Rabu, 05 November 2014

RPP Kl 5 t3-3-5

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
                        Sub Tema               :  Cara Menjaga Kerukunan (ST3)
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalammengolah karya seni
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
3.2.1 Memahami harmoni musik.
4.10 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan iringan musik.
4.10.2 Menjelaskan tentang iringan tari.
4.10.3 Menentukan iringan musik yang akan digunakan untuk mengiringi rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi yang telah dibuat.

PJOK
1.1      Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
3.3.3 Menjelaskan cara melompat mencapai sasaran dengan gaya yang benar.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
4.3.3 Lompat mencapai sasaran dengan gaya yang benar.

Bahasa Indonesia
1.2      Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.2 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta system pernapas an melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.13 Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang pertahanan dan keamanan.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.13 Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang pertahanan dan keamanan bagi Indonesia.

IPA
1.1    Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.5. Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik.
4.4 Membuat kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi.
4.4.2. Membuat kompas sederhana.
4.4.3. Menguji kompas yang dibuat dan menyempurnakannya.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.                  Dengan berdiskusi dalam kelompok, siswa mampu menjelaskan tentang harmoni musik untuk iringan tari.
2.                  Dengan menari Dut Bidut, siswa mampu menentukan iringan musik yang akan digunakan untuk mengiringi rangkaian gerak tari bertema.
3.                  Dengan melakukan kegiatan menggunakan kompas, siswa menguji kompas sederhana yang dibuat dan menyempurnakannya.
4.                  Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan cara melompat mencapai sasaran dengan gaya yang benar.
5.                  Dengan berlatih melompat, siswa mampu melompat mencapai sasaran dengan gaya yang benar.
6.                  Dengan membaca teks bacaan , siswa mampu menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang pertahanan dan keamanan.
7.                  Dengan berdiskusi bersama kelompok, siswa mampu memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang pertahanan dan keamanan bagi Indonesia.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
                        Harmoni musik untuk iringan tari
                        Iringan musik yang
                        Kompas
                        Melompat mencapai sasaran gaya yang benar
                        Perdagangan internasional

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang hubungan perdagangan dan pertahan keamanan suatu negara, kompas sederhana.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti

1.        Pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada buku siswa.
2.        Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
3.        Siswa membaca teks bacaan yang menerangkan gambar tentang iringan tari.
4.        Siswa berdiskusi dan mengemukakan pendapat tentang fungsi iringan tari.
5.        Bersama kelompok kerjanya, siswa mendefinisikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih iringan tari.
6.        Siswa bersama kelompok menuangkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan.
7.        Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
8.        Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang gambar tersebut.
9.        Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang membuat kompas sederhana.
10.    Guru menjelaskan fungsi kompas.
11.    Siswa diminta untuk melakukan uji coba kompas sederhana yang telah dibuat.
12.    Siswa diminta untuk mebuat pertanyaa tentang uji coba kompas yang telah dibuat.
13.    Siswa melakukan kegiatan ini untuk menguji kompas yang mereka buat sebelumnya, dan menyempurnakan kompas tersebut apabila ditemukan beberapa kelemahan.
14.    Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan variasi pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
15.    Siswa diarahkan untuk kegiatan selanjutnya.
16.    Siswa diminta untuk melakukan lompatan yang tepat sasaran.
17.    Siswa diminta untuk melmpat pada sasaran yang sudah disiapkan.
18.    Siswa diminta untuk mengikuti instruksi guru.
19.    Guru memeragakan gerakan melompat katak.
20.    Siswa diminta untuk mengikuti instruksi guru.
21.    Siswa menggali informasi dari teks bacaan tentang manfaat perdagangan internasional bagi pertahanan dan keamanan sebuah bangsa.
22.    Siswa mengulang kembali pembelajaran sebelumnya tentang kerja sama perdagangan.
23.    Siswa diminta untuk memahami hubungan antara perdagangan dan pertahanan keamanan.
24.    Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang manfaat hubungan antara  perdagangan, pertahanan dan keamanan.
25.    Guru dapat memberikan pertanyaan arahan seperti Mengapa bidang pertahan dan keamanan dapat mempengaruhi kerja sama perdagangan antarnegara?
26.    Siswa diminta pendapatnya tentang pengaruh pertahanan dan keamanan bagi perdagangan.
27.    Siswa melakukan diskusi untuk menambah pemahamannya.
28.    Siswa menuangkan hasil diskusinya dalam bentuk tulisan yang berisi manfaat perdagangan internasional bagi Indonesia dalam bidang pertahanan dan keamanan.
29.    Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara mandiri dan percaya diri.
30.    Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya.
REMEDIAL
Latihan 1 Apakah fungsi iringan tari?
Latihan 2 Sebutkan alat musik ritmis yang kamu ketahui!
Latihan 3 Sebutkan nama mata angin setelah Utara!
a. Timur Laut b. Tenggara c. Selatan d. Barat
Latihan 4 Mengapa kita perlu menjaga kerukunan antarbangsa?
Latihan 5 Sebutkan perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan antarbangsa!
c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar