RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Bangga sebagai Bangsa
Indonesia (T5)
Sub Tema : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya (ST2)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
- Kompetensi Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah
air.
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Menjelaskan
bentuk-bentuk kegiatan ekspor import jasa antara Indonesia dan luar negeri.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antar bangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
• Membuat
contoh iklan layanan masyarakat.
PPKn
3.1 Memahami nilai
simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan di sekolah.
Memberikan contoh
perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila
ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang
mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
• Menceritakan
perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila ketiga Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila.
IPS
3.5
Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Menunjukkan
sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya.
4.3
Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
di wilayah Indonesia.
• Menyusun
sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya
keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
SBdP
3.3 Memahami fungsi
properti yang dapat digunakan dalam tari.
Menjelaskan fungsi
properti tari.
4.12 Memperagakan gerak
tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan
iringan.
• Latihan
memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan menggununakan properti dan iringan musik.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu
menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor jasa antara Indonesia dan
luar negri dengan mandiri.
Dengan membuat proyek bersama kelompok, siswa mampu membuat
contoh iklan layanan masyarakat dengan disiplin.
Dengan membuat kesimpulan dari bacaan, siswa menunjukkan
sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya dengan cermat.
Dengan melakukan kegiatan wawancara dan menyusun laporan
hasilnya, siswa mampu menyusun laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang
menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan
bertanggung jawab.
Dengan membuat kartu persatuan, siswa mampu memberikan
contoh perilaku di sekolah dan masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila dengan kreatif.
Dengan memperagakan gerakan tari yang telah dipelajari
sebelumnya, siswa mampu berlatih memperagakan rangkaian gerak tari bertema
berdasarkan gagasan imajinasi dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
• Bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor
jasa anatar Indonesia dan luar negri
• Iklan Layanan Masyarakat
• Sifat dan karakteristik
manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan
lingkungan sosial dan budayanya
• Aktivitas manusia yang
menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
• Perilaku di sekolah dan
masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
• Rangkaian gerak tari bertema
berdasarkan gagasan imajinasi
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, pengetahuan tentang Tenaga
Kerja Indonesia (TKI), Gambar-gambar contoh Iklan Layanan Masyarakat (ILM),
Teori ciri dan karakteristik Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teknik membuat
pertanyaan wawancara, melakukan wawancara dan membuat laporan hasil wawancara
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
Peserta didik mengamati gambar secara cermat tentang para
Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
Siswa membaca teks bacaan dengan cermat dan mencari
keterkaitan isi bacaan dengan kegiatan ekspor impor jasa Indonesia dengan luar
negeri.
Siswa diminta memberikan pendapat tentang gambar dan teks
bacaan.
Siswa menanya isi teks bacaan dan menjawab pertanyaan yang
diajukan temannya berdasarkan teks bacaan.
Siswa menjawab pertanyaan temannya berdasarkan acuan yang
telah diberikan dengan rinci sesuai dengan pemahaman mereka berdasarkan teks
bacaan.
Siswa mengajukan pertanyaan lanjutan untuk memperdalam pengetahuan
mereka tentang topik yang dibicarakan.
Siswa bekerja secara berkelompok masing-masing 3 orang
mencari informasi tentang macam-macam iklan.
Siswa membuat sebuah iklan layanan masyarakat dengan
memperhatikan definisi iklan layanan masyarakat baik dalam bentuk poster maupun
iklan televisi.
Siswa membaca dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang
diberikan.
Siswa menentukan gambar dan pesan yang akan mereka tulis
dalam poster mereka.
Siswa mendekorasi iklan poster mereka dengan kertas
berwarna spidol atau pensil warna-warni.
Siswa membuat skenario dan menentukan unsur pendukung lain
seperti musik, properti dan alat-alat lain yang diperlukan.
Siswa berlatih secara berkelompok dan mempresentasikan
hasil iklan layanan masyarakat mereka di depan kelas.
Siswa menyimak sebuah percakapan dan menganalisis permasalahan
dalam percakapan tersebut.
Siswa menulis pemahaman mereka mengenai percakapan di
lembar yang telah disediakan.
Siswa merencanakan dan melakukan proses wawancara dengan
anggota keluarga.
Siswa memperhatikan petunjuk atau cara kerja.
Siswa menyusun daftar pertanyaan yang sesuai dengan tujuan
wawancara.
Siswa melakukan tahap-tahap cara kerja yang telah
diberikan.
Siswa menulis laporan hasil wawancara dan menulis kesimpulan
dari kegiatan wawancara.
Siswa mempresentasikan hasil laporan wawancara dengan sikap
penuh percaya diri.
Siswa membuat kartu penerapan sila ke 3 Pancasila.
Siswa memperhatikan tahap pembuatan kartu dengan seksama.
Siswa menggambar lambang sila ke 3 dan menulis sila
Pancasila.
Siswa menyajikan penerapan sila ke 3 di lingkungan sekolah
di kartu ke 2 dan 3.
Siswa menerapkan sila ke 3 di lingkungan rumah.
Siswa bertukar kartu dan pengetahuan dengan teman-teman
secara bergantian.
Siswa mengingat kembali gerak tari yang telah mereka pelajari
pada pembelajaran sebelumnya.
Siswa menuliskan tahapan dan cara gerakan dasar tari yang
mereka ketahui dengan rinci.
Siswa memperhatikan tambahan gerakan dasar tarian dengan
melihat gambar yang ada.
Siswa diminta menggabungkan gerakan dasar tarian tersebut.
Siswa berlatih secara berkelompok serta menampilkan tarian
tersebut dengan kompak dan penuh percaya diri.
Siswa bekerja sama dengan kelompok lain untuk mengiringi
tarian kelompok mereka dengan musik yang bersal dari benda-bend yang ada
sekitar.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP.
…………………………
|
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,
………………………………
NIP………………………….
|
Lampiran
Penilaian
1. Sikap
Bubuhkan tanda centang (√) di kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Percaya
Diri
|
Teliti
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket. : BT: Belum Terlihat; MT: Mulai Terlihat; MB: Mulai Berkembang; SM: Sudah Membudaya.
2. Pengetahuan
3. Keterampilan
a. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik
...
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik
penilaian ...
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
|||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|||||||||
2
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik ....
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
|
|
|
|
|
d. Penilaian
Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Percaya Diri
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
|
2.
|
Teliti
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Tanggung Jawab
|
||||
5.
|
Santun
|
e. Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1.
|
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
2.
|
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
3.
|
Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menjawab pertanyaan
|
|
·
Jawaban betul
|
1
|
Soal no. 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa
mengidentifikasi struktur teks observasi
|
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Soal no. 3
Aspek
|
Skor
|
Siswa
mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks
laporan hasil observasi
|
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian :
Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup bagus
|
Perlu berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara (2)
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingkatan (1,5)
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara (1)
|
Komunikasi non
verbal (kontak, mata, bahasa, tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat (3)
|
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman (2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
(1)
|
Partisipasi (penyampaian ide, perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaan
menginspirasi teman, selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi (3)
|
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topic. (2)
|
Jarang
berbicara selama proses diskusi berlangsung (1)
|
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Berlatih Lagi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian :
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Usaha Maksimal
|
Usaha Baik
|
Usaha Cukup
|
Usaha Yang
Kurang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Skor
4
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
|
|
|
|
|
N =
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
Lembar pengamatan kegiatan diskusi :
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (Ö)
|
Belum Terlihat (Ö)
|
1
|
Kemampuan
bertanya
|
……………..
|
……………..
|
2
|
Kemampuan
menjawab pertanyaan
|
……………..
|
……………..
|
3
|
Keberanian
menyampaikan pendapat
|
……………..
|
……………..
|
Rumus perhitungan sebagai berikut :
Keterangan :
-
Jumlah
skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria
1 dan kriteria 2
-
Skor
ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada
contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
Perhitungan nilai akhir siswa :
-
Beni
: x 100
= 87,5 Dayu : x 100
= 100
Instrumen observasi berbentuk lembar
pengamatan
Contoh lembar pengamatan kegiatan ...
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (Ö)
|
Belum Terlihat (Ö)
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi guru
|
……………
|
……………
|
2
|
Siswa
terlibat aktif dalam ...
|
……………
|
……………
|
3
|
Siswa
mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan ...
|
……………
|
……………
|
Catatan : Guru memberikan tanda (Ö) pada setiap
kriteria sesuai dengan kinerja siswa
Hasil pengamatan kegiatan ....
|
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
No.
|
Nama Siswa
|
Terlihat
(Ö)
|
Belum Terlihat
(Ö)
|
Terlihat
(Ö)
|
Belum Terlihat
(Ö)
|
Terlihat
(Ö)
|
Belum Terlihat
(Ö)
|
1
|
Cak
Rokhman
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
2
|
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
3
|
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
4
|
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
5
|
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
……..
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap
kriteria sesuai dengan kinerja siswa.
Lampiran
PERENUNGAN
(diadaptasi dari
Taxonomy of Reflection, Peter Pappas)
1.
Mengingat
-
Apa
yang kamu lakukan?
RPP KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD ...
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Bangga sebagai Bangsa
Indonesia (T5)
Sub Tema : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya (ST2)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah
air.
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Menjelaskan
bentuk-bentuk kegiatan ekspor import jasa antara Indonesia dan luar negeri.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antar bangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
• Membuat
contoh iklan layanan masyarakat.
PPKn
3.1 Memahami nilai
simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan di sekolah.
Memberikan contoh
perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila
ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang
mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
• Menceritakan
perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila ketiga Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila.
IPS
3.5
Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Menunjukkan
sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya.
4.3
Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
di wilayah Indonesia.
• Menyusun
sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya
keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
SBdP
3.3 Memahami fungsi
properti yang dapat digunakan dalam tari.
Menjelaskan fungsi
properti tari.
4.12 Memperagakan gerak
tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan
iringan.
• Latihan
memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan menggununakan properti dan iringan musik.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu
menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor jasa antara Indonesia dan
luar negri dengan mandiri.
Dengan membuat proyek bersama kelompok, siswa mampu membuat
contoh iklan layanan masyarakat dengan disiplin.
Dengan membuat kesimpulan dari bacaan, siswa menunjukkan
sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya dengan cermat.
Dengan melakukan kegiatan wawancara dan menyusun laporan
hasilnya, siswa mampu menyusun laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang
menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan
bertanggung jawab.
Dengan membuat kartu persatuan, siswa mampu memberikan
contoh perilaku di sekolah dan masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila dengan kreatif.
Dengan memperagakan gerakan tari yang telah dipelajari
sebelumnya, siswa mampu berlatih memperagakan rangkaian gerak tari bertema
berdasarkan gagasan imajinasi dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
• Bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor
jasa anatar Indonesia dan luar negri
• Iklan Layanan Masyarakat
• Sifat dan karakteristik
manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan
lingkungan sosial dan budayanya
• Aktivitas manusia yang
menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
• Perilaku di sekolah dan
masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
• Rangkaian gerak tari bertema
berdasarkan gagasan imajinasi
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku
Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, pengetahuan tentang Tenaga
Kerja Indonesia (TKI), Gambar-gambar contoh Iklan Layanan Masyarakat (ILM),
Teori ciri dan karakteristik Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teknik membuat
pertanyaan wawancara, melakukan wawancara dan membuat laporan hasil wawancara
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka
pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita,
bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan,
mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
Peserta didik mengamati gambar secara cermat tentang para
Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
Siswa membaca teks bacaan dengan cermat dan mencari
keterkaitan isi bacaan dengan kegiatan ekspor impor jasa Indonesia dengan luar
negeri.
Siswa diminta memberikan pendapat tentang gambar dan teks
bacaan.
Siswa menanya isi teks bacaan dan menjawab pertanyaan yang
diajukan temannya berdasarkan teks bacaan.
Siswa menjawab pertanyaan temannya berdasarkan acuan yang
telah diberikan dengan rinci sesuai dengan pemahaman mereka berdasarkan teks
bacaan.
Siswa mengajukan pertanyaan lanjutan untuk memperdalam pengetahuan
mereka tentang topik yang dibicarakan.
Siswa bekerja secara berkelompok masing-masing 3 orang
mencari informasi tentang macam-macam iklan.
Siswa membuat sebuah iklan layanan masyarakat dengan
memperhatikan definisi iklan layanan masyarakat baik dalam bentuk poster maupun
iklan televisi.
Siswa membaca dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang
diberikan.
Siswa menentukan gambar dan pesan yang akan mereka tulis
dalam poster mereka.
Siswa mendekorasi iklan poster mereka dengan kertas
berwarna spidol atau pensil warna-warni.
Siswa membuat skenario dan menentukan unsur pendukung lain
seperti musik, properti dan alat-alat lain yang diperlukan.
Siswa berlatih secara berkelompok dan mempresentasikan
hasil iklan layanan masyarakat mereka di depan kelas.
Siswa menyimak sebuah percakapan dan menganalisis permasalahan
dalam percakapan tersebut.
Siswa menulis pemahaman mereka mengenai percakapan di
lembar yang telah disediakan.
Siswa merencanakan dan melakukan proses wawancara dengan
anggota keluarga.
Siswa memperhatikan petunjuk atau cara kerja.
Siswa menyusun daftar pertanyaan yang sesuai dengan tujuan
wawancara.
Siswa melakukan tahap-tahap cara kerja yang telah
diberikan.
Siswa menulis laporan hasil wawancara dan menulis kesimpulan
dari kegiatan wawancara.
Siswa mempresentasikan hasil laporan wawancara dengan sikap
penuh percaya diri.
Siswa membuat kartu penerapan sila ke 3 Pancasila.
Siswa memperhatikan tahap pembuatan kartu dengan seksama.
Siswa menggambar lambang sila ke 3 dan menulis sila
Pancasila.
Siswa menyajikan penerapan sila ke 3 di lingkungan sekolah
di kartu ke 2 dan 3.
Siswa menerapkan sila ke 3 di lingkungan rumah.
Siswa bertukar kartu dan pengetahuan dengan teman-teman
secara bergantian.
Siswa mengingat kembali gerak tari yang telah mereka pelajari
pada pembelajaran sebelumnya.
Siswa menuliskan tahapan dan cara gerakan dasar tari yang
mereka ketahui dengan rinci.
Siswa memperhatikan tambahan gerakan dasar tarian dengan
melihat gambar yang ada.
Siswa diminta menggabungkan gerakan dasar tarian tersebut.
Siswa berlatih secara berkelompok serta menampilkan tarian
tersebut dengan kompak dan penuh percaya diri.
Siswa bekerja sama dengan kelompok lain untuk mengiringi
tarian kelompok mereka dengan musik yang bersal dari benda-bend yang ada
sekitar.
c.
Kegiatan
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral pembelajaran
hari ini. Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam
dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.
Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta
didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya,
bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
Lampiran
Penilaian
1. Sikap
Bubuhkan tanda centang (√) di kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Ket. : BT: Belum Terlihat; MT: Mulai Terlihat; MB: Mulai Berkembang; SM: Sudah Membudaya.
2. Pengetahuan
3. Keterampilan
a. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik
...
b. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik
penilaian ...
c. Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik ....
d. Penilaian
Proses
e. Penilaian
Hasil
Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Soal no. 2
Soal no. 3
Penilaian :
Rubrik Diskusi
Penilaian :
N =
Lembar pengamatan kegiatan diskusi :
Rumus perhitungan sebagai berikut :
Keterangan :
-
Jumlah
skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria
1 dan kriteria 2
-
Skor
ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada
contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
Perhitungan nilai akhir siswa :
-
Beni
: x 100
= 87,5 Dayu : x 100
= 100
Instrumen observasi berbentuk lembar
pengamatan
Contoh lembar pengamatan kegiatan ...
Catatan : Guru memberikan tanda (Ö) pada setiap
kriteria sesuai dengan kinerja siswa
Hasil pengamatan kegiatan ....
Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap
kriteria sesuai dengan kinerja siswa.
Lampiran
PERENUNGAN
(diadaptasi dari
Taxonomy of Reflection, Peter Pappas)
1.
Mengingat
-
Apa
yang kamu lakukan?
2.
Memahami
-
Apa
yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-
Apakah
tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?
3.
Menerapkan
-
Kapan
kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-
Dimana
kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?
4.
Menganalisis
-
Apakah
kamu melihat pola dan hubungan dari apa
yang kamu lakukan?
5.
Mengevaluasi
-
Seberapa
baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-
Apakah
kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-
Apa
yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?
6.
Menciptakan
-
Apa
yang kamu lakukan selanjutnya?
-
Apa
rencana kamu?
-
Apa
desain yang kamu buat?
|
2.
Memahami
-
Apa
yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-
Apakah
tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?
3.
Menerapkan
-
Kapan
kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-
Dimana
kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?
4.
Menganalisis
-
Apakah
kamu melihat pola dan hubungan dari apa
yang kamu lakukan?
5.
Mengevaluasi
-
Seberapa
baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-
Apakah
kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-
Apa
yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?
6.
Menciptakan
-
Apa
yang kamu lakukan selanjutnya?
-
Apa
rencana kamu?
-
Apa
desain yang kamu buat?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar