Kelas yang indah dan nyaman adalah idaman bagi setiap guru
dan siswa. Bahkan orangtua maupun wali muridpun tentu akan senang dan bahagia
jika anak-anaknya berada di kelas yang bersih. Kelas yang indah dan bersih
tentulah sangat didambakan, apalagi bagi guru-guru kelas yang terlibat di
dalamnya. Kadangkala, sebuah kelas yang nyaman, tidak terlepas pengaruhnya dari
campur tangan guru kelasnya. Guru kelas yang kreatif dan inovatif senantiasa
berusaha mencari solusi apa saja, dan bagaimana caranya supaya dapat
menciptakan sebuah kelas yang nyaman, yang tentu saja disukai oleh
siswa-siswanya.
Munculnya kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013, telah
mendorong para guru untuk mulai memikirkan cara pengaplikasiannya dan
penerapannya di kelas. Kurikulum ini menempatkan hasil karya siswa sebagai
salah satu komponen yang sangat penting yang harus dijaga dan disimpan dalam
bentuk portofolio siswa. Banyak manfaat yang kita rasakan, ketika kita sudah
mulai bisa memahami makna dan tujuan dari Kurikulum ini, terutama ketika kita
mulai harus mencoba mempraktekkannya, salah satunya adalah kurikulum ini
mengajarkan kepada kita untuk teliti, rapi dan rajin dalam mengumpulkan hasil
pekerjaan siswa di kelas.
Hasil pekerjaan siswa tersebut bisa kita manfaatkan sebagai
pajangan untuk hiasan kelas yang menarik, selain manfaatnya yang sangat besar
dalam memotivasi siswa untuk berkarya, pekerjaan siswa juga bisa meringankan
para guru kelas dalam membuat hiasan kelas yang menarik. Selain daripada itu,
keuntungan mengumpulkan hasil karya siswa juga telah membawa kita untuk
senantiasa melakukan penghematan energi, yaitu hemat dalam penggunaan bahan,
baik pemakaian bahan-bahan yang bisa didaur ulang maupun usaha kita untuk
menghemat tenaga, contohnya kertas.
Hasil kerja siswa yang ditulis di kertas bisa kita manfaatkan
sebagai pernak-pernik hiasan kelas, karena sudah diselesaikan oleh siswa dalam
proses pembelajaran. Selain daripada itu semua bahan yang kita gunakan adalah
bahan yang biasa digunakan oleh siswa dalam belajar. Oleh sebab itu, banyak
sekali manfaat yang bisa meringankan kerja guru, namun mampu membuat guru
menjadi lebih kreatif dan bijaksana dalam mengelola kelasnya.
Referensi berikut ini, barangkali bisa menjadi bahan
pertimbangan maupun ide bagi para guru kelas terutama yang mengajar di SD,
untuk bisa lebih kreatif dan inovatif menciptakan suasana lingkungan kelas yang
nyaman, bersih dan indah. Selain kita bisa menerapkan kurikulum 2013 dengan
bijaksana dan profesional, para siswa pun akan merasa puas, betah dan senang
berada di dalam kelasnya. Dan tentu saja dapat membangkitkan semangat siswa
dalam belajar.
Pertama-tama, marilah kita tata susunan tempat kita akan memajang
hasil karya siswa. Pilihlah karya-karya yang terbaik, tempatkan karya-karya
tersebut pada bagian paling atas, susun sedemikian rupa hingga space yang
dipakai dapat dihemat, dan bisa dipakai untuk hasil karya yang lain. Lihat
gambar.
Siapkan juga map untuk masing-masing siswa, sebagai tempat
hasil pekerjaannya, pajangan yang sudah dipajang beri batas waktu, misalnya
paling lama dipajang selama 1 semester, semester berikutnya ganti pajangan
pekerjaan siswa dengan yang baru, agar terciptanya suasana yang baru di dalam
kelas. Ketika acara pembagian rapor, kumpulkan semua karya siswa yang dipajang
di papan pajangan kelas dan masukkan ke dalam folder yang disiapkan tadi, maka
jadilah portofolio siswa untuk 1 semester.
Apabila sudah dinilai oleh guru, berikan portofolio siswa
tersebut ke orang tua siswa, agar bisa dijilid menjadi satu. Jadikan sebagai
hasil kerja siswa selama mereka menempuh pendidikan di Sekolah Dasar, simpan
dengan rapi, suatu saat nanti ketika mereka telah menyelesaikan sekolahnya, hasil
karya mereka di Sekolah Dasar masih bisa mereka lihat sebagai kenang-kenangan
yang indah. Wow…keren khan..
Nah, teman-teman sesama guru kelas, mari kita ciptakan kelas
yang indah dan menarik agar suasana nyaman benar-benar terasa di kelas kita,
sehingga anak didik kita betah untuk belajar di dalam kelas, kitapun sebagai
guru akan semangat memberikan pengajaran kepada mereka, semoga artikel ini bisa
bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga perjuangan para guru untuk menciptakan
generasi yang terampil, berwawasan luas dan inovatif dihitung sebagai ladang
amal kita kelak di akhirat…amin,,,
Jadi ingat lagu Kurikulum 2013, yang iramanya seperti lagu
“Tenda Biru” dinyanyikan oleh Desy Ratnasari. Tentu masih ingatkan..?
Tanda Baru
Tak sengaja lewat depan kelasmu
Kumelihat ada tanda baru
Dihiasi gambar dan puisi
Aku bertanya karya siapakah ini
Kupercaya hasil murid kreatif
T’lah diajar guru yang inovatif
Yang membuat murid menjadi aktif
Sehingga kelas menjadi atraktif
Tanpa menunggu perintah dari atasan
Kau coba ide tanpa menjadi beban
Tak banyak cakap kau buat murid senang
Kau kreasikan pembelajaran yang terkenang
Kau yakin itu sepenuh hati
Untuk membangun generasi nanti
Tak lelah jua kau berkreasi
untuk penuhi panggilan profesi
*) Ditulis oleh : Delta Nia, S.Pd, M.Pd. Guru SDIT Al
Ittihad Rumbai-Pekanbaru
SekolahDasar.Net | 24/11/2014 | #Kurikulum 2013
#Pembelajaran K
Sumber:
http://www.sekolahdasar.net/2014/11/kurikulum-2013-mendorong-guru-untuk-kreatif.html#ixzz3K4c0qFjv
Tidak ada komentar:
Posting Komentar