Senin, 10 November 2014

Promes kelas 5 K 13

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

 

 

Tema 2           : Peristiwa dalam Kehidupan

Subtema 1      : Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan


Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Alokasi Waktu
Juli
Agust
Sept
Okt
Nop
Des
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
3
4
5

3.2.    
      Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
4.3
      Membantu masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi
3.1
      Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.2.    
      Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
4.2.    
      Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media
3.4
      Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4
      Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.

3.2
      Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.2
      Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

3.3
      Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola

3.1
      Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

4.1
      Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

3.1
      Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
4.1
      Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar

3.6
      Mendeskripsikan siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup


§  Hak, kewajiban dan tanggungjawab
§  Kepedulian
§  Pangkat dan akar
§  Aktifitas, perubahan dan keberlanjutan
§  Pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor
§  Teks penjelasan
§  Prosedur pemecahan masalah




































































32JP


































Tema 2           : Peristiwa dalam Kehidupan

Subtema 2      : Peristiwa-peristiwa Penting

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Alokasi Waktu
Juli
Agust
Sept
Okt
Nop
Des
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
3
4
5

3.3.   
     Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat
4.2
     Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
3.6
    Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)


4.2
     Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dan satu atau dua angka
3.3
     Mengidentifi-kasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar


4.7
Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi
3.1    
     Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.1    
     Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi
3.3    
     Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
4.10 
     Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti
3.5    
     Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5    
     Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.4
     Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.4
     Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.3
     Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi,dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan


4.9
    Menemukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi

4.6b
     Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi

3.8
     Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air



4.2
     Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional bola kecil

4.8
     Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air



§  keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi
§  kewajiban dan aturan
§  satuan kuantitas: rim, lusin, kodi
§  persamaan/kalimat penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian
§  keseimbangan, perubahan dan gangguan keseimbangan alam
§  prinsip berkarya seni rupa, gambar komik
§  properti dalam tari
§  latihan daya tahan jantung dan paru untuk kebugaran jasmani
§  teks pantun dan syair
§  gaya renang dalam aktivitas air
§  pola gerak dasar permainan bola besar/kecil



































































32JP




































Tema 2           : Peristiwa dalam Kehidupan

Subtema 3      : Manusia dan Peristiwa Alam

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Alokasi Waktu
Juli
Agust
Sept
Okt
Nop
Des
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
3
4
5

3.3    
     Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.3    
     Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.8
    Memahami arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data

4.9
     Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifi-kasi jenis sudutnya

3.2.   
     Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsi-kan fungsinya

4.15  
     Merawat hewan peliharaan

4.2
     Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia

3.2    
     Mengenal harmoni musik dan lagu daerah

3.4    
     Memahami prosedur dan langkah kerja dalam   berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah

4.6  
     Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara

3.6    
     Memahami konsep kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat.

4.6    
     Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat.
4.3
     Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi

3.1
     Memahami manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi

4.9

     Menceritakan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi


3.8

     Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik


§  teks paparan
§  rata-rata, median dan modus data
§  Pengukuran sudut
§  tumbuhan dan hewan peliharaan
§  harmoni musik, berkarya kreatif dan lagu daerah
§  pola gerak dominan statis dan dinamis
§   kesetaraan dalam kalimat matematika
§  kebersihan alat reproduksi

§  gaya renang












































































•   Hak kewajiban dan tanggung-jawab sebagai warga dalam kehidu-pan sehari-hari




•     Keanaekaragaman sosial, budaya dan penting-nya kebersa-maan
32JP









































Tidak ada komentar:

Posting Komentar