan, siswa diminta untuk memilih iringan dan menghafalnya.
- Setelah gerakan bisa dan iringan lagunya sudah hafal, siswa diminta untuk melakukan gerakan tari dan menyanyikan lagu sebagai iringan secara bersamaan.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, dan aula.
• Siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkan selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku keseharian berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, yaitu aktivitas renang, tari, fungsi jantung dan peredaran darah.
• Siswa menjawab pertanyaan: Mengapa olahraga membantu peredaran darah menjadi lancar?
Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat meminta bantuan kepada orang tuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.


RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
                        Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Ø  Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Ø  Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø  Mencari informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi kesehatan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø  Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.

PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
Ø  Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
Ø    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Ø    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Ø    Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
Ø  Menyebutkan fungsi properti tari.
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
Ø  Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan mengamati gambar, kerja bakti siswa dapat menyebutkan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam kerja bakti dengan percaya diri.
                        Dengan mencari bacaan tentang kerja bakti, siswa memfotokopi, menempelkan, dan membaca dengan cermat.
                        Denngan melakukan kerja bakti, siswa mengetahui hak dan kewajibannya terhadap lingkungannya.
                        Dengan menulis kembali bacaan tentang kerja bakti, siswa memiliki keterampilan menulis menggunakan kosa kata baku dan tanda baca yang benar.
                        Dengan kegiatan memperagakan gerakan tari, siswa dapat melakukan beberapa gerakan tari menggunakan properti dengan diiringi lagu dengan benar.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam kerja bakti, kerja bakti, cara menulis degan menggunakan kosa kata yang baku dan tanda baca yang benar,  gerakan tari dengan menggunakan properti dan iringan lagu.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan properti tari.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran, guru menerangkan sebuah narasi bahwa dengan menerapkan pola hidup sehat sangat menyenangkan.
• Pada pembelajaran kali ini guru mengajak siswa untuk menyimpulkan dan menerapkan berbagai cara hidup sehat yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
- Pergunakan gambar yang tersedia pada buku siswa untuk menstimulus ide, gagasan, dan pendapat siswa.
- Setelah mengamati gambar, siswa menuliskan hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa tentang aktivitas yang nampak pada gambar.
- Guru bersama siswa melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan kelas dan lingkungan sekolah.
- Guru memfasilitasi siswa untuk melakukan pembagian kerja secara merata.
- Setelah kerja bakti, siswa mengerjakan soal latihan di buku siswa berkaitan dengan kegiatan kerja bakti.
- Siswa menuangkan pengalamannya dalam kerja bakti untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
- Guru membangun suasana yang menyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan pengalamannya secara mandiri dan percaya diri.
- Guru berkeliling dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa mencari bacaan dari surat kabar, majalah, atau internet tentang kerja bakti.
- Siswa membaca bacaan tersebut. Kemudian, difotokopi dan digunting bila bacaan dari surat kabar atau majalah. Jika bacaan dari internet mintalah bantuan untuk mengkopi bacaan tersebut dan dicetak.
- Siswa menempelkan bacaan yang telah diperoleh pada kolom yang tersedia di buku siswa.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di perpustakaan, halaman, ruang kesenian, dan aula.
- Guru memberikan kesempatan bagi masing-masing siswa untuk menuliskan kembali bacaan yang telah diperolehnya sesuai dengan pemahamannya.
- Ajarkan pada siswa untuk menggunakan kosa kata baku dan tanda baca benar.
- Siswa memperagakan gerakan tari hasil eksplorasinya/dibuatnya sendiri yang menirukan gerakan kupu-kupu pada kegiatan pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan properti selendang dan dengan iringan yang telah dipilihnya.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, dan aula.
- Siswa mengamati gambar secara seksama.
- Bangun suasana belajar yang penuh keakraban sehingga siswa percaya diri menuliskan informasi yang diperoleh dari kegiatan pengamatan berdasarkan pertanyaan yang ada di buku siswa.
• Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini pola hidup sehat dan gerakan-gerakan tari dengan properti dan iringan.
• Siswa mengemukakan berbagai hal berkaitan dengan kerja bakti.
• Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan orang tuanya untuk berdiskusi dan bertukar pendapat.
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar