RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku
(Tema 4)
Sub Tema : Kegiatan
Keluargaku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Matematika
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan
aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya.
·
Menyatakan bilangan 11 sampai 20 dengan menggunakan benda yang di sekitar.
·
Menyelesaikan soal cerita tentang penjumlahan.
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·
Mengidentifikasi kegiatan keluarga dari teks yang dibaca.
·
Membaca teks deskriptif tentang keluarga.
·
Menuliskan cerita tentang kegiatan keluarga.
·
Menceritakan kegiatan bersama keluarga.
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
·
Menyebutkan contoh peraturan saat makan bersama keluarga
·
Membuat poster berisi peraturan makan bersama keluarga.
·
Mendemonstrasikan salah satu aturan makan bersama yang ada di keluarga
masing masing.
B. TUJUAN
- Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi
kegiatan keluarga.
- Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan tiga
contoh kegiatan keluarga dengan benar.
- Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat
membaca dengan lancar.
- Dengan mendengarkan cerita yang dibacakan guru,
siswa dapat menceritakan kegiatan pagi bersama keluarga dengan
menggunakan bahasa yang santun.
- Dengan mengamati teks bacaan dan bimbingan guru,
siswa dapat menuliskan kegiatan pagi bersama keluarga dengan menggunakan
bahasa yang santun.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyatakan
bilangan 11 sampai 20 menggunakan benda di sekitar dengan benar.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan
soal cerita tentang penjumlahan dengan benar.
- Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan
minimal dua contoh peraturan saat makan bersama keluarga dengan benar.
- Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat membuat
poster berisi aturan makan bersama keluarga
- Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat
mendemonstrasikan contoh sikap taat terhadap peraturan di rumah dengan
benar.
C. MATERI
1.
Cerita dan Diskusi Kebiasaan Makan bersama Keluarga.
2.
Mengenal Tata Tertib saat Makan bersama Keluarga.
3.
Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan.
D.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan ................................ Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika ............................ dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa membaca teks yang
ada di buku secara bergiliran dan siswa lain mendengarkan.
2.
Setelah selesai, siswa
diminta mengajukan pertanyaan mengenai isi bacaan.
3.
Siswa mendengarkan penjelasan
mengenai berbagai kegiatan yang dilakukan di dalam keluarga, misalnya makan
bersama, ibu memasak, dan ayah membantu menyiapkan.
4.
Siswa diminta untuk membuat cerita
tentang kegiatan makan pagi bersama keluarga pada tempat yang disediakan.
5.
Siswa diminta menceritakan kebiasaan
makan pagi bersama keluarga dan perasaannya.
6.
Jika tidak terbiasa makan pagi
bersama, maka siswa menceritakan kegiatan pada pagi hari.
7.
Siswa memperhatikan penjelasan
mengenai kerja sama saat menyiapkan makan pagi. Siswa bisa membantu ibu untuk
mempersiapkan dan merapikannya.
8.
Siswa memperhatikan aturan yang ada
dalam kegiatan makan bersama keluarga.
9.
Siswa secara berkelompok diminta
untuk berdiskusi mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat makan
bersama keluarga.
10. Siswa menyusun hal-hal tersebut menjadi sebuah peraturan.
11. Tuliskan peraturan tersebut pada karton yang sudah
disediakan.
12. Warnai dengan pensil warna atau alat mewarnai lainnya
sehingga membentuk sebuah poster.
13. Gunakan potongan gambar pada majalah atau koran bekas untuk
menghiasnya.
14. Perwakilan siswa diminta memperagakan contoh sikap patuh
pada aturan makan bersama keluarga.
15. Tempelkan poster aturan tersebut pada papan pajangan di
kelas.
16. Ingatkan siswa mengenai pentingnya menaati peraturan.
17. Ingatkan siswa juga mengenai pentingnya arti kebersamaan
dalam keluarga dan mensyukuri atas karunia Tuhan yang telah memberi keluarga.
18. Guru menyampaikan kegiatan yang dilakukan saat menyiapkan
makan bersama keluarga.
19.
Salah satu jenis masakan yang biasa
disiapkan adalah sayur sup.
20. Siswa mengamati menu masakan sayur sup.
21.
Siswa memperhatikan bahan yang
diperlukan untuk membuat sayur sup.
22.
Siswa dibacakan soal cerita tentang penjumlahan dengan objek bahan
masakan sup. Siswa menjawab pertanyaan dan guru menuliskan notasi penjumlahan
pada papan tulis.
23.
Siswa dibimbing menyelesaikan soal latihan matematika.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran
hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang
mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka. Siswa
diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan
do’a penutup.
Kegiatan bersama Orang tua:
Orang tua mengenalkan bahan-bahan dan jumlah yang
digunakan untuk memasak pada hari ini. Siswa diberi latihan untuk menyelesaikan soal cerita
penjumlahan sederhana.
|
15
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan
Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru
Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Cetakan Ke-2,
2014 (Edisi Revisi)).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Kegiatan Keluargaku.
·
Poster kegiatan makan.
·
Karton.
·
Alat mewarnai.
·
Lem.
·
Gunting.
·
Majalah atau karton bekas.
I. PENILAIAN
Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
Lampiran
Penilaian
Rubrik dan format penilaian lihat di buku guru/ dicoopi
Lampiran
PERENUNGAN
1.
Mengingat
-
Apa
yang kamu lakukan?
2.
Memahami
-
Apa
yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-
Apakah
tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?
3.
Menerapkan
-
Kapan
kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-
Dimana
kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?
4.
Menganalisis
-
Apakah
kamu melihat pola dan hubungan dari apa
yang kamu lakukan?
5.
Mengevaluasi
-
Seberapa
baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-
Apakah
kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-
Apa
yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?
6.
Menciptakan
-
Apa
yang kamu lakukan selanjutnya?
-
Apa
rencana kamu?
-
Apa
desain yang kamu buat?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar