Selasa, 04 November 2014

RPP Kl 4 t 1 st 2 pb 5

SILABUS

SatuanPendidikan        :  SD N Kaliwungu 04
Kelas / Semester           :  4 /1
Tema                             :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke            :  5

KOMPETENSI INTI
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.         Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.         Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
KBM
Evaluasi
Waktu
Sumber
PJOK
3.2    Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.5    Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.


Matematika
3.3    Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.1    Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.


PJOK
·         Menerapkan pola gerak dasar berirama
·         Merancang pola gerak dasar berirama hasil karya sendiri secara berkelompok








Matematika
·         Menyelesaikan soal-soal pembulatan Harga

Pembulatan Harga
1.    Siswa dipandu untuk mengenal konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
2.    Siswa mengerjakan soal pemecahan masalah tentang pembulatan.
3.    Sebelum siswa mengerjakan latihan yang terdapat pada buku siswa, guru terlebih dahulu memandu siswa mengenal konsep pembulatan.
4.    Siswa berlatih mengerjakan soal pembulatan dan menjelaskan cara menjawabnya.
Senam Irama
1.    Siswa menuju halaman sekolah untuk melakukan kegiatan senam irama.
2.    Guru menyiapkan musik/lagu tradisional setempat untuk mengiringi senam irama.
3.    Guru mendemonstrasikan gerakan senam.
4.    Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan perenungan yang ada pada buku siswa).
Pembulatan Harga
1.   Siswa dipandu untuk mengenal konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
2.   Siswa mengerjakan soal pemecahan masalah tentang pembulatan.
Penilain Proses
Penilaian Hasil Belajar
7 jp
·     Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·     Buku Pedoman Guru Tema 1Kelas 4dan BukuSiswaTema 1Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·     Buku Pengembangan Diri Anak.
·     Gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :  SD N Kaliwungu 04
Kelas / Semester             :  4 /1
Tema                              :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema                       :  Kebersamaan dalam Keberagaman (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke             :  5
Alokasi waktu                :  7 jp

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

PJOK
3.2      Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.5      Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.

Matematika
3.3      Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.1      Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.

C.    INDIKATOR

PJOK
·         Menerapkan pola gerak dasar berirama
·         Merancang pola gerak dasar berirama hasil karya sendiri secara berkelompok

Matematika
·         Menyelesaikan soal-soal pembulatan Harga

D.    TUJUAN
1.      Setelah mengenal konsep, siswa mampu menyelesaikan soal-soal pembulatan harga dengan benar.
2.      Setelah mengamati demonstrasi yang dilakukan guru, siswa mampu menerapkan pola gerak dasar berirama dengan teknik yang benar.
3.      Secara berkelompok, siswa mampu merancang pola gerak dasar berirama dengan teknik yang benar.

E.     MATERI
·         Potongan kertas kecil untuk latihan membuat soal.
·         Konsep Pembulatan Harga.
·         Senam Irama.
·         Musik/lagu tradisional setempat/Kaltim.

F.     PENDEKATAN & METODE
·         Pendekatan                : Scientific
·         Strategi                      : Cooperative Learning
·         Teknik                        : Example Non Example
·         Metode                      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.    Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
2.    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
3.    Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
4.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
5.    Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
6.    Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
7.    Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Pembulatan Harga
1.    Siswa dipandu untuk mengenal konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
2.    Siswa mengerjakan soal pemecahan masalah tentang pembulatan.
3.    Sebelum siswa mengerjakan latihan yang terdapat pada buku siswa, guru terlebih dahulu memandu siswa mengenal konsep pembulatan.
4.    Siswa berlatih mengerjakan soal pembulatan dan menjelaskan cara menjawabnya.
Senam Irama
1.    Siswa menuju halaman sekolah untuk melakukan kegiatan senam irama.
2.    Guru menyiapkan musik/lagu tradisional setempat untuk mengiringi senam irama.
3.    Guru mendemonstrasikan gerakan senam.
4.    Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan perenungan yang ada pada buku siswa).
Pembulatan Harga
1.   Siswa dipandu untuk mengenal konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
2.   Siswa mengerjakan soal pemecahan masalah tentang pembulatan.
150 menit
Penutup
1.    Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.    Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.    Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.

Pengayaan
·      Siswa diminta membuat soal sendiri di kertas kecil dan disimpan di kelas.
·      Setiap pagi,setiap siswa memilih 1 soal dan dijawab di kertas yang disiapkan guru.

Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah 50% atau kurang. Kegiatan ini berlangsung setelah jam sekolah selama 30 menit dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a)      Siswa diberi 1 soal pemecahan masalah.
b)      Guru menggunting soal menjadi per kalimat.
c)      Siswa diminta untuk membaca kalimat pertama dan memahaminya dengan menggambarkan lewat simbol. Lakukan seterusnya.
d)     Guru membimbing siswa untuk menemukan hasil penghitungan dengan teliti.

Guru mengingatkan tugas siswa di rumah:
Siswa membuat soal cerita pembulatan tentang harga beberapa cenderamata yang adadi daerahmu dan mendiskusikan jawaban dengan orang tua.Siswa memperlihatkan hasilnya kepada guru.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.

5.    Salam dan doa penutup.
15 menit



H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 halaman 83-86 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 halaman 62-68 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.






Kaliwungu,
Guru  Kelas 4



Tri Abiyanto












KISI-KISI
Kompetensi Dasar
Indikator
Jenis tes
Ranah
Bentuk
No Soal
PJOK
3.2    Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.5    Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik.


Matematika
3.3    Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.1    Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.

PJOK
·         Menerapkan pola gerak dasar berirama
·         Merancang pola gerak dasar berirama hasil karya sendiri secara berkelompok








Matematika
·         Menyelesaikan soal-soal pembulatan Harga


















PENILAIAN
1.      Latihan pembulatan bilangan dinilai dengan angka. (Matematika)

Jika Siti menyediakan uang untuk berbelanja perbekalan sebesar Rp100.000,00, tulislah kemungkinan barang yang dapat dibeli Siti. Lakukan pembulatan untuk menghitungnya.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………….
Bagaimana cara kamu menjawabnya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………







































2.      Kreasi senam irama dinilai dengan daftar periksa. (PJOK)
Kriteria
Ya
Tidak
1)      Siswa mampu menciptakan gerakan senam irama yang sesuai dengan musik pengiring.
2)      Siswa mampu mempraktikkan gerakan senam irama denganB teknik yang benar.




Daftar Nilai
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Skor
Nilai
Ket
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar