RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N Kaliwungu 04
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasiwaktu : 7
jp
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan factual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku
bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan Masyarakat.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan
gerak tangan.
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan
tinggi rendah nada.
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C. INDIKATOR
PPKn
1.
Menjelaskan keberagaman
yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
2. Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
3. Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
IPS
1. Menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
Seni
Budaya dan Prakarya
1. Menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
Bahasa
Indonesia
1.
Mengolah informasi dari
teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
D. TUJUAN
1.
Setelah mengamati
gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di
Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.
Setelah membaca teks
“Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta
pikiran dengan benar.
3.
Setelah mencari
informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
dengan benar.
4.
Setelah bernyanyi dan
berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan
menjadi anak Indonesia dengan benar.
5.
Setelah bernyanyi dan
berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang
sesuai.
E. MATERI
1. Peta
budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat,
rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
2. Teks “Mengenal Suku
Minang”.
3.
Ciri khasdaerah dapat
dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara
adat, dan lain-lain).
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
a.
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9.
b.
Mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila.
c.
Guru memberikan salam
dan mengajak berdoa.
d.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
e.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.
f.
Guru menyiapkan fisik
dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
g.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
2. Inti
a.
Siswa mengamati peta
budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music
tradisional.
b.
Siswa menjawab
pertanyaan yang ada pada buku siswa.
c.
Guru berkeliling untuk
mengetahui apakah ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
d.
Siswa mendiskusikan
jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa).
e.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya.
f.
Siswa membaca teks
“Mengenal Suku Minang”.
g.
Siswa mengambil
informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta
pikiran.
h.
Siswa berpasangan
mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil
jawaban tersebut di depan kelas.
i.
Setelah membuat peta
pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang
ada pada buku siswa.
Untuk menggiring siswa pada pelajaran
selanjutnya, guru secara klasikal mengajukan pertanyaan berikut:
·
Dari manakah asal
daerah kalian?
·
Apakah ciri khas daerah
asalmu?
Ayo Cari Tahu
a.
Siswa mencari asal-usul
daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku,
agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khasdaerah dapat dilihat dari
berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan
lain-lain).
b.
Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara.
c.
Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
d.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
e.
Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman.
Ayo Bernyanyi
a. Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai
dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
Siswa bernyanyi bersama.
b. Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa
menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
Ayo Bekerja sama
a.
Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam
kelompoknya.
b.
Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
c.
Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak
Indonesia.
Ayo Ceritakan
a.
Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak
Indonesia.
b.
Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak
Indonesia.
c.
Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.
3. Penutup
1)
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2)
Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka
alami,serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3)
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membaca
kanjawaban mereka.
4)
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambah kan informasi
dari siswa lainnya.
5)
Guru menyampaikan pesan
moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa.
Tugas rumah bersama orang tua
6)
Siswa mencari informasi
lain tentang keberagaman budaya Indonesia.
7)
Siswa dapat bertanya
kepada orang tua atau orang di sekitar, menonton televisi, atau membaca buku.
8)
Hafalan Matrik
Perkalian 1-9.
9)
Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
a.
Siswa dapat mencari tambahan
informasi tentang keberagaman di Indonesia melaluiinternet, koran, narasumber,
atau majalah.
Remedial
b.
Kegiatan remedial
diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami
c. peta
pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30
menit.
G. SUMBER DAN MEDIA
·
Dirianak,
Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
·
Buku Pedoman
Guru Tema 1Kelas 4 halaman 4-10 dan Buku SiswaTema 1Kelas 4 halaman 1-9 (BukuTematik
Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan
Diri Anak.
·
Gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
H. PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari
kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrument penilaian hasilbelajar dengan testulisd an lisan (terlampir).
- InstrumenPenilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. PenilaianHasilBelajar
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
|
Kaliwungu
Guru Kelas 4
Tri Abiyanto
|
Kisi-Kisi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Jenis tes
|
Ranah
|
Bentuk
|
No Soal
|
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3
Bekerja sama dengan teman dalam
keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku
bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar.
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman
di rumah, sekolah dan Masyarakat.
IPS
3.5
Memahami manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Seni Budaya
dan Prakarya
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan
tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan
dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Bahasa Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
|
PPKn
1. Menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
2. Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
3. Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
IPS
2.
Menjelaskan sikap yang harus
ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
Seni
Budaya dan Prakarya
2.
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “
dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
Bahasa
Indonesia
2.
Mengolah informasi dari teks
“Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
|
|
|
|
|
Penilaian
1. Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
1)
Peta
pikiran memuat rumah adat.
2)
Peta
pikiran memuat bahasa.
3)
Peta
pikiran memuat alat musik tradisional.
4)
Peta
pikiran memuat makanan tradisional.
5) Peta pikiran memuat tarian
tradisional.
|
|
|
Daftar Nilai
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Daftar periksa untuk sikap menunjukkan
keberagaman. (IPS dan PPKn)
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
1)
Menuliskan
5 sikap menghargai keberagaman
2) Menuliskan 5 sikap yang tidak
menghargai keberagaman
|
|
|
Daftar Nilai
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
1)
Bernyanyi
sesuai dengan intonasi yang benar.
2) Bernyanyi sesuai dengan tinggi
rendah nada.
|
|
|
Daftar Nilai
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus Sekali
3
|
Cukup
2
|
Berlatih lagi
1
|
Mendengarkan
.
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
|
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.
|
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.
|
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara
runtut.
|
Catatan : Centang
(V) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total
nilai :12 x 10
Daftar Nilai
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar