Selasa, 04 November 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        :  SD N Kaliwungu 04
Kelas / Semester           :  1 /1
Tema                             Diriku (Tema 1)
Sub Tema                      Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke            :  6
Alokasi waktu               6 jp

A.    KOMPETENSI INTI
1.                     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Bahasa Indonesia
KOMPETENSI DASAR
3.3. Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih saying dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.3. Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih saying secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
INDIKATOR
·         Mengucapkan terima kasih kepada orang lain
·         Mengucapkan terimakasih kepada teman
·         Menyebutkan nama teman

Matematika
KOMPETENSI DASAR
4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang        berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
INDIKATOR
·         Melakukan operasi penjumlahan yang jumlahnya sampai 10



C.     TUJUAN
Belajar Berterima Kasih sambil Bermain Peran
Tujuan pembelajaran:
1.    Setelah kegiatan bermain peran, siswa dapat menyampaikan ucapan terima kasih dengansantun.
     
      Permainan Mencari Nama Teman
      Tujuan pembelajaran:
1.    Setelah kegiatan bermain, siswa dapat menyebutkan nama teman dalam kelompoknya dengan benar.
2.    Setelah kegiatan bermain, siswa dapat menghitung banyak teman yang memiliki nama dengan huruf awal yang sama.

D.    MATERI
·         Belajar Berterima Kasih sambil Bermain Peran
·         Permainan Mencari Nama Teman

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
2.      Inti
Belajar Berterima Kasih sambil Bermain Peran
a.       Guru mempersiapkan beberapa naskah drama anak sederhana untuk diperankan oleh siswa secara bergantian, tema drama tentang mengucapkan terima kasih.
Contohnya:
         Seorang anak yang meminjam buku kemudian mengembalikannya.
         Anak yang menolong temannya yang jatuh.
b.      Guru membacakan naskah yang telah dipersiapkan.
c.       Guru melakukan audisi sederhana untuk mencari pemeran drama atau dapat juga dilakukan dengan menawarkan peran pada siswa yang bersedia.
d.      Siswa bermain peran bergantian.
e.       Siswa belajar berimprovisasi dalam berperan dan berdialog sesuai dengan naskah drama yang telah dibacakan sebelumnya.
f.       Siswa lain memberikan apresiasi kepada setiap siswa yang selesai bermain peran.
g.      Sebagai penutup guru menyampaikan manfaat bermain peran yaitu melatih kita untuk melakukan hal-hal baik yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari
Permainan Mencari Nama Teman
a.         Guru menanyakan kepada siswa apakah siswa sudah hafal semua nama temannya?
b.         Guru menyampaikan supaya tidak ada kekeliruan, maka guru akan membacakan kembali nama-nama siswa.
c.         Guru membacakan nama-nama siswa satu per satu dan siswa yang dipanggil namanya berdiri sejenak, kemudian duduk kembali.
d.        Guru menanyakan apakah siswa tahu lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu” kemudian mengajak siswa menyanyikannya.
e.         Kemudian, guru mengganti lirik lagu tersebut dengan nama-nama siswa di kelas.

Contoh:
Satu satu aku kenal Udin
Dua dua juga kenal Siti
Tiga tiga kenal Dayu Lani
Satu dua tiga, kenal semuanya

f.          Beberapa siswa ditunjuk untuk mempraktikkannya.
g.         Selesai bernyanyi, guru mengajak siswa bermain mencari nama teman.
h.         Guru mempersiapkan potongan-potongan kartu bertuliskan nama siswa dan menyebarnya di lantai kelas.
i.           Siswa bermain menemukan nama teman dipandu oleh guru.
j.           Siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan berdiri membentuk barisan yang rapi sesuai dengan tinggi badan (jika kondisi kelas kurang luas, maka guru dapat mengajak siswa bermain di luar kelas).
k.         Siswa di barisan pertama diminta untuk menemukan potongan kartu bertuliskan nama teman yang berbaris dalam kelompoknya.
l.           Setiap siswa harus mengambil satu kartu nama teman di kelompoknya dalam waktu 1 menit.
m.       Jika berhasil menemukan kartu nama temannya, lalu kartu tersebut diserahkan kepada pemilik nama.
n.         Siswa yang sudah menerima kartu nama, melakukan hal yang sama.
o.         Demikian seterusnya sampai semua anggota kelompok memegang kartu nama.
p.         Kelompok yang paling cepat mengumpulkan kartu nama akan menjadi pemenangnya.
q.         Siswa tetap berkumpul dengan kelompoknya dan diminta menghitung jumlah siswa yang memiliki nama dengan huruf awal sama. Misalnya menghitung jumlah nama yang diawali huruf A, huruf B, huruf C, dan seterusnya.
r.          Siswa berlatih soal penjumlahan yang terdapat di buku siswa.
3.      Penutup
a.       Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
b.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
c.       Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
d.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
e.       Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
f.       Salam dan do’a penutup.
g.      Kegiatan bersama orang tua:
• Siswa dengan bantuan orang tua menuliskan nama anggota keluarga dan membacanya dengan lantang saat acara berkumpul bersama keluarga. Misalkan sebelum makan malam bersama atau saat menonton TV bersama (atau membaca buku cerita bersama keluarga).
Remedial:
      Semua siswa peserta remedial dikumpulkan berdasarkan materi yang akan diremedialkan.
      Untuk remedial, penjumlahan dan pengurangan siswa diberi soal latihan dan diberi penjelasan terlebih dahulu.
      Untuk remedial, latihan membaca siswa dibantu berlatih membaca menggunakan kartu suku kata.

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 hal.93-97 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 hal. 100-102 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Gambar  tentang  Aku Istimewa
·         Skenario drama anak berdurasi lima menit yang dibuat oleh guru

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Isian singkat.




Kaliwungu
Guru kelas 1



Tri Abiyanto






KISI-KISI

Kompetensi Dasar
Indikator
Jenis tes
Ranah
Bentuk
No Soal
Bahasa Indonesia
3.3. Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih saying dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.3. Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih saying secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang        berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
·          
Bahasa Indonesia
·      Mengucapkan terima kasih kepada orang lain
·      Mengucapkan terimakasih kepada teman
·      Menyebutkan nama teman

Matematika
INDIKATOR
·      Melakukan operasi penjumlahan yang jumlahnya sampai 10










Naskah Drama (buatan guru)
Tema drama tentang mengucapkan terima kasih.
• Seorang anak yang meminjam buku kemudian mengembalikannya.
• Anak yang menolong temannya yang jatuh.


















































Penilaian: Rubrik Bermain Peran
No.

Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Volume Suara
Terdengar sampai
seluruh ruang kelas

Terdengar sampai
setengah ruang
kelas

Terdengar hanya
bagian depan ruang
kelas
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
2
Kepercayaan diri pada
saat tampil

Tidak terlihat raguragu

Terlihat ragu-ragu
Memerlukan
bantuan guru
Belum menunjukkan
kepercayaan diri

Daftar Nilai
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Nilai
Ket
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15








































Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Permainan Kartu Nama

No.

Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Keberhasilan
menemukan kartu
nama teman

Seluruh anggota
kelompok
berhasil
menemukan
kartu nama
teman

Setengah atau
lebih anggota
kelompok
berhasil
menemukan
kartu nama
teman

Kurang dari
setengah
anggota
kelompok
berhasil
menemukan
kartu nama
teman
Seluruh anggota
kelompok
belum berhasil
menemukan
kartu nama
2
Kerjasama
kelompok

Seluruh anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif dan saling
menyemangati

Setengah atau
lebih anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif

Kurang dari
setengah
anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif

Seluruh anggota
kelompok terlihat
pasif


Daftar Nilai
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Nilai
Ket
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15


















Penilaian: Tes Tertulis
Buku siswa halaman 102

Kegiatan bersama Orang tua
Siswa dengan bantuan orang tua menuliskan nama panggilan anggota keluarga dan membacanya dengan lantang saat acara berkumpul bersama keluarga. Misalnya sebelum makan malam bersama atau saat menonton TV bersama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar