RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Kerukunan dalam
Bermasyarakat (T3)
Sub Tema : Cara Menjaga Kerukunan (ST3)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi
Inti
1.
Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan
kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
IPS
1…
2…
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam
aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial,
ekonomi, dan budaya, dalam masyarakat Indonesia.
3.4.3. Mengenal bentuk, fungsi, dan peran
kelembagaan pendidikan yang ada di masyarakat.
4.4 Menceritakan secara tertulis
pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan
fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
4.4.1.
Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang
terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.
Bahasa Indonesia
1…
2…
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor
sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.14 Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam
bidang pengembangan teknologi.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai
kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.13
Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang
pengembangan teknologi bagi Indonesia.
SBdP
1…
2…
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu
daerah.
3.2.1 Memahami harmoni musik.
4.10 Merangkaikan gerak tari bertema
berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan iringan musik
4.10.4
Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan iringan musik.
PPKn
1…
2…
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah,
sekolah, dan masyarakat.
3.4.9 Menjelaskan akibat-akibat tidak adanya persatuan dan
kesatuan di masyarakat.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah,
sekolah, dan masyarakat.
4.4.9
Membuat ikrar untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di lingkungan
sekitar.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan membaca teks bacaan, siswa mampu menjelaskan
akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di masyarakat dengan teliti.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok, siswa mampu membuat ikrar
untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar
dengan rasa tanggung jawab.
3.
Dengan membaca teks dan diskusi, siswa mampu menjelaskan manfaat
perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi dengan rasa ingin
tahu.
4.
Dengan diskusi kelompok, siswa mampu memaparkan pentingnya
kegiatan perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi bagi
Indonesia dengan percaya diri.
5.
Dengan membaca teks dan diskusi, siswa mampu menjelaskan
bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan pendidikan yang ada di masyarakat.
6.
Dengan memaparkan hasil diskusi kelompok secara tertulis,
siswa mampu Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan
aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi,
dan budaya dengan mandiri.
7.
Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu memahami
harmoni musik dengan percaya diri.
8.
Dengan mempraktekkan tari siswa mampu memperagakan
rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan iringan
musik dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
Persatuan
dan kesatuan di masyarakat
Persatuan
dan kesatuan di lingkungan sekitar
Manfaat
perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi
Manusia Indonesia dan
aktivitasnya yang terkait fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang hubungan
kerja sama antarbangsa suatu negara
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya
jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan
sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
1.
Pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada buku
siswa.
2.
Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada
buku siswa.
3.
Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang gambar
tersebut.
4.
Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran tentang
perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang ada dalam keluarga
5.
Guru menanyakan kepada siswa sikap apa yang telah mereka
lakukan dirumah untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam keluarga.
6.
Siswa diminta untuk pro-aktif dalam diskusi.
7.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan di buku siswa
dengan benar berdasarkan hasil pengamatannya.
8.
Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang
sedang dibahas.
9.
Siswa berdiskusi dalam kelompok unutk mendiskusikan
akibat-akibat yang akan terjadi apabila tidak ada rasa persatuan dan kesatuan
dalam kehidupan masyarakat
10.
Siswa bekerja sama untuk mengidentifikasikan akibat-akibat
tersebut.
11.
Siswa menggunakan keterampilannya dalam bertanya dan
bertukar pendapat/informasi tentang akibat-akibat yang timbul karena tidak
adanya rasa persatuan dan kesatuan dalam kehiduoan masyarakat
12.
Siswa menuliskan hasil diskusinya dalam sebuah laporan
tertulis yang merupakan rangkuman pendapat dari semua anggota kelompok
13.
Siswa membaca teks bacaan tentang google glass yang
terdapat pada buku siswa.
14.
Siswa dibimbing untuk memperhatikan gambar dan
informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat
dan teliti.
15.
Siswa diminta untuk memberikan pendapat tentang gambar yang
ada di teks bacaan.
16.
Siswa dibimbing untuk memahami kosakata yang tidak
diketahui.
17.
Siswa diminta untuk menggali informasi tentang google
glass.
18.
Siswa mengukur pemahamnnya tentang teks bacaan dengan
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan bacaan.
19.
Siswa mengukur pemahamannya tentang manfaat perdagangan
internasional bagi bangsa Indonesia dalam bidang teknologi melalui
pertanyaan-pertanyaan bacaan.
20.
Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang bentuk-bentuk
lembaga yang ada di Indonesia.
21.
Siswa mencari informasi tentang peran dan fungsi
lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal.
22.
Siswa saling bertukar pendapat untuk mendapatkan jawaban
yang lebih lengkap.
23.
Siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa
secara mandiri.
24.
Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran tentang peran
serta masyarakat dalam bidang sosial, ekonomi, dan budaya.
25.
Siswa diminta untuk membuat artikel tentang peran serta
masyarakat dalam bidang sosia, ekonomi, dan budaya.
26.
Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa.
27.
Siswa diminta untuk menggali informasi melalui buku,
majalah atau internet.
28.
Siswa diminta menggali informasi dari orangtua atau guru.
29.
Siswa diminta untuk mengikuti instruksi.
30.
Guru dapat berkeliling untuk memastikan siswa membuat
artikel sesuai dengan instruksi
31.
Setelah selesai membuat laporan, siswa diarahkan kegiatan
selanjutnya.
32.
Siswa mengulang kembali pembelajaran sebelumnya tentang
gerakan tari yang mengiringi lagu.
33.
Siswa diminta untuk memahami pentingnya keselarasan antara
gerakan tari dan lagu.
34.
Siswa diminta untuk melakukan gerakan Tari Dut Bidut dengan
iringan tepuk tangan.
35.
Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan
tersebut.
REMEDIAL
Latihan 1 Apa akibatnya jika tidak ada perilaku yang mencerminkan
persatuan dan kesatuan dalam keluarga?
Latihan 2 Sebutkan tarian daerah yang kamu ketahui!
Latihan 3 Apakah pengaruh pengembangan teknologi dalam kerja sama
perdagangan?
Latihan 4 Sebutkan benda-benda produksi dalam negeri yang kamu
ketahui!
Latihan 5 Sebutkan perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan
kesatuan dalam keluarga!
PENGAYAAN
Latihan 1 Apakah kita perlu mengikuti perkembangan teknologi?
Latihan 2 Apa yang kamu lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan
dalam keluarga?
Latihan 3 Apa yang dimaksud dengan lembaga pendidikan nonformal yang
kamu ketahui?
Latihan 4 Sebutkan lembaga sosial yang kamu ketahui!
Latihan 5 Bagaimana jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi?
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses: Penilaian Kinerja,
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar: Pilihan
ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP.
…………………………
|
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,
………………………………
NIP………………………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar