Sabtu, 22 November 2014

RPP Keluargaku (Tema 4) Sub Tema Kebersamaan dalam Keluarga (Sub Tema 4)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      : SD N ...
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                          Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                    Kebersamaan Dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.1    Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2    Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·               Mengurutkan gambar sehingga menjadi sebuah cerita.
·               Mewancara pengalaman pergi ke pasar.
·               Melakukan kegiatan wawancara.

Matematika

1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1              Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.10 Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan).
4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
·         Mengukur benda menggunakan alat ukur tidak baku.
·         Membandingkan berat suatu benda.


PPKn
1.2    Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
·         Menyebutkan contoh kegiatan kebersamaan dalam keluarga.
·         Menceritakan pengalaman pergi ke pasar bersama ibu.
.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita dengan benar.
  2. Dengan mengamati teks, siswa dapat menyebutkan minimal dua contoh kegiatan kebersamaan dalam keluarga dengan benar.
  3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat melakukan wawancara dengan baik.
  4. Dengan mengamati contoh, siswa dapat melakukan pengukuran benda menggunakan alat ukur tidak baku.
  5. Dengan mengamati data, siswa dapat membandingkan berat benda menggunakan istilah lebih berat dan lebih ringan dengan benar.
  6. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman pergi ke pasar dengan lancar.

D.    MATERI
Mengamati Keluarga Besarku.
Membandingkan masa benda

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
·      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
·      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
·      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
·      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
  1. Siswa memperhatikan informasi yang disampaikan guru bahwa banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga, misalnya rekreasi, pergi ke pasar dan membersihkan rumah.
  2. Siswa diminta mengamati gambar kegiatan di pasar yang ada pada buku siswa.
  3. Siswa diminta menceritakan dan mengurutkan gambar.
  4. Guru bertanya tentang pengalaman saat pergi ke pasar, misalnya:
Pernahkah kamu pergi ke pasar?
Bersama siapa?
  1. Siswa memperhatikan informasi yang disampaikan guru bahwa banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga, misalnya rekreasi, pergi ke pasar dan membersihkan rumah.
  2. Siswa diminta mengamati gambar kegiatan di pasar yang ada pada buku siswa.
  3. Siswa diminta menceritakan dan mengurutkan gambar.
  4. Guru bertanya tentang pengalaman saat pergi ke pasar, misalnya:
Pernahkah kamu pergi ke pasar?
Bersama siapa?
Apa saja yang kamu beli?
  1. Siswa berkelompok sebanyak lima orang, dan mengisi kolom di lembar latihan di buku siswa.
  2. Siswa menyampaikan hasil wawancara di depan kelas (perwakilan kelompok).
  3. Guru mengingatkan siswa untuk membantu orang tua atau orang lain yang sedang kesulitan, seperti yang tergambar pada cerita berseri di atas. Siswa mengerjakan latihan menebalkan dan menyalin kata di buku siswa.
  4. Siswa mengamati barang-barang yang dibeli ibu di pasar berdasarkan bacaan di atas. Siswa diminta untuk membandingkan massa benda-benda tesebut.
  5. Bagi siswa menjadi lima kelompok.
  6. Siswa mencoba membandingkan berat benda-benda yang sudah disiapkan dengan menggunakan timbangan buatan, yaitu gantungan baju.
  7. Siswa menuliskan hasil pembandingan berat benda pada kolom yang tersedia.
  8. Perwakilan kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok masing-masing.
  9. Sebagai penutup siswa berlatih soal-soal membandingkan massa benda yang ada di buku siswa.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Mengunjungi rumah nenek dan kakek atau anggota keluarga besar untuk
bersilaturahmi.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang Keluarga Besarku.
·         Buku siswa.
·         Lima buah timbangan sederhana buatan sendiri, bisa menggunakan gantungan baju atau papan dan batu bata untuk titik keseimbangan (seperti jungkat jungkit).
·         Benda-benda yang ingin dibandingkan beratnya (dipersiapkan sebelumnya oleh guru/dibawa siswa dari rumah sebagai tugas kelompok).



I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).



Mengetahui,
Kepala Sekolah


.................................
NIP 19600729 197911 2 001

Mukiran,

Guru Kelas


......................................
NIP 19651110 199301 2 003





Lampiran Penilaian





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      : SD N ...
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                          Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                    :  Kebersamaan dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.2     Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1     Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·                Menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
·                Membaca teks tentang kegiatan kebersamaan dalam keluarga.

SBdP
1.1     Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1     Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.      
·                Menjelaskan cara menggambar taman.
·                Berlatih menggambar taman yang akan dibuat.

PPKn
1.1     Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah..
·                Menjelaskan pentingnya kerjasama dalam melaksanakan kegiatan
·                Membuat rencana kegiatan yang membutuhkan kerjasama semua anggota kelompok

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mendengarkan penjelasan guru mengenai gambar simbol-simbol, siswa dapat membaca teks bergambar dengan lancar.
2.    Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan berkebun bersma keluarga dengan teliti.
3.    Dengan mengamati contoh siswa dapat menceritakan pengalaman berkebun bersama keluarga dengan percaya diri.
4.    Dengan mendengarkan penjelasan guru,siswa dapat menjelaskan pentingnya kerjasama dalam melaksanakan kegiatan kelompok dengan lancar.
5.    Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat membuat rencana kegiatan dengan benar.
6.    Dengan mengamati beberapa contoh gambar taman, siswa dapat menjelaskan rencana taman yang akan dibuat dengan lancar.
7.    Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menggambar taman yang akan dibuat dengan rapi.

D.    MATERI
Merapikan Kebun Bersama Keluarga.
Rencana membuat taman di rumahmu
Gambar Taman Buatanku.

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
·      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
·      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
·      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
·      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti

1.        Siswa diingatkan kembali kegiatan-kegiatan bersama keluarga yang bisa dilakukan.
2.        Siswa memperhatikan kegiatan keluarga, salah satunya berkebun atau merawat kebun bersama keluarga.
3.        Siswa diminta membuka buku siswa.
4.        Guru menyampaikan bahwa tanaman dan bunga adalah ciptaan Tuhan yang sangat indah yang harus selalu kita pelihara.
5.        Sebelum membaca teks, Siswa dikenalkan gambar dan artinya
6.      Siswa diminta berlatih membaca teks tentang Berkebun.
7.        Siswa menceritakan kembali bacaan di atas dengan panduan pertanyaan seperti pada kolom di buku siswa dibantu oleh guru.
8.        Siswa membandingkan jawaban dengan temannya. Lalu Siswa diminta memperhatikan cerita tentang kebun yang ada di rumah.
9.        Siswa diminta membuat rencana kegiatan membuat taman di rumah.
10.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
11.    Amati jenis tanaman dan cari informasi siapa yang memelihara taman tersebut.
12.    Siswa berdiskusi mengenai rencana kegiatan berkebun.
13.    Tuliskan hasil diskusi di dalam kolom yang tersedia.
14.    Siswa diingatkan pentingnya menggunakan air secukupnya sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan dan memberi kesempatan hidup lebih lama kepada makhluk lain.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama Orang tua:
Pada saat orang tua dan siswa berjalan-jalan untuk membeli buah-buahan, mereka dapat melakukan praktik berhitung.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang Keluarga Besarku.
·         Buku siswa.
·         Gambar-gambar kebun



I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).


Mengetahui,
Kepala Sekolah


.......................
NIP 19600729 197911 2 001

Mukiran,

Guru Kelas


..............................
NIP 19651110 199301 2 003





















Lampiran Penilaian
.
.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      : SD N ............
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                          Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                   Kebersamaan dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu            :  1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·           Menjawab pertanyaan sesuai teks yang didengar.
·           Mendengarkan cerita guru tentang kebersamaan dalam keluarga.
.
PJOK
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
·           Menjelaskan cara bermain tarik tambang.
·           Mempraktikkan permainan tarik tambang.


SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.7  Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.
·           Menjelaskan gerakan yang dilakukan saat menyanyikan lagu.
·           Menyanyikan lagu.



C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan kegiatan mendengarkan, siswa dapat menyebutkan kegiatan kebersamaan dalam keluarga.
2.    Dengan mendengar teks yang dibacakan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi teks.
3.    Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan gerakan yang dilakukan saat menyanyi dengan benar.
4.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyanyikan lagu dengan percaya diri.
5.    Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan cara bermain tarik tambang dengan lancar.
6.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan permainan tarik tambang dengan benar.

D.    MATERI
Bacaan.
Ayo Bernyanyi Ciptaan: Ibu Sud
Cerita guru

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
·      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
·      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
·      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
·      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.   Siswa mengikuti guru membaca teks pada buku siswa.
2.   Siswa mendengarkan “Lagu Gembira”.
3.   Siswa bernyanyi sambil melakukan gerakan bertepuk tangan dan bersorak seperti yang ditujukan pada syair.
      Bersorak..........(oi, oi).
      Bertepuk..........(bertepuk tangan).
4.   Siswa mengulang-ulang lagu sampai hafal dan dapat menyanyikan lagu tersebut.
5.   Guru bertanya tentang isi lagu, misalnya:
      Apa yang diceritakan lagu tersebut?
      Bagaimana perasaanmu saat berkumpul bersama keluarga?
      Apa yang biasa kamu lakukan saat berkumpul bersama keluarga?
6.   Siswa diminta maju ke depan kelas secara bergiliran untuk menyanyikan lagu.
7.   Siswa mengamati gambar keluarga Udin yang sedang mengikuti lomba tarik tambang pada acara 17 Agustus.
8.   Siswa memperhatikan informasi bahwa Udin dan keluarga memenangkan lomba tarik tambang.
9.   Salah satu kunci kemenangan keluarga Udin adalah kekompakan.
10.         Ajak siswa untuk mencoba bermain tarik tambang dengan teman-teman.
11.         Minta siswa berkumpul di lapangan. Lalu, bagi siswa menjadi dua kelompok.
12.         Ajak siswa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.
13.         Tentukan garis pemisah antardua kelompok yang menunjukkan wilayah masing-masing kelompok.
14.         Jika ada pemain yang masuk ke wilayah lawan, maka kelompok tersebut dinyatakan kalah dan lomba berakhir.
15.         Setelah acara siswa diajak berdiskusi mengenai hasil permainan.
a.             Bagaimana perasaanmu saat bermain tarik tambang?
b.             Apakah timmu berhasil memenangkan lomba? Mengapa?
c.             Apa yang harus dilakukan agar timmu bisa menang?
d.            Bagaimana sikapmu seharusnya ketika memenangkan pertandingan?
e.             Bagaimana sikapmu seharusnya jika kalah dalam pertandingan?
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Orang tua membantu pemahaman siswa dalam mengenal nilai tempat dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi.
    15
    menit







H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang Keluarga Besarku.
·         Tambang atau alat lain yang bisa menggantikan.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).


Mengetahui,
Kepala Sekolah


...............
NIP 19600729 197911 2 001

Mukiran,

Guru Kelas


..........................
NIP 19651110 199301 2 003



Lampiran Penilaian



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      : SD N ....
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                          Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                   Kebersamaan dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu            :  1 Hari




A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.





B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·           Menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan tempat liburan
·           Menulis cerita tentang liburan bersama dengan keluarga.
·           Memberikan pendapat terhadap hasil karya teman.

SBdP
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
2.2  Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.     
·           Berlatih menggambar taman yang akan dibuat.
·           Menyebutkan gambar yang harus ada pada tempat liburan yang dipilih.
·           Menggambar tempat berlibur bersama keluarga.

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menyebutkan kosakata yang berkaitan dengan tempat liburan dengan benar.
2.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan tempat liburan dengan benar.
3.    Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menulis cerita tentang liburan bersama keluarga dengan baik.
4.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal tiga gambar yang harus ada pada gambar tempat liburan dengan benar.
5.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menggambar tempat berlibur bersama keluarga dengan rapi.

D.    MATERI
Menulis cerita
Mengamati gambar.
Menggambar tempat rekreasi.




E.     PENDEKATAN & METODE
             Pendekatan    : Scientific
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
·      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
·      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
·      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
·      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
·       
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.      Siswa mengamati gambar foto liburan keluarga Siti yang ada pada buku siswa.
2.      Siswa berdiskusi mengenai foto tersebut.
3.      Siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya saat liburan dengan mengisi kolom yang sudah disediakan pada buku siswa.
4.      Siswa diminta untuk maju ke depan menceritakan pengalaman liburannya.
5.      Lembar latihan soal mencocokkan tulisan dan gambar.
6.      Siswa diminta untuk menggambarkan pengalaman liburan bersama keluarga. Gambar harus mencakup tujuan tempat liburan dan anggota keluarga yang ikut.
7.      Hasil gambar diwarnai dengan alat pewarna yang dimiliki siswa.
8.      Siswa diminta untuk saling menilai hasil gambar secara berpasangan.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.

Kegiatan bersama orang tua:
Mencari bentuk-bentuk bangun datar di berbagai tempat yang dikunjungi bersama orang tua.
    15
    menit





H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang Keluarga Besarku.
·         Berbagai gambar tempat wisata di lingkungan sekitar sekolah.
·         Foto saat berlibur bersama keluarga.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).




Mengetahui,
Kepala Sekolah


.................
NIP 19600729 197911 2 001

Mukiran,

Guru Kelas


..................
NIP 19651110 199301 2 003










Lampiran Penilaian






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      : SD N 
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                          Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                    : Kebersamaan dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu            :  1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·       Menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
·       Membaca teks tentang hari raya.
·       Menulis ucapan selamat hari raya.

PPKn
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
·       Menyebutkan hari raya pada berbagai agama.
·       Menceritakan kegiatan hari raya.
·       Menceritakan kegiatan kebersamaan dalam keberagaman di rumah saat hari raya.

SBdP
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
·       Menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat kartu ucapan hari raya.
·       Membuat kartu ucapan hari raya.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan kebiasaan yang dilakukan saat peringatan hari raya dengan lancar.
  2. Dengan membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
  3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menulis ucapan selamat hari raya dengan rapi.
  4. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kembali alat yang digunakan untuk membuat kartu ucapan hari raya dengan baik.
  5. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat kartu ucapan hari raya dengan rapi.
  6. Dengan membaca, siswa dapat menyebutkan minimal dua hari raya dengan benar.
  7. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menceritakan kegiatan hari raya dengan baik.



D.    MATERI
Bacaan hari raya
Kartu ucapan.

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
·      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
·      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
·      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
·      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.               Siswa diingatkan kembali saat-saat berkumpul bersama keluarga besar, biasanya hampir semua keluarga berkumpul pada hari raya.
2.               Siswa diminta untuk mengamati teks yang ada pada buku siswa.
3.               Beberapa siswa diminta menyebutkan apa yang berbeda di hari raya dengan hari biasa misal baju baru atau bagus, dapat hadiah, banyak makanan, dan bertemu dengan keluarga.
4.               Siswa diminta untuk menuliskannya pada kolom yang tersedia.
5.               Minta siswa untuk menceritakan dan berbagi pengalamannya.
6.               Guru menyampaikan walaupun berbeda hari rayanya, kita harus tetap saling menghormati.
7.               Siswa menuliskan hal-hal yang berbeda pada hari raya.

8.          Setelah guru menjelaskan cara membuat kartu ucapan, siswa diajak untuk membuat kartu Selamat Hari Raya untuk keluarga masing-masing.
9.          Kartu diberi bantuan garis untuk menulis.
10.        Bagi yang belum dapat membaca dan menulis, bisa meniru kalimat yang ada pada latihan di kegiatan sebelumnya.
11.        Beri gambar dan hiasan dengan cara mewarnai serta menghias dengan tempelan gambar dari koran atau majalah bekas.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Menceritakan asal-usul keluarga
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang Keluarga Besarku.
·         Teks di buku siswa.
·         Karton ukuran 20 cm x 10 cm sebanyak jumlah siswa.
·         Bisa juga menggunakan kolom yang tersedia di buku
·         siswa.
·         Berbagai potongan kertas berwarna untuk menghias.
·         Bisa juga menggunakan daun dan benda yang tersedia di sekitar.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).



Mengetahui,
Kepala Sekolah


.....
NIP 19600729 197911 2 001

Mukiran,

Guru Kelas


......
NIP 19651110 199301 2 003

Lampiran Penilaian



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      : SD N ....
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                           Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                    Kebersamaan dalam Keluarga (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke          :  6
Alokasi waktu             :  1 Hari





A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·       Menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
·       Membaca teks dengan nyaring
·       Menceritakan perasaan saat mengikuti kegiatan.

SBdP
1.1     Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1     Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
·       Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya topi ulang tahun.
·       Membuat topi ulang tahun melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.

PJOK
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhanadan dan atau tradisional.
·       Menjelaskan teknik menjaga keseimbangan saat melakukan permainan.
·       Berlatih menjaga keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan.

Matematika
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/ benda konkrit.
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
·           Menjelaskan pola selanjutnya dari barisan pola yang ditunjukkan.
·           Memecahkan masalah berkaitan dengan pola dari barisan bangun datar.


C.   TUJUAN PEMBELAJARAN


1.    Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa dapat menjelaskan kegiatan kebersamaan dengan lancar.
2.    Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab sesuai isi teks yang dibacanya.
3.    Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menceritakan perasaan saat mengikuti kegiatan dengan baik.
4.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan pola selanjutnya dari barisan pola yang ditunjukkan dengan benar.
5.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat memecahkan masalah berkaitan dengan pola barisan bangun datar dengan benar.
6.    Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan alat yang dibutuhkan dalam membuat karya topi ulang tahun dengan baik.
7.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat topi ulang tahun dengan rapi.
8.    Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kembali cara menjaga keseimbangan saat melakukan permainan dengan lancar.
9.    Dengan mengamati contoh,siswa dapat berlatih menjaga keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan dengan baik.

D.    MATERI
Bacaan Ulang tahun
Membuat topi
Bangun datar
Lomba sendok kelereng.

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
·      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
·      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
·      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
·      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.       Guru mengajak siswa membaca teks bacaan.
2.       Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan bacaan seperti berikut ini.
Siapa yang sedang berulang tahun?
Berapa umur Siti sekarang?
Siapa saja yang diundang oleh Siti?
Menurutmu bagaimana perasaan Siti saat itu?
Siapa yang pernah merayakan ulang tahun dan bagaimana perasaannya?

3.       Guru melanjutkan kegiatan dengan menanyakan umur dan tanggal lahir masing-masing siswa. Jika ada yang berulang tahun pada hari ini, maka ajak seluruh siswa untuk memberikan ucapan selamat.
4.       Guru mengingatkan kebiasaan ulang tahun. Ingatkan siswa yang terpenting dalam peringatan ulang tahun adalah berdoa dan bersyukur.
5.       Siswa memperhatikan informasi tentang kebiasaan saat perayaan ulang tahun dan alat-alat yang sering digunakan pada pesta ulang tahun. Pada acara ulang tahun biasanya ada kegiatan lomba-lomba untuk memeriahkan acara dan benda-benda khas misalnya topi, kue tart, dan kado.
6.       Siswa diminta menggunting pola topi yang telah disiapkan guru, lalu ditempel sehingga membentuk sebuah topi.
7.       Siswa menghias topi sesuai dengan kreativitas siswa.
8.       Jika sudah selesai, maka berikan tambahan latihan soal mengenai pola bangun datar seperti yang ada pada buku siswa.
9.       Setelah selesai menghias topi, siswa diminta untuk mencoba lomba yang diselenggarakan pada saat ulang tahun Siti, yaitu lomba berjalan sambil menggigit sendok yang berisi kelereng. Selama berjalan, kelereng tidak boleh jatuh. Jika kelereng tersebut jatuh, maka pemain harus mengulang dari titik awal lagi.
10.  Beri garis sebagai tanda lintasan lomba.
11.  Kegiatan dilakukan secara berkelompok, jumlah kelompok disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.
12.  Minta siswa menentukan siapa yang akan bermain pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
13.  Seluruh pemain pertama mulai berjalan menuju garis yang sudah ditentukan. Siswa berjalan sambil menggigit sendok yang berisi kelereng. Setelah sampai pada suatu garis, siswa kembali menuju barisannya dengan tetap menggigit sendok berisi kelereng. Setelah sampai, dilanjutkan dengan pemain berikutnya.
14.  Kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat giliran.
15.  Kegiatan ini memerlukan keseimbangan dan kelincahan tubuh.
16.  Ingatkan siswa untuk selalu jujur, sportif , dan selalu bekerja sama dengan temannya.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Membersihkan hiasan/pajangan yang ada di rumah dengan memperhatikan bentuk bangun datar benda yang dibersihkan.
Remedial:
1. Semua siswa peserta remedial dikumpulkan berdasarkan materi yang akan diremedialkan.
2. Untuk remedial soal cerita penjumlahan dan pengurangan siswa diberi soal latihan dan diberi penjelasan terlebih dahulu.
3. Untuk remedial latihan mengenal kosakata anggota keluarga besar, gunakan kartu
kata untuk membantu siswa berlatih membaca.
    15
    menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang Keluarga Besarku.
·         Kertas untuk membuat topi.
·         Alat warna untuk menghias topi.
·         4–6 buah kelereng.
·         4–6 buah sendok (kalau memungkinkan siswa membawa sendok masing-masing).


I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).


Mengetahui,
Kepala Sekolah


.................
NIP 19600729 197911 2 001

Mukiran,

Guru Kelas


..................................
NIP 19651110 199301 2 003














Lampiran Penilaian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar