Selasa, 04 November 2014

RPP Kl 5 t3-2-5

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
                        Sub Tema               :  Manfaat Hidup Rukun (ST2)
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

SBdP
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
• Memahani harmoni musik.
4.8 Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu.
• Menunjukkan cara bermain alat musik melodis dan alat musik ritmis.

PJOK
3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
• Menjelaskan cara bernapas renang gaya dada.
• Memaparkan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan pernapasan renang gaya dada.
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
• Melakukan cara bernapas renang gaya dada.
• Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk perdagangan multilateral.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membuat contoh surat perdagangan (surat penawaran).

IPA
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik.
4.3 Merancang dan membuat rangkaian seri dan paralel menggunakan sumber arus searah.
• Membuat rangkaian paralel sumber arus searah.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan dan gambar, siswa dapat menjelaskan cara bernapas renang gaya dada dengan cermat.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan dan gambar, siswa dapat memaparkan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan pernapasan renang gaya dada dengan teliti.
                        Dengan praktik, siswa dapat melakukan cara bernapas renang gaya dada dengan percaya diri.
                        Dengan praktik, siswa dapat melakukan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya dengan percaya diri.
                        Dengan mengamati, siswa dapat melakukan gerak dasar renang gaya dada dengan percaya diri.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menyebutkan alat-alat yang menggunakan sumber listrik dengan cermat.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menjelaskan perubahan energi yang terjadi pada peralatan listrik dengan cermat.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat memaparkan bentuk kerja sama antarbangsa dengan teliti.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk perdagangan multilateral dengan cermat.
                        Dengan mengamati rangkaian listrik, siswa dapat membuat beberapa rangkaian listrik dengan teliti.
                        Dengan praktik, siswa dapat membuat surat penawaran dengan cermat.
                        Dengan mengamati permainan alat musik, siswa dapat membedakan alat musik ritmis dan melodis dengan teliti.
                        Dengan praktik, siswa dapat memainkan beberapa alat musik dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
                        Cara bernapas renang gaya dada
                        Koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan pernapasan renang gaya dada
                        Melakukan cara bernapas renang gaya dada
                        Alat-alat yang menggunakan sumber listrik
                        Perubahan energi yang terjadi pada peralatan listrik
                        Bentuk kerja sama antarbangsa
                        Rangkaian listrik
                        Surat penawaran
                        Alat musik ritmis dan melodis

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang bentuk kerja sama antarbangsa, teks bacaan tentang surat penawaran, teks bacaan tentang rangkaian aliran listrik
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Siswa mengamati teks bacaan pada buku siswa.
                        Siswa membaca teks bacaan pada buku siswa.
                        Siswa memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang dilakukan pada gambar.
                        Siswa menjawab pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa, seperti: Alat-alat apa yang terdapat pada gambar? Apa persamaan alat-alat tersebut?
                        Siswa mendiskusikan peralatan yang menggunakan energi listrik.
                        Siswa menjelaskan kegunaan peralatan tersebut pada aktivitas sehari-hari.
                        Siswa mengamati gambar yang terdapat pada teks bacaan dan mencermati peratan listrik yang ada.
                        Siswa mengisi tabel pada buku siswa dengan menulis nama peralatan listrik dan kegunaannya.
                        Masih berkesinambungan dengan pembelajaran sebelumnya, siswa mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
                        Siswa menjelaskan tentang gambar tersebut.
                        Guru memberi penjelasan kembali tentang energi listrik dan perubahan-perubahan energi yang terjadi untuk menambah pemahaman siswa.
                        Siswa bertanya jawab untuk lebih memahami perubahan energi yang terjadipada setiap peralatan listrik.
                        Masih berkesinambungan dengan pembelajaran sebelumnya, siswa mengamati peralatan listrik.
                        Siswa menggali informasi tentang peralatan listrik dan perubahan energi yang terjadi.
                        Siswa diminta untuk menulis pertanyaan yang terkait dengan topik yang sedang dibahas.
                        Siswa dibimbing agar menggunakan kalimat tanya yang tepat.
                        Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan satu per satu.
                        Setiap siswa diberi kesempatan untuk bertanya.
                        Siswa dibimbing dalam membuat pertanyaan .
                        Guru memastikan siswa mengajukan pertanyaan menggunakan kalimat tanya yang benar.
                        Guru membimbing siswa yang belum dapat membuat pertanyaan .
                        Siswa diminta mengisi tabel pada lembar tugas dengan menulis peralatan listrik yang diketahui dan perubahan energi yang terjadi.
                        Siswa mengulang pembelajaran tentang bentuk-bentuk surat perdagangan.
                        Siwa menjawab pertanyaan untuk menstmulasi pengetahuan siswa, seperti: Apa yang dimaksud dengan surat penawaran? Apa unsur-unsur dalam surat penawaran?
                        Siswa membuat surat penawaran berdasarkan petunjuk pada buku siswa.
                        Secara bergantian, seluruh siswa mempresen-tasikan hasil karyanya berupa surat penawaran. Siswa lainmemberi masukan dan tanggapan atas hasil kerja tersebut.
                        Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang rangkaian listrik.
                        Untuk mengetahui kompetensi siswa, siswa menjawab pertanyaan arahan, seperti: Apa jenis rangkaian listrik yang kamu ketahui? Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan parallel?
                        Siswa mengamati guru memeragakan sebuah percobaan, yaitu rangkaian listrik sederhana menggunakan baterai dan lampu pijar.
                        Siswa mengamati peragaan yang sedang dilakukan
                        Siswa mengemukakan pendapatnya tentang percobaan tersebut.
                        Siswa melakukan percobaan dengan bahan-bahan yang telah disiapkan.
                        Siswa mengikut petunjuk guru dalam melakukan percobaan.
                        Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang siswa.
                        Siswa mencatat hasil percobaannya.
                        Siswa pro-aktif dalam melakukan percobaan.
                        Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
                        Siswa menjawab memberikan pertanyaan arahan seperti: Apa bentuk hubungan kerja sama antarnegara yang kamu ketahui? Apakah kepanjangan ASEAN?
                        Siswa mengamati lembar tugas yang akan dikerjakan.
                        Siswa melengkapi kepanjangan dari lembaga kerja sama internasional .
                        Siswa menggali informasi tentang lembaga kerja sama antarnegara tersebut.
                        Siswa mencari informasi di majalah, Koran , atau internet.
                        Siswa mencari informasi melalui orang tua atau guru.
                        Siswa menulis informasi menggunakan kalimat yang benar.
                        Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa.
                        Siswa melakukan kegiatan variasi pemanasan.
                        Siswa mengulang kembali pembelajaran sebelumnya tentang gerakan dasar olahraga renang gaya dada.
                        Siswa mengamati gambar gerakan dasar renang gaya dada yang ada di buku siswa
                        Guru dapat membawa video tentang gerakan dasar renang gaya dada sebagai bahan pelajaran.
                        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang cara gerakan dasar pada renang gaya dada.
                        Siswa memperhatikan guru memeragakan gerakan gerakan dasar pada renang gaya dada.
                        Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang musik ritmis dan alat musik melodis.
                        Untuk mengetahui kompetensi siswa, siswa menjawab pertanyaan seperti: Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis? Apa sajakah contoh alat musik melodis?
                        Guru membawa beberapa alat musik seperti gitar, kendang, seruling, sebagai bahan pembelajaran.
                        Siswa memperhatikan guru memainkan alat-alat musik tersebut.
                        Siswa mendengarkan dan mengamati cara alat musik tersebut dimainkan.
                        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang alat musik tersebut.
                        Siswa menjelaskan perbedaan alat musik ritmis dan alat musik melodis.
                        Siswa menuliskan pemahamannya tentang cara memainkan alat musik ritmis dan melodis di lembar tugas.
                        Siswa memainkan alat musik yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.
                        Siswa mempresentasikan hasil “Rangkaian Listrik Paralel” secara mandiri dan percaya diri.
                        Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya.
                        REMEDIAL
                        Latihan 1 Sebutkan peralatan listrik yang kalian ketahui!
                        Latihan 2 Kipas angin adalah contoh peralatan listrik. Kipas angin bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi ….
                        a. Energi panas b. Energi suara c. Energi gerak d. Energi cahaya
                        Latihan 3 Sebutkan manfaat peralatn listrik kipas angin!
                        Latihan 4 Sebutkan contoh kerja sama internasional!
                        Latihan 5 Bagaimana cara memainkan alat musik gitar?
                        PENGAYAAN
                        Latihan 1 Sebutkan sumber-sumber energi yang kamu ketahui selain energi listrik!
                        Latihan 2 Apakah tujuan surat penawaran dibuat?
                        Latihan 3 Pada percobaan rangkaian listrik paralel, rangkaian manakah yang menghasilkan lampu paling terang?
Latihan 4 Apakah kepanjangan FAO?
Latihan 5 Bagaiman cara bernapas yang benar pada olahraga renang?
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar