Selasa, 04 November 2014

RPP Kl 5 t3-2-4

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
                        Sub Tema               :  Manfaat Hidup Rukun (ST2)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
• Menjelaskan manfaat-manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
                        Menceritakan tindakan dirinya yang telah menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di sekolah.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk perdagangan regional.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membuat contoh surat perdagangan (surat permintaan).

Matematika
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala.
• Melakukan operasi hitung dengan menggunakan skala.
• Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan skala.
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarkuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Ø    Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep skala.
Ø    Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala.
Ø    Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala.
IPS
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
• Mengenal bentuk, fungsi, dan peran lembaga ekonomi yang ada di masyarakat.
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
• Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menyebutkan bentuk lembaga ekonomi yang ada di Indonesia dengan cermat.
                        Dengan praktik, siswa dapat membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial,ekonomi, dan budaya dengan teliti.
                        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk lembaga perdagangan internasional.
                        Dengan praktik, siswa dapat membuat surat permintaan dengan cermat.
                        Dengan pengamatan siswa dapat menjelaskan manfaat-manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah dengan cermat.
                        Dengan berdasarkan pengalaman, siswa dapat menceritakan tindakan dirinya yang telah menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di sekolah dengan percaya diri.
                        Dengan berhitung, siswa dapat melakukan operasi hitung dengan menggunakan skala dengan teliti.
                        Dengan menyelesaikan permasalahan, siswa dapat menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan mandiri.
                        Dengan kegiatan berhitung, siswa dapat menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan teliti.
                        Dengan menyelesaian permasalahan, siswa dapat memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan cermat.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
                        Menggali informasi dari teks bacaan
                        membuat artikel sederhana
                        Mengidentifikasi bentuk-bentuk lembaga perdagangan internasional
                        Membuat surat permintaan
                        Menceritakan tindakan dirinya
                        Berhitung
                        Menggali informasi dari teks bacaan

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang bentuk lembaga ekonomi, teks bacaan tentang surat permintaan, konsep perbandingan
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa, misalnya: Apa kegunaan denah/peta?
                        Siswa mengamati denah pada buku siswa.
                        Siswa mengemukakan pendapatnya terhadap gambar denah yang diamati.
                        Siswa mengulang kembali cara menghitung menggunakan skala perbandingan.
                        Siswa bertanya jawab untuk mengulang pemahaman tentang konsep perbandingan.
                        Siswa berlatih mengerjakan soal pada buku siswa.
                        Siswa mengerjakan tugas secara mandiri.
                        Siswa diminta untuk teliti dalam menghitung skala.
                        Hasil pekerjaan siswa dibahas secara klasikal. Siswa yang masih salah dalam menjawab dapat bertanya kepada siswa lain atau kepada guru.
Siswa diarahkan untuk kegiatan selanjutnya.
                        Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa
                        Siswa mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan yang ada pada gambar tersebut.
                        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan arahan, misalnya: Apa sajakah bentuk lembaga ekonomi yang kamu ketahui? Apa manfaat lembaga ekonomi tersebut?
                        Siswa mencari informasi mengenai salah satu bentuk lembaga ekonomi di Indonesia, yaitu koperasi.
Siswa menuliskan informasi yang didapat tentang bentuk dan manfaat koperasi.
                        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulasi pengetahuan, seperti : Apa yang dimaksud dengan koperasi? Apa manfaat koperasi bagi masyarakat?
                        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk lembaga ekonomi di Indonesia selain koperasi, yaitu BUMN.
                        Siswa mencari informasi tentang lembaga ekonomi BUMN.
                        Siswa mencari informasi melalui orangtua atau guru, surat kabar,majalah atau internet
                        Siswa menyebutkan perilaku-perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
                        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulasi pengetahuan siswa, seperti: Apa yang dimaksud dengan hak? Apa perbedaan hak dan kewajiban?
                        Siswa mencari informasi tentang hak dan kewajiban anggota koperasi melalui orangtua atau guru, surat kabar,majalah atau internet.
                        Siswa menulis hasil pengamatannya dalam tabel pada buku siswa.
                        Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan siswa lain dalam kelompok kecil atau klasikal.
                        Siswa mendiskusikan perilaku mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah.
                        Siswa menjelaskan pentingnya perilaku menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah.
                        Siswa menjelaskan manfaat dari perilaku tersebut.
                        Siswa menulis hasil diskusinya pada tabel yang tersedia di buku siswa.
                        Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang siswa.
                        Siswa pro-aktif dalam diskusi kelompok.
Siswa menyebutkan bentuk-bentuk surat perdagangan.
                        Siswa menjawab pertanyaan untuk menstmulasi pengetahuan, seperti: Apa yang dimaksud dengan surat permintaan? Apa unsur-unsur dalam surat permintaan?
                        Siswa membuat surat permintaan berdasarkan petunjuk pada buku siswa.
                        Secara bergantian setiap siswa mempresentasikan surat permintaan yang telah dibuat. Siswa lain memberi tanggapan dan masukan.
                        Siswa menyebutkan kembali bentuk-bentuk kerja sama antarnegara yang telah dipelajari.
                        Guru menyajikan beberapa bentuk gambar/ lambang kerja sama antarnegara.
                        Siswa menyampaikan pendapatnya tentang peran serta lembaga-lembaga regional.
                        Siswa mencari informasi tentang lembaga tersebut dan Negara yang menjadi anggotannya.
                        Siswa diminta untuk menulis pemahamannya di lembar tugas.
                        Siswa mempresentasikan hasil “Bentuk-bentuk Lembaga Ekonomi di Indonesia” secara mandiri dan percaya diri.
                        Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya.
                        REMEDIAL
                        Latihan 1
Skala pada denah 1 : 1.000. Jarak antara rumah Beni dan rumah Edo adalah 5 cm. Tentukan jarak sesungguhnya kedua tempat tersebut!
a. 500 km c. 5.000 km
b. 50 km d. 5 km
Latihan 2 Apakah kepanjangan dari “KUD”!
Latihan 3 Sebutkan bentuk-bentuk lembaga ekonomi yang kamu ketahui!
Latihan 4 Apakah kepanjangan dari BUMN?
Latihan 5 Sebutkan hak dan kewajiban anggota koperasi!
PENGAYAAN
Latihan 1 Skala denah menunjukkan 1 : 2.500. Jelaskan arti dari skala tersebut!
Latihan 2 Sebutkan macam-macam koperasi.
Latihan 3 Siapakah Bapak Koperasi Indonesia?
Latihan 4 Bagaimana jika kamu tidak melakukan kewajiban sebagai anggota koperasi?
Latihan 5 Mengapa hak dan kewajiban harus seimbang?
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….





Tidak ada komentar:

Posting Komentar