Selasa, 11 November 2014

RPP Kl5 t4-1-2

Kelas/Semester            :  5/1
Tema                           :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema                    :  Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (ST1)
Pembelajaran ke          :  2



RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      :  SD ...
Kelas/Semester            :  5/1
Tema                           :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema                    :  Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (ST1)
Pembelajaran ke          :  2
Alokasi waktu             :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
• Menjelaskan fungsi properti tari.
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
• Mengamati gambar rangkaian yang menggunakan properti tari.
• Mengidentifikasi properti tari melalui pengamatan gambar rangkaian tari.

PJOK
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
Ø  Menyebutkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. (bola voli mini).
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
Ø Melakukan berbagai gerakan dalam permainan bola besar (Voli Mini: servis, passing, dan smash).

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) dari teks.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menyajikan teks tentang pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan).
IPA
3.1 Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya.
• Menjelaskan cara merawat rangka manusia.
4.1 Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya.
• Membuat bagan rangka manusia dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara menjaga dan merawat tubuh, salah satunya dengan berolahraga dengan percaya diri.
2.      Dengan berdiskusi tentang cara melakukan teknik-teknik dasar permainan bola voli mini, siswa dapat menyebutkan cara-cara malakukan teknik-teknik dasar permainan bola voli mini dengan teliti.
3.      Dengan latihan service, passing, smash, dan membendung bola, siswa dapat melakukan service, passing, smash, dan membendung bola dengan mandiri.
4.      Dengan mengamati gambar rangka tubuh manusia, siswa dapat mengidentifikasi dan menggambarkan rangka tubuh manusia.
5.      Dengan diskusi tentang cara merawat rangka tubuh, siswa dapat menyebutkan cara-cara merawat rangka tubuh dengan cermat.
6.      Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasikan pentingnya manfaat air bagi manusia dengan tekun.
7.      Dengan mengamati gambar tentang properti tari, siswa dapat mengidentifikasi properti yang digunakan dalam tari dan menjelaskan fungsinya dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara menjaga dan merawat tubuh dengan berolahraga, arti dan macam-macam properti yang digunakan dalam tari, cara-cara melakukan berbagai teknik dasar dalam bola voli mini, rangka tubuh manusia, manfaat air putih, mengetahui contoh-contoh properti dalam tari.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks, alat dan perlengkapan permainan bola voli mini.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
1.      Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yakni keterampilan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam permain bola besar (bola voli mini).
2.      Rangsanglah rasa keingintahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan: Tahukah kamu cara lain utuk merawat tubuh manusia? Ciptakan suasana belajar yang interaktif dengan memberikan kesempatan kepada masing-masing siswa memberikan tanggapannya.
3.      Apresiasilah semua tanggapan siswa, termasuk jika ada tanggapan yang aneh.
4.      Guru memotivasi siswa dengan memberikan penguatan pemahaman bahwa “ DI DALAM TUBUH YANG SEHAT TERDAPAT JIWA YANG KUAT”.
5.      Berilah kesempatan dan keleluasaan bagi siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan terhadap semboyan di atas.
2.      Siswa mengamati secara seksama gambar yang terdapat pada buku siswa.
3.      Fokus pengamatan siswa pada alat dan perlengkapan yang digunakan dalam permainan bola voli mini.
a.       Siswa menyajikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatannya secara tertulis ke dalam kolom yang tersedia pada buku siswa.
4.      Siswa berdiri berkeliling membentuk setengah lingkaran mendengarkan penjelasan tentang cara melakukan service, passing, smash, dan membendung bola.
5.      Siswa berlatih cara melakukan service, passing, smash, dan membendung bola secara bergantian, dan berikan umpan balik.
6.      secara demokratis guru meminta siswa untuk membuat kelompok yang terdiri atas 5 anak.
7.      Alternatif pembentukan kelompok 1
1. Kelompok bisa terdiri atas perempuan dan laki-laki (agar tidak bias gender).
2. Anggota kelompok memiliki kemampuan yang merata.
3. Lakukan pembagian di atas secara jelas dan baik.
4. Hindarkan munculnya sifat superior dan inferior.
8.      Alternatif pembentukan kelompok 2
Pembentukan kelompok bisa dengan sistem pengundian.
Hindari pemilihan anggota kelompok dengan sistem penunjukkan langsung, untuk mengajarkan nilai-nilai demokrasi.
Masing-masing kelompok berdiskusi guna menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa berkaitan dengan teknik-teknik dasar dalam bola voli mini.
Selama proses diskusi, guru berkeliling ke masing-masing kelompok dan memandu kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dan mengkonfirmasi setiap jawaban kelompok.

9.      Guru memadukan kegiatan sebelumnya, mengenai Voli mini dengan rangka tubuh. Kalimat kunci yang digunakan sebagai penghubung, yakni “UNTUK DAPAT MELAKUKAN TEKNIK-TEKNIK DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MINI DENGAN BAIK DAN BENAR, DIPERLUKAN RANGKA TUBUH YANG BAIK DAN TERAWAT”.
10.  Setelah siswa dapat memahami keterkaitan kompetensi ini, guru menjelaskan mengenai kerangka tubuh manusia yang terdiri dari rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.
11.  Siswa mengamati gambar bagian-bagian rangka tubuh manusia.
12.  Secara interaktif, guru menjelaskan fungsi rangka tubuh manusia.
13.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan.
14.  Guru meminta anak untuk berdiskusi tentang cara merawat rangka tubuh.
15.  Guru memberikan sebuah narasi informasi secara menarik dengan konsep interaktif untuk menghubungkan materi tentang rangka tubuh manusia dengan air. Kalimat kunci yang digunakan adalah SALAH SATU CARA MERAWAT RANGKA TUBUH ADALAH DENGAN MINUM AIR YANG BERSIH DAN SEHAT.
16.  Siswa diminta untuk membaca teks tentang “Mengapa air begitu penting bagi kehidupan”.
Alternatif kegiatan membaca
Alternatif 1
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
Alternatif 2
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
Alternatif 3
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan sebagai berikut.
Mengetahui manfaat air bagi kehidupan makhluk hidup.
Menggali informasi dari teks bacaan.
Membaca dengan baik.
Setelah membaca teks bacaan, siswa diminta untuk membuat kesimpulan tentang manfaat air bagi manusia dan lingkunganya.
17.  Ciptakan suasana belajar yang memungkinkan timbulnya rasa percaya diri pada setiap siswa untuk menuangkan kesimpulannya berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks bacaan.
18.  Guru memberikan sebuah narasi informasi secara menarik dengan konsep interaktif untuk menghubungkan materi tentang tubuh yang sehat dengan aktivitas yang bisa dilakukan. Kalimat kunci yang digunakan adalah BANYAK HAL YANG DAPAT DILAKUKAN PADA TUBUH YANG SEHAT, dalam hal ini melakukan gerak tari.
Siswa diminta untuk mengamati beberapa gambar yang menunjukkan ragam tari.
19.  Siswa diminta untuk mengamati berbagai properti yang digunakan dalam tari yang tampak pada gambar.
20.  Setelah siswa mengamati gambar dan berhasil menyebutkan properti-properti yang digunakan dalam tari, siswa diminta untuk membuat sebuah kesimpulan mengenai properti yang digunakan dalam sebuah tari.
21.  Ciptakan suasana belajar yang memungkinkan timbulnya rasa percaya diri pada setiap siswa untuk menuangkan kesimpulannya berdasarkan informasi yang diperoleh dari gambar.
22.  guru bertanya: Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa saja yang dapat kamu lakukan jika badanmu sehat? Bagaimana cara merawat rangka tubuhmu?
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang diperolehnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
23.  Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai aktivitas yang bisa dilakukan jika badan sehat (misalnya Voli mini dan menari) serta cara merawat rangka tubuh manusia.
24.  Siswa diminta untuk mengamati dan mengidentifikasi diri dan keluarganya mengenai seberapa banyak air putih yang diminum dalam sehari
25.  Selesai melakukan pengamatan, siswa diminta untuk menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.
26.  Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagi peran dan tugas dengan orang tuanya.
                         
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Kaliwungu, ……..  -2014
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas V


Darwanto, S.Pd.MM.                                                             Tri Abiyanto
NIP 1964 0314 198806 1 001                                                            NIP 19680302 198910 1 001


Lampiran Penilaian

Bubuhkan tanda centang () di kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Percaya Diri
Teliti
Tanggung Jawab
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















6

















7




















Hasil pengamatan kegiatan ....


Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
No.
Nama Siswa
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
1
Cak Rokhman
……..
……..
……..
……..
……..
……..
2

……..
……..
……..
……..
……..
……..
3

……..
……..
……..
……..
……..
……..
4

……..
……..
……..
……..
……..
……..
5

……..
……..
……..
……..
……..
……..
6







7







Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.

Lampiran
PERENUNGAN
 


1.      Mengingat
-          Apa yang kamu lakukan?



 


2.      Memahami
-          Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-          Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?

 



3.      Menerapkan
-          Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-          Dimana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?

 



4.      Menganalisis
-          Apakah kamu melihat pola dan  hubungan dari apa yang kamu lakukan?



5.      Mengevaluasi
-          Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-          Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-          Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?



6.      Menciptakan
-          Apa yang kamu lakukan selanjutnya?
-          Apa rencana kamu?
-          Apa desain yang kamu buat?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar