Selasa, 04 November 2014

RPP Kl 5 t3-2-3

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
                        Sub Tema               :  Manfaat Hidup Rukun (ST2)
Pembelajaran ke     :  3
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk perdagangan regional.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengamati contoh surat perdagangan (surat perjanjian).
• Menyebutkan unsur-unsur surat perdagangan (surat perjanjian).

Matematika
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala.
• Melakukan operasi hitung dengan menggunakan skala.
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
• Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep skala.
• Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala.
• Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan.

PPKn
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat.
• Menjelaskan manfaat-manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di rumah.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
• Menceritakan tindakan dirinya yang telah menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan dan pengamatan, siswa dapat menjelaskan manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dengan cermat.
                        Dengan berdasarkan pengalaman, siswa dapat menceritakan tindakan dirinya yang telah menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan percaya diri.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk perdagangan regional dengan teliti.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menjelaskan unsur-unsur dalam surat perjanjian perdagangan dengan cermat.
                        Dengan mengamati, siswa dapat menyebutkan unsur-unsur surat perdagangan dengan teliti.
                        Dengan berhitung, siswa dapat melakukan operasi hitung dengan menggunakan skala dengan teliti.
                        Dengan menyelesaikan permasalahan, siswa dapat menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan mandiri.
                        Dengan kegiatan berhitung, siswa dapat menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan teliti.
                        Dengan menyelesaikan permasalahan, siswa dapat memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan cermat.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
                        manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan
                        nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah
                        bentuk-bentuk perdagangan regional
                        unsur-unsur surat perdagangan
                        operasi hitung dengan menggunakan skala
                        masalah yang berkaitan dengan konsep skala

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang bentuk hubungan multilateral, teks bacaan tentang surat perjanjian perdagangan, konsep perbandingan
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti

                        Siswa membaca teks bacaan pada buku siswa.
                        Siswa memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang dilakukan pada gambar.
                        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa, misalnya: Mengapa kita harus hidup rukun? Bagaimana jika kita tidak menjaga kerukunan hidup?
                        Guru menulis jawaban siswa di papan tulis.
                        Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban tersebut dengan dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk.
                        Siswa dibagi ke dalam kelompok terdiri atas 5-6 orang siswa.
                        Setiap kelompok mendiskusikan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga serta manfaatnya.
                        Siswa menuliskan hasil diskusinya dalam tabel pada buku siswa.
                        Seluruh kelompok selanjutnya mendiskusikan hasil kegiatan ini untuk saling melengkapi. Guru dapat menunjuk salah satu siswa untuk memimpin diskusi atau berdasarkan kesepakatan seluruh siswa.
                        Hasil diskusi seluruh siswa dituliskan ke dalam buku masing-masing.
                        Siswa menulis perilaku menjaga kesatuan dan persatuan yang sudah dilakukan dalam keluarga.
                        Secara bergantian seluruh siswa membacakan tulisannya. Siswa lain dapat menanggapi, baik dari isi tulisan maupun cara menyampaikannya.
Siswa bertanya jawab untuk mengulang pembelajaran tentang bentuk-bentuk surat perdagangan.
                        Siswa menjawab pertanyaan untuk menstmulasi pengetahuan siswa, misalnya: Apa yang dimaksud dengan surat perdagangan? Apa unsur-unsur dalam surat permintaan? Apa unsur-unsur surat penawaran?
                        Siswa mengamati contoh surat perjanjian perdagangan pada buku siswa.
                        Siswa mengidentifikasi unsur-unsur pada surat perjanjian perdagangan.
                        Siswa menuliskan hasil pengamatan pada lembar tugas di buku siswa.
                        Siswa mendiskusikan hasil pengamatan baik dalam kelompok kecil (4-5 siswa) atau kelompok besar untuk saling melengkapi hasil pengamatan.
                        Siswa diminta untuk mengamati gambar denah rumah pada buku siswa.
                        Siswa menyebutkan unsur-unsur yang ada dalam denah rumah
                        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan arahan seperti: Apa arti skala yang terdapat pada gambar? Apa fungsi skala?
                        Siswa melengkapi tabel pada buku siswa dengan mengukur dan menghitung.
Siswa bertanya jawab untuk mengulang kembali pembelajaran tentang bentuk kerja sama antarnegara
                        Siswa mencari informasi mengenai beberapa organisasi kerja sama internasional seperti yang tertulis dalam tabel pada buku siswa.
                        Siswa dapat mencari informasi itu dari berbagai sumber: buku, majalah, surat kabar, atau internet.
                        Siswa dapat mengerjakan tugas ini secara mandiri atau berkelompok. Hal ini dapat disepakati antara seluruh siswa dan guru.
                        Setelah informasi didapatkan, seluruh siswa mendiskusikan informasi tersebut.
                        REMEDIAL
                        Latihan 1 Sebutkan perilaku yang menjaga kesatuan dan persatuan!
                        Latihan 2 Apa yang dimaksud dengan kerja sama bilateral?
                        Latihan 3 Sebutkan macam-macam bentuk surat!
                        Latihan 4 Sebutkan unsur-unsur dalam surat perjanjian!
                        Latihan 5 Kapankah surat perjajian perdagangan dibuat?
                        PENGAYAAN
                        Latihan 1 Sebutkan bentuk kerja sama regional yang kalian ketahui!
                        Latihan 2 Apakah kepanjangan ASEAN?
                        Latihan 3 Sebutkan Negara anggota ASEAN!
                        Latihan 4 Siapa sajakah yang menandatangani surat perjanjian perdagangan?
                        Latihan 5 Apakah perbedaan alat musik ritis dan alat musik melodis?
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar