PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Tema 2 : Peristiwa
dalam Kehidupan
Subtema 1 : Macam-macam
Peristiwa dalam Kehidupan
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agust
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
3.2.
Memahami
hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, dan sekolah
4.3
Membantu
masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah,
dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi
3.1
Mengenal
konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan
pangkat tiga sederhana
3.2.
Mengenal
perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan
serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
4.2.
Menceritakan hasil pengamatan
mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan
serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
berbagai jenis media
3.4
Memahami
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.2
Menguraikan
isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2
Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.3
Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol,
informasi yang relevan, dan mengamati pola
3.1
Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,konektivitas antar
ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1
Menyajikan hasil pengamatan mengenai
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar
ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
3.1
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola
gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
4.1
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
3.6
Mendeskripsikan
siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk
hidup
|
§ Hak, kewajiban dan tanggungjawab
§ Kepedulian
§ Pangkat dan akar
§ Aktifitas, perubahan dan keberlanjutan
§ Pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor
§ Teks penjelasan
§ Prosedur pemecahan masalah
|
32JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tema 2 :
Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema 2 : Peristiwa-peristiwa
Penting
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agust
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
3.3.
Memahami
keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat
4.2
Melaksanakan
kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
3.6
Menentukan
hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin,
kodi)
4.2
Menentukan
bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan,
pengurangan, perkalian, atau pembagian dan satu atau dua angka
3.3
Mengidentifi-kasi
perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya
alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7
Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat
terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa
yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi
3.1
Mengenal
prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.1
Menggambar
ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi
3.3
Memahami
fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
4.10
Merangkaikan
gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan
properti
3.5
Memahami
konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)untuk
pengembangan kebugaran jasmani
4.5
Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk
pengembangan kebugaran jasmani.
3.4
Menggali
informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan
berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4
Melantunkan
dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa
dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3
Menggambar komik dengan menerapkan proporsi,
komposisi,dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan
4.9
Menemukan gerak
tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
4.6b
Menyajikan
hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam
akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika
permasalahan tersebut tidak diatasi
3.8
Memahami
konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air
4.2
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.8
Mempraktikkan
salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air
|
§ keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi
§ kewajiban dan aturan
§ satuan kuantitas:
rim, lusin, kodi
§ persamaan/kalimat penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian
§ keseimbangan, perubahan dan gangguan keseimbangan alam
§ prinsip berkarya
seni rupa,
gambar komik
§ properti dalam tari
§ latihan daya tahan jantung dan paru untuk kebugaran jasmani
§ teks pantun dan syair
§ gaya renang dalam aktivitas
air
§ pola gerak dasar permainan bola besar/kecil
|
32JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tema 2 : Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema 3 : Manusia dan
Peristiwa Alam
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agust
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
3.3
Menguraikan
isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3
Menyajikan teks paparan iklan
tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
3.8
Memahami arti
rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
4.9
Mengukur
besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifi-kasi jenis sudutnya
3.2.
Mengenal
bagian tumbuhan serta mendeskripsi-kan fungsinya
4.15
Merawat
hewan peliharaan
4.2
Menuliskan
ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
3.2
Mengenal
harmoni musik dan lagu daerah
3.4
Memahami
prosedur dan langkah kerja dalam
berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
4.6
Memainkan
alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua
suara
3.6
Memahami
konsep kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat,
menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik
dasar senam menggunakan alat.
4.6
Mempraktikkan kombinasi pola
gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti,
mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat.
4.3
Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian
atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
3.1
Memahami manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
4.9
Menceritakan cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi
3.8
Memahami konsep salah satu gaya renang dengan
koordinasi yang baik
|
§ teks paparan
§ rata-rata, median dan modus data
§ Pengukuran sudut
§ tumbuhan dan
hewan peliharaan
§ harmoni musik,
berkarya kreatif dan lagu daerah
§ pola gerak dominan statis dan dinamis
§ kesetaraan
dalam kalimat matematika
§ kebersihan alat reproduksi
§ gaya renang
• Hak kewajiban
dan tanggung-jawab sebagai warga dalam kehidu-pan sehari-hari
• Keanaekaragaman
sosial, budaya dan penting-nya kebersa-maan
|
32JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar