SILABUS
SatuanPendidikan : SD N Kaliwungu 04
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema :
Kebersamaan dalam Keberagaman (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 5
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan factual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
KBM
|
Evaluasi
|
Waktu
|
Sumber
|
PJOK
3.2 Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh.
4.5 Mempraktikkan
pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang
dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
Matematika
3.3 Memahami
aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.1 Menyajikan
hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
|
|
PJOK
·
Menerapkan pola gerak dasar berirama
·
Merancang pola gerak dasar berirama
hasil karya sendiri secara berkelompok
Matematika
·
Menyelesaikan soal-soal pembulatan
Harga
|
Pembulatan
Harga
1. Siswa
dipandu untuk mengenal konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
2. Siswa
mengerjakan soal pemecahan masalah tentang pembulatan.
3. Sebelum
siswa mengerjakan latihan yang terdapat pada buku siswa, guru terlebih dahulu
memandu siswa mengenal konsep pembulatan.
4. Siswa
berlatih mengerjakan soal pembulatan dan menjelaskan cara menjawabnya.
Senam
Irama
1. Siswa
menuju halaman sekolah untuk melakukan kegiatan senam irama.
2. Guru
menyiapkan musik/lagu tradisional setempat untuk mengiringi senam irama.
3. Guru
mendemonstrasikan gerakan senam.
4. Siswa
menuliskan hal-hal yang sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan perenungan
yang ada pada buku siswa).
Pembulatan
Harga
1. Siswa
dipandu untuk mengenal konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
2. Siswa
mengerjakan soal pemecahan masalah tentang pembulatan.
|
Penilain Proses
Penilaian Hasil Belajar
|
7 jp
|
·
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku
Pedoman Guru Tema 1Kelas 4dan BukuSiswaTema 1Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
·
Buku
Pengembangan Diri Anak.
·
Gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N Kaliwungu 04
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Kebersamaan
dalam Keberagaman (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 7
jp
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.2
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.5
Mempraktikkan pola gerak dasar
berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
Matematika
3.3
Memahami aturan pembulatan dalam
membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.1
Menyajikan hasil pengukuran panjang
atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
C. INDIKATOR
PJOK
·
Menerapkan pola gerak
dasar berirama
·
Merancang pola gerak dasar
berirama hasil karya sendiri secara berkelompok
Matematika
·
Menyelesaikan soal-soal
pembulatan Harga
D.
TUJUAN
1. Setelah
mengenal konsep, siswa mampu menyelesaikan soal-soal pembulatan harga dengan
benar.
2. Setelah
mengamati demonstrasi yang dilakukan guru, siswa mampu menerapkan pola gerak
dasar berirama dengan teknik yang benar.
3.
Secara berkelompok,
siswa mampu merancang pola gerak dasar berirama dengan teknik yang benar.
E. MATERI
·
Potongan kertas kecil
untuk latihan membuat soal.
·
Konsep Pembulatan
Harga.
·
Senam Irama.
·
Musik/lagu
tradisional setempat/Kaltim.
F. PENDEKATAN & METODE
·
Pendekatan : Scientific
·
Strategi : Cooperative Learning
·
Teknik :
Example Non Example
·
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Hafalan Matrik Perkalian
1-9.
2.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
3.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
4.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
5.
Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak dan lagu yang relevan.
6.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
7.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Pembulatan
Harga
1.
Siswa dipandu untuk mengenal
konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
2.
Siswa mengerjakan soal pemecahan
masalah tentang pembulatan.
3.
Sebelum siswa mengerjakan latihan
yang terdapat pada buku siswa, guru terlebih dahulu memandu siswa mengenal
konsep pembulatan.
4.
Siswa berlatih mengerjakan soal
pembulatan dan menjelaskan cara menjawabnya.
Senam
Irama
1.
Siswa menuju halaman sekolah untuk
melakukan kegiatan senam irama.
2.
Guru menyiapkan musik/lagu
tradisional setempat untuk mengiringi senam irama.
3.
Guru mendemonstrasikan gerakan
senam.
4.
Siswa menuliskan hal-hal yang
sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan perenungan yang ada pada buku
siswa).
Pembulatan
Harga
1.
Siswa dipandu untuk mengenal
konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
2.
Siswa mengerjakan soal pemecahan masalah tentang
pembulatan.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka. Siswa
diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya.
4.
Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa
menghargai kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.
Pengayaan
· Siswa diminta membuat soal sendiri
di kertas kecil dan disimpan di kelas.
· Setiap pagi,setiap siswa memilih 1
soal dan dijawab di kertas yang disiapkan guru.
Remedial
Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang dapat menyelesaikan soal pemecahan
masalah 50% atau kurang. Kegiatan ini berlangsung setelah jam sekolah selama
30 menit dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a) Siswa diberi 1 soal pemecahan
masalah.
b) Guru menggunting soal menjadi per
kalimat.
c) Siswa diminta untuk membaca kalimat
pertama dan memahaminya dengan menggambarkan lewat simbol. Lakukan
seterusnya.
d) Guru membimbing siswa untuk
menemukan hasil penghitungan dengan teliti.
Guru mengingatkan tugas siswa di rumah:
Siswa membuat soal cerita
pembulatan tentang harga beberapa cenderamata yang adadi daerahmu dan
mendiskusikan jawaban dengan orang tua.Siswa memperlihatkan hasilnya kepada
guru.
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9.
5. Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 halaman 83-86 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 halaman
62-68 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku
Pengembangan Diri Anak.
·
Gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
|
Kaliwungu,
Guru Kelas 4
Tri Abiyanto
|
KISI-KISI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Jenis tes
|
Ranah
|
Bentuk
|
No Soal
|
PJOK
3.2 Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh.
4.5 Mempraktikkan
pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang
dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
Matematika
3.3 Memahami
aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.1 Menyajikan
hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
|
PJOK
·
Menerapkan pola gerak dasar berirama
·
Merancang pola gerak dasar berirama
hasil karya sendiri secara berkelompok
Matematika
·
Menyelesaikan soal-soal pembulatan
Harga
|
|
|
|
|
PENILAIAN
1. Latihan pembulatan bilangan dinilai dengan angka.
(Matematika)
Jika Siti menyediakan uang untuk
berbelanja perbekalan sebesar Rp100.000,00, tulislah kemungkinan barang yang
dapat dibeli Siti. Lakukan pembulatan untuk menghitungnya.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………….
Bagaimana cara kamu menjawabnya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Kreasi senam irama dinilai dengan daftar periksa. (PJOK)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1) Siswa mampu menciptakan gerakan senam irama yang sesuai dengan
musik pengiring.
2) Siswa mampu mempraktikkan gerakan senam irama denganB teknik
yang benar.
|
|
|
Daftar Nilai
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar