Rabu, 12 November 2014

RPP Kl 1 4-2-1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      : 
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                          Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                    Kegiatan Keluargaku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Matematika
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya.
·            Menyatakan bilangan 11 sampai 20 dengan menggunakan benda yang di sekitar.
·            Menyelesaikan soal cerita tentang penjumlahan.

Bahasa Indonesia
    
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·            Mengidentifikasi kegiatan keluarga dari teks yang dibaca.
·            Membaca teks deskriptif tentang keluarga.
·            Menuliskan cerita tentang kegiatan keluarga.
·            Menceritakan kegiatan bersama keluarga.

PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.


·            Menyebutkan contoh peraturan saat makan bersama keluarga
·            Membuat poster berisi peraturan makan bersama keluarga.
·            Mendemonstrasikan salah satu aturan makan bersama yang ada di keluarga masing masing.

B.     TUJUAN

  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan keluarga.
  2. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan tiga contoh kegiatan keluarga dengan benar.
  3. Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat membaca dengan lancar.
  4. Dengan mendengarkan cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menceritakan kegiatan pagi bersama keluarga dengan menggunakan bahasa yang santun.
  5. Dengan mengamati teks bacaan dan bimbingan guru, siswa dapat menuliskan kegiatan pagi bersama keluarga dengan menggunakan bahasa yang santun.
  6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyatakan bilangan 11 sampai 20 menggunakan benda di sekitar dengan benar.
  7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita tentang penjumlahan dengan benar.
  8. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan minimal dua contoh peraturan saat makan bersama keluarga dengan benar.
  9. Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat membuat poster berisi aturan makan bersama keluarga
  10. Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat mendemonstrasikan contoh sikap taat terhadap peraturan di rumah dengan benar.
C.    MATERI
1.      Cerita dan Diskusi Kebiasaan Makan bersama Keluarga.
2.      Mengenal Tata Tertib saat Makan bersama Keluarga.
3.      Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan.

D.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan ................................ Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika ............................ dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti

1.          Siswa membaca teks yang ada di buku secara bergiliran dan siswa lain mendengarkan.
2.          Setelah selesai, siswa diminta mengajukan pertanyaan mengenai isi bacaan.

3.          Siswa mendengarkan penjelasan mengenai berbagai kegiatan yang dilakukan di dalam keluarga, misalnya makan bersama, ibu memasak, dan ayah membantu menyiapkan.
4.          Siswa diminta untuk membuat cerita tentang kegiatan makan pagi bersama keluarga pada tempat yang disediakan.
5.          Siswa diminta menceritakan kebiasaan makan pagi bersama keluarga dan perasaannya.
6.          Jika tidak terbiasa makan pagi bersama, maka siswa menceritakan kegiatan pada pagi hari.
7.          Siswa memperhatikan penjelasan mengenai kerja sama saat menyiapkan makan pagi. Siswa bisa membantu ibu untuk mempersiapkan dan merapikannya.
8.          Siswa memperhatikan aturan yang ada dalam kegiatan makan bersama keluarga.
9.          Siswa secara berkelompok diminta untuk berdiskusi mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat makan bersama keluarga.
10.      Siswa menyusun hal-hal tersebut menjadi sebuah peraturan.
11.      Tuliskan peraturan tersebut pada karton yang sudah disediakan.
12.      Warnai dengan pensil warna atau alat mewarnai lainnya sehingga membentuk sebuah poster.
13.      Gunakan potongan gambar pada majalah atau koran bekas untuk menghiasnya.
14.      Perwakilan siswa diminta memperagakan contoh sikap patuh pada aturan makan bersama keluarga.
15.      Tempelkan poster aturan tersebut pada papan pajangan di kelas.
16.      Ingatkan siswa mengenai pentingnya menaati peraturan.
17.      Ingatkan siswa juga mengenai pentingnya arti kebersamaan dalam keluarga dan mensyukuri atas karunia Tuhan yang telah memberi keluarga.
18.      Guru menyampaikan kegiatan yang dilakukan saat menyiapkan makan bersama keluarga.
19.      Salah satu jenis masakan yang biasa disiapkan adalah sayur sup.

20.      Siswa mengamati menu masakan sayur sup.
21.      Siswa memperhatikan bahan yang diperlukan untuk membuat sayur sup.


22.      Siswa dibacakan soal cerita tentang penjumlahan dengan objek bahan masakan sup. Siswa menjawab pertanyaan dan guru menuliskan notasi penjumlahan pada papan tulis.
23.      Siswa dibimbing menyelesaikan soal latihan matematika.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama Orang tua:
Orang tua mengenalkan bahan-bahan dan jumlah yang digunakan untuk memasak pada hari ini. Siswa diberi latihan untuk menyelesaikan soal cerita penjumlahan sederhana.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang Kegiatan Keluargaku.
·         Poster kegiatan makan.
·         Karton.
·         Alat mewarnai.
·         Lem.
·         Gunting.
·         Majalah atau karton bekas.
I.       PENILAIAN
           Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).










Lampiran Penilaian

Rubrik dan format penilaian lihat di buku guru/ dicoopi




Lampiran
PERENUNGAN

 
1.      Mengingat
-          Apa yang kamu lakukan?
2.      Memahami
-          Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-          Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?
3.      Menerapkan
-          Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-          Dimana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?
4.      Menganalisis
-          Apakah kamu melihat pola dan  hubungan dari apa yang kamu lakukan?
5.      Mengevaluasi
-          Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-          Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-          Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?
6.      Menciptakan
-          Apa yang kamu lakukan selanjutnya?
-          Apa rencana kamu?
-          Apa desain yang kamu buat?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar