Selasa, 04 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :  SD N Kaliwungu 04
Kelas / Semester              :  4 /1
Tema                                :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema                         :  Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke               :  1
Alokasiwaktu                  :  7 jp

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

PPKn
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3     Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4     Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan Masyarakat.

IPS
3.5     Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5     Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Seni Budaya dan Prakarya
3.3       Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5       Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.


Bahasa Indonesia
3.1     Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

C.    INDIKATOR
PPKn
1.      Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
2.      Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
3.      Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.

IPS
1.      Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.

Seni Budaya dan Prakarya
1.      Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.

Bahasa Indonesia
1.      Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.

D.    TUJUAN
1.      Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.      Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3.      Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5.      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang
sesuai.

E.     MATERI
1.      Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
2.      Teks “Mengenal Suku Minang”.
3.      Ciri khasdaerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                   : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah


G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan
a.         Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
b.         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
c.          Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
d.         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
e.          Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.
f.          Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
g.         Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

2.      Inti
a.       Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
b.         Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
c.          Guru berkeliling untuk mengetahui apakah ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
d.         Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa).
e.          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
f.          Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
g.         Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.
h.         Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
i.           Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal mengajukan pertanyaan berikut:
·         Dari manakah asal daerah kalian?
·         Apakah ciri khas daerah asalmu?
Ayo Cari Tahu
a.       Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khasdaerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
b.      Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara.
c.       Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
d.      Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
e.       Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman.

Ayo Bernyanyi
a.       Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
Siswa bernyanyi bersama.
b.      Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.

Ayo Bekerja sama
a.       Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
b.      Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
c.       Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.

Ayo Ceritakan
a.       Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
b.      Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
c.       Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.


3.      Penutup
1)      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2)      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3)      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membaca kanjawaban mereka.
4)      Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambah kan informasi dari siswa lainnya.
5)      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa.

Tugas rumah bersama orang tua
6)      Siswa mencari informasi lain tentang keberagaman budaya Indonesia.
7)      Siswa dapat bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar, menonton televisi, atau membaca buku.
8)      Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
9)      Salam dan doa penutup.

Pengayaan
a.       Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang keberagaman di Indonesia melaluiinternet, koran, narasumber, atau majalah.
Remedial

b.      Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami
c.       peta pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.





G.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1Kelas 4 halaman 4-10 dan Buku SiswaTema 1Kelas 4 halaman 1-9 (BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.

H.    PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasilbelajar dengan testulisd an lisan (terlampir).

  1. InstrumenPenilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      PenilaianHasilBelajar
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Kaliwungu
Guru Kelas 4


Tri Abiyanto













Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Jenis tes
Ranah
Bentuk
No Soal
PPKn
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4  Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan Masyarakat.

IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Seni Budaya dan Prakarya
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.


Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.


PPKn
1.      Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
2.      Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
3.      Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.







IPS
2.      Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.



Seni Budaya dan Prakarya
2.      Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.




Bahasa Indonesia
2.      Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.







Penilaian
1.      Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Sudah
Belum
1)    Peta pikiran memuat rumah adat.
2)    Peta pikiran memuat bahasa.
3)    Peta pikiran memuat alat musik tradisional.
4)    Peta pikiran memuat makanan tradisional.
5)      Peta pikiran memuat tarian tradisional.



Daftar Nilai
No
Nama
Kriteria
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4
5
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









































2.         Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
Kriteria
Sudah
Belum
1)    Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
2)      Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman



Daftar Nilai
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Skor
Nilai
Ket
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11



















































3.         Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria
Sudah
Belum
1)    Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar.
2)      Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada.



Daftar Nilai
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Skor
Nilai
Ket
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11



















































4.         Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
3
Cukup
2
Berlatih lagi
1
Mendengarkan
.

Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.

Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.

Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)

Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.

Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
Keruntutan
berbicara

Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.

Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut.

Catatan : Centang (V) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian       : total nilai :12 x 10


Daftar Nilai
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Skor
Nilai
Ket
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar