Selasa, 04 November 2014

rpp kl5 t3-2-2

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
                        Sub Tema               :  Manfaat Hidup Rukun (ST2)
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PJOK
3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Ø    Menjelaskan gerak kaki renang gaya dada.
Ø    Menjelaskan gerak ayunan/ tarikan lengan renang gaya dada.
Ø    Memaparkan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada.
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
Ø    Melakukan gerak kaki renang gaya dada.
Ø    Memperagakan gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya dada.
Ø    Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada.

SBdP
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
• Memahani harmoni musik.
4.8 Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu.
• Menjelaskan alat musik melodis dan alat musik ritmis.

IPA
3.4. Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik.
4.3 Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah.
• Membuat rangkaian seri sumber arus searah.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk perdagangan bilateral.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengamati contoh surat perdagangan (surat penawaran).

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari gambar dan teks bacaan, siswa dapat menjelaskan gerak kaki renang gaya dada dengan cermat.
                        Dengan menggali informasi dari gambar dan teks bacaan, siswa dapat menjelaskan gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya dada dengan teliti.
                        Dengan menggali informasi dari gambar dan teks bacaan, siswa dapat memaparkan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada.
                        Dengan praktik, siswa dapat melakukan gerak kaki renang gaya dada dengan percaya diri.
                        Dengan praktik, siswa dapat memperagakan gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya dada dengan cermat.
                        Dengan praktik, siswa dapat melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada dengan percaya diri.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk perdagangan bilateral dengan teliti.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menjelaskan unsur-unsur surat penawaran dengan cermat.
                        Dengan mengamati, siswa dapat menjelaskan isi surat penawaran dengan teliti.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menyebutkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator dengan teliti.
                        Dengan praktik, siswa dapat membuat rangkaian seri sumber arus searah dengan cermat.
                        Dengan mengamati permainan alat musik, siswa dapat menjelaskan perbedaan alat musik ritmis dan melodis dengan percaya diri.
                        Dengan mengamati permainan alat musik, siswa dapat menjelaskan harmoni dalam bermain musik dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
                        Gerak kaki renang gaya dada, gerak ayunan/tarikan lengan, koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada.
                        Bentuk-bentuk perdagangan bilateral
                        Unsur-unsur surat penawaran.
                        Unsur-unsur surat penawaran.
                        Benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator
                        Rangkaian seri sumber arus searah
                        Perbedaan alat musik ritmis dan melodis

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku,teks bacaan tentang bentuk perdagangan internasional, teks bacaan tentang surat penawaran, gerakkan dasar renang gaya dada
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
                        Siswa menjelaskan kegiatan yang terdapat pada gambar yang sedang diamati.
                        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pancingan untuk menstimulus pengetahuan siswa. Pertanyaan-pertanyan tersebut misalnya: Apakah kamu suka melakukan olahraga air? Olahraga air apa yang kamu ketahui?
                        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang gambar yang diamati.
                        Siswa bertanya jawab mengenai gambar yang diamati.
                        Siswa melakukan kegiatan variasi pemanasan.
                        Siswa mengamati gambar gerakan dasar renang gaya dada yang ada di buku siswa.
Kegiatan alternatif:
• Siswa memperhatikan guru mempraktikkan renang gaya dada.
• Siswa menonton video tentang gerakan dasar renang gaya dada.
                        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang gerakan dasar renang gaya dada.
                        Siswa mempraktikkan gerakan-gerakan dasar renang gaya dada.
Siswa bertanya jawab mengenai bentuk-bentuk surat perdagangan, yaitu surat permintaan, surat penawaran, dan surat perjanjian.
                        Siswa menjawab pertanyaan untuk menst mulasi pengetahuan, misalnya : Apa yang dimaksud dengan surat perdagangan? Apa unsur-unsur surat permintaan?
                        Siswa mengamati contoh surat penawaran yang ada di buku siswa.
                        Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan.
                        Siswa bertanya jawab mengulang kembali pembelajaran di subtema 1 tentang bentuk-bentuk organisasi perdagangan.
                        Siswa menjawab pertanyaan arahan, misalnya: Mengapa negara kita perlu melakukan kegiatan perdagangan?
                        Siswa mencari informasi mengenai bentuk-bentuk perdagangan bilateral antarnegara seperti tertulis pada buku siswa.
                        Siswa dapat mencari informasi itu dari buku, surat kabar, majalah, atau internet. Siswa juga dapat bertanya kepada orang-orang di sekitar yang dianggap mengetahui.
                        Siswa menuliskan informasi yang diperoleh pada buku siswa. Selanjutnya, siswa dapat mendiskusikan informasi itu untuk mengecek kebenaran atau untuk saling melengkapi informasi yang diperoleh.
                        Siswa membaca teks bacaan pada buku siswa.
                        Siswa mencari kosakata baru dan menggaris bawahi kosakata tidak baku pada teks bacaan.
                        Siswa menjawab pertanyaan arahan, misalnya: Apa sifat-sifat listrik? Apa perbedaan konduktor dan isolator?
                        Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai tisi teks bacaan.
                        Siswa menandai kosakata baru pada bacaan.
                        Siswa mencari arti kosakata baru dari kamus atau bertanya kepada guru.
                        Siswa melengkapi tabel pada buku siswa mengenai kosakata baru dan artinya.
Siswa menjawab pertanyan-pertanyaan untuk mengetahui tingkat kompetensi siswa, misalnya: Apakah kayu bisa mengalirkan listrik? Apa sebutan benda yang tidak dapat mengalirkan listrik?
                        Siswa dibagi ke dalam kelompok terdiri atas 3-4 siswa.
                        Siswa mencoba membuat rangkaian listrik sederhana seperti gambar dalam bacaan.
                        Siswa melakukan percobaan dengan mengganti klip kertas dengan benda-benda seperti dalam tabel pada buku siswa secara bergantian.
                        Siswa mengamati hasil percobaan dengan saksama.
                        Siswa mengemukakan pendapatnya tentang percobaan yang dilakukan.
                        Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam tabel pada buku siswa.
                        Siswa mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang bersifat konduktor atau isolator.
                        Siswa mencari informasi untuk mengingat kembali pengertian harmoni musik. Siswa dapat mencari dari berbagai sumber atau bertanya kepada orang di sekitar yang dianggap mengetahui.
                        Siswa menuliskan informasi yang diperoleh pada lembar tugas di buku siswa.
                        Siswa mengamati gambar-gambar alat musik ritmis dan alat musik melodis.
                        Siswa menjelaskan perbedaan kedua jenis alat musik tersebut.
                        Siswa mendengarkan dan mengamati saat guru memainkan alat musik tersebut.
                        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang etiap jenis alat musik yang dimainkan.
                        Dari hasil pengamatan, siswa menjelaskan perbedaan alat musik ritmis dan alat musik melodis.
                        Siswa menulis pemahamannya di lembar tugas pada buku siswa.
                        REMEDIAL
                        Latihan 1 Apakah yang dimaksud dengan surat penawaran?
                        Latihan 2 Apa yang dimaksud dengan alat musik melodis?
                        Latihan 3 Manakah diantara alat musik berikut yang termasuk alat musik melodis?
                        a. Kendang c. Seruling
                        b. Drum d. Symbal
                        Latihan 4 Sebutkan benda-benda isolator!
                        Latihan 5 Apakah botol plastik dapat menghantarkan listrik?
                        PENGAYAAN
                        Latihan 1 Sebutkan olahraga air yang kamu ketahui!
                        Latihan 2 Sebutkan macam-macam gaya dalam olahraga renang!
Latihan 3 Apakah fungsi dari surat penawaran?
Latihan 4 Sebutkan unsur-unsur surat penawaran!
Latihan 5 Apakah perbedaan alat musik ritis dan alat musik melodis?
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar