Senin, 03 November 2014

RPP SD K 13 kelas 1-5 081804592512

RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
                        Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya (ST2)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor import jasa antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Membuat contoh iklan layanan masyarakat.

PPKn
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan di sekolah.
Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Menceritakan perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

IPS
3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
Menjelaskan fungsi properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor jasa antara Indonesia dan luar negri dengan mandiri.
                        Dengan membuat proyek bersama kelompok, siswa mampu membuat contoh iklan layanan masyarakat dengan disiplin.
                        Dengan membuat kesimpulan dari bacaan, siswa menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya dengan cermat.
                        Dengan melakukan kegiatan wawancara dan menyusun laporan hasilnya, siswa mampu menyusun laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan bertanggung jawab.
                        Dengan membuat kartu persatuan, siswa mampu memberikan contoh perilaku di sekolah dan masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan kreatif.
                        Dengan memperagakan gerakan tari yang telah dipelajari sebelumnya, siswa mampu berlatih memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan imajinasi dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor jasa anatar Indonesia dan luar negri
• Iklan Layanan Masyarakat
• Sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
• Aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
• Perilaku di sekolah dan masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
• Rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan imajinasi
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, pengetahuan tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Gambar-gambar contoh Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teori ciri dan karakteristik Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teknik membuat pertanyaan wawancara, melakukan wawancara dan membuat laporan hasil wawancara
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Peserta didik mengamati gambar secara cermat tentang para Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
                        Siswa membaca teks bacaan dengan cermat dan mencari keterkaitan isi bacaan dengan kegiatan ekspor impor jasa Indonesia dengan luar negeri.
                        Siswa diminta memberikan pendapat tentang gambar dan teks bacaan.
                        Siswa menanya isi teks bacaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan temannya berdasarkan teks bacaan.
                        Siswa menjawab pertanyaan temannya berdasarkan acuan yang telah diberikan dengan rinci sesuai dengan pemahaman mereka berdasarkan teks bacaan.
                        Siswa mengajukan pertanyaan lanjutan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang topik yang dibicarakan.
                        Siswa bekerja secara berkelompok masing-masing 3 orang mencari informasi tentang macam-macam iklan.
                        Siswa membuat sebuah iklan layanan masyarakat dengan memperhatikan definisi iklan layanan masyarakat baik dalam bentuk poster maupun iklan televisi.
                        Siswa membaca dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
                        Siswa menentukan gambar dan pesan yang akan mereka tulis dalam poster mereka.
                        Siswa mendekorasi iklan poster mereka dengan kertas berwarna spidol atau pensil warna-warni.
                        Siswa membuat skenario dan menentukan unsur pendukung lain seperti musik, properti dan alat-alat lain yang diperlukan.
                        Siswa berlatih secara berkelompok dan mempresentasikan hasil iklan layanan masyarakat mereka di depan kelas.
                        Siswa menyimak sebuah percakapan dan menganalisis permasalahan dalam percakapan tersebut.
                        Siswa menulis pemahaman mereka mengenai percakapan di lembar yang telah disediakan.
                        Siswa merencanakan dan melakukan proses wawancara dengan anggota keluarga.
                        Siswa memperhatikan petunjuk atau cara kerja.
                        Siswa menyusun daftar pertanyaan yang sesuai dengan tujuan wawancara.
                        Siswa melakukan tahap-tahap cara kerja yang telah diberikan.
                        Siswa menulis laporan hasil wawancara dan menulis kesimpulan dari kegiatan wawancara.
                        Siswa mempresentasikan hasil laporan wawancara dengan sikap penuh percaya diri.
                        Siswa membuat kartu penerapan sila ke 3 Pancasila.
                        Siswa memperhatikan tahap pembuatan kartu dengan seksama.
                        Siswa menggambar lambang sila ke 3 dan menulis sila Pancasila.
                        Siswa menyajikan penerapan sila ke 3 di lingkungan sekolah di kartu ke 2 dan 3.
                        Siswa menerapkan sila ke 3 di lingkungan rumah.
                        Siswa bertukar kartu dan pengetahuan dengan teman-teman secara bergantian.
                        Siswa mengingat kembali gerak tari yang telah mereka pelajari pada pembelajaran sebelumnya.
                        Siswa menuliskan tahapan dan cara gerakan dasar tari yang mereka ketahui dengan rinci.
                        Siswa memperhatikan tambahan gerakan dasar tarian dengan melihat gambar yang ada.
                        Siswa diminta menggabungkan gerakan dasar tarian tersebut.
                        Siswa berlatih secara berkelompok serta menampilkan tarian tersebut dengan kompak dan penuh percaya diri.
                        Siswa bekerja sama dengan kelompok lain untuk mengiringi tarian kelompok mereka dengan musik yang bersal dari benda-bend yang ada sekitar.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….











Lampiran Penilaian
1. Sikap
Bubuhkan tanda centang () di kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Percaya Diri
Teliti
Tanggung Jawab
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















..


















Ket. : BT: Belum Terlihat; MT: Mulai Terlihat; MB: Mulai Berkembang; SM: Sudah Membudaya.

2. Pengetahuan

3. Keterampilan
a. Penilaian: unjuk kerja
Rubrik ...
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1










2












b. Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian ...

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1







.










2




















c. Penilaian: unjuk kerja
    Rubrik ....

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1










2











d. Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Percaya Diri
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan

2.
Teliti
3.
Peduli
4.
Tanggung Jawab
5.
Santun
e. Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

Tes tertulis
Tes uraian
1.       

Tes tertulis

Tes uraian


2.       

Tes tertulis

Tes uraian


3.       

Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab pertanyaan

·         Jawaban betul
1

Soal no. 2
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi struktur teks observasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal no. 3
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri  bahasa teks laporan hasil observasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5


Kriteria
4
3
2
1
















Penilaian :

Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup bagus
Perlu berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara (2)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingkatan (1,5)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara (1)
Komunikasi non verbal (kontak, mata, bahasa, tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman (1)
Partisipasi  (penyampaian ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaan menginspirasi teman, selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi (3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topic. (2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung (1)


Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat











Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang



















Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Berlatih Lagi

















Penilaian :

Kriteria
Ya
Tidak













Kriteria
Usaha Maksimal
Usaha Baik
Usaha Cukup
Usaha Yang Kurang





















Kriteria
Skor
3
Skor
2
Skor
1





Kriteria
Skor
4
Skor
3
Skor
2
Skor
1





N =

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2






Lembar pengamatan kegiatan diskusi :
No.
Kriteria
Terlihat (Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Kemampuan bertanya
……………..
……………..
2
Kemampuan menjawab pertanyaan
……………..
……………..
3
Keberanian menyampaikan pendapat
……………..
……………..

      Rumus perhitungan sebagai berikut :


Keterangan :
-          Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2
-          Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
Perhitungan nilai akhir siswa :
-          Beni :  x 100 = 87,5      Dayu :  x 100 = 100

Instrumen observasi berbentuk lembar pengamatan
Contoh lembar pengamatan kegiatan ...
No.
Kriteria
Terlihat (Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
……………
……………
2
Siswa terlibat aktif dalam ...
……………
……………
3
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan ...
……………
……………
Catatan : Guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa

Hasil pengamatan kegiatan ....


Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
No.
Nama Siswa
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
1
Cak Rokhman
……..
……..
……..
……..
……..
……..
2

……..
……..
……..
……..
……..
……..
3

……..
……..
……..
……..
……..
……..
4

……..
……..
……..
……..
……..
……..
5

……..
……..
……..
……..
……..
……..
6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32







33







34







35







Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.

Lampiran
PERENUNGAN
(diadaptasi dari Taxonomy of Reflection, Peter Pappas)
 


1.      Mengingat
-          Apa yang kamu lakukan?



RPP KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SD ...
Kelas/Semester       :  5/1
                        Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
                        Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya (ST2)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

  1. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor import jasa antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Membuat contoh iklan layanan masyarakat.

PPKn
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan di sekolah.
Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Menceritakan perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

IPS
3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
Menjelaskan fungsi properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

C.    Tujuan Pembelajaran
                        Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor jasa antara Indonesia dan luar negri dengan mandiri.
                        Dengan membuat proyek bersama kelompok, siswa mampu membuat contoh iklan layanan masyarakat dengan disiplin.
                        Dengan membuat kesimpulan dari bacaan, siswa menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya dengan cermat.
                        Dengan melakukan kegiatan wawancara dan menyusun laporan hasilnya, siswa mampu menyusun laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan bertanggung jawab.
                        Dengan membuat kartu persatuan, siswa mampu memberikan contoh perilaku di sekolah dan masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan kreatif.
                        Dengan memperagakan gerakan tari yang telah dipelajari sebelumnya, siswa mampu berlatih memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan imajinasi dengan percaya diri.

D.    Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor jasa anatar Indonesia dan luar negri
• Iklan Layanan Masyarakat
• Sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
• Aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
• Perilaku di sekolah dan masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
• Rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan imajinasi
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, pengetahuan tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Gambar-gambar contoh Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teori ciri dan karakteristik Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teknik membuat pertanyaan wawancara, melakukan wawancara dan membuat laporan hasil wawancara
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
                        Peserta didik mengamati gambar secara cermat tentang para Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
                        Siswa membaca teks bacaan dengan cermat dan mencari keterkaitan isi bacaan dengan kegiatan ekspor impor jasa Indonesia dengan luar negeri.
                        Siswa diminta memberikan pendapat tentang gambar dan teks bacaan.
                        Siswa menanya isi teks bacaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan temannya berdasarkan teks bacaan.
                        Siswa menjawab pertanyaan temannya berdasarkan acuan yang telah diberikan dengan rinci sesuai dengan pemahaman mereka berdasarkan teks bacaan.
                        Siswa mengajukan pertanyaan lanjutan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang topik yang dibicarakan.
                        Siswa bekerja secara berkelompok masing-masing 3 orang mencari informasi tentang macam-macam iklan.
                        Siswa membuat sebuah iklan layanan masyarakat dengan memperhatikan definisi iklan layanan masyarakat baik dalam bentuk poster maupun iklan televisi.
                        Siswa membaca dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
                        Siswa menentukan gambar dan pesan yang akan mereka tulis dalam poster mereka.
                        Siswa mendekorasi iklan poster mereka dengan kertas berwarna spidol atau pensil warna-warni.
                        Siswa membuat skenario dan menentukan unsur pendukung lain seperti musik, properti dan alat-alat lain yang diperlukan.
                        Siswa berlatih secara berkelompok dan mempresentasikan hasil iklan layanan masyarakat mereka di depan kelas.
                        Siswa menyimak sebuah percakapan dan menganalisis permasalahan dalam percakapan tersebut.
                        Siswa menulis pemahaman mereka mengenai percakapan di lembar yang telah disediakan.
                        Siswa merencanakan dan melakukan proses wawancara dengan anggota keluarga.
                        Siswa memperhatikan petunjuk atau cara kerja.
                        Siswa menyusun daftar pertanyaan yang sesuai dengan tujuan wawancara.
                        Siswa melakukan tahap-tahap cara kerja yang telah diberikan.
                        Siswa menulis laporan hasil wawancara dan menulis kesimpulan dari kegiatan wawancara.
                        Siswa mempresentasikan hasil laporan wawancara dengan sikap penuh percaya diri.
                        Siswa membuat kartu penerapan sila ke 3 Pancasila.
                        Siswa memperhatikan tahap pembuatan kartu dengan seksama.
                        Siswa menggambar lambang sila ke 3 dan menulis sila Pancasila.
                        Siswa menyajikan penerapan sila ke 3 di lingkungan sekolah di kartu ke 2 dan 3.
                        Siswa menerapkan sila ke 3 di lingkungan rumah.
                        Siswa bertukar kartu dan pengetahuan dengan teman-teman secara bergantian.
                        Siswa mengingat kembali gerak tari yang telah mereka pelajari pada pembelajaran sebelumnya.
                        Siswa menuliskan tahapan dan cara gerakan dasar tari yang mereka ketahui dengan rinci.
                        Siswa memperhatikan tambahan gerakan dasar tarian dengan melihat gambar yang ada.
                        Siswa diminta menggabungkan gerakan dasar tarian tersebut.
                        Siswa berlatih secara berkelompok serta menampilkan tarian tersebut dengan kompak dan penuh percaya diri.
                        Siswa bekerja sama dengan kelompok lain untuk mengiringi tarian kelompok mereka dengan musik yang bersal dari benda-bend yang ada sekitar.

c.       Kegiatan Penutup
            Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan doa penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a.       Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b.      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………, 2 Mei 2014
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….











Lampiran Penilaian
1. Sikap
Bubuhkan tanda centang () di kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Percaya Diri
Teliti
Tanggung Jawab
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















..


















Ket. : BT: Belum Terlihat; MT: Mulai Terlihat; MB: Mulai Berkembang; SM: Sudah Membudaya.

2. Pengetahuan

3. Keterampilan
a. Penilaian: unjuk kerja
Rubrik ...
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1










2












b. Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian ...

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1







.










2




















c. Penilaian: unjuk kerja
    Rubrik ....

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1










2











d. Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Percaya Diri
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan

2.
Teliti
3.
Peduli
4.
Tanggung Jawab
5.
Santun
e. Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

Tes tertulis
Tes uraian
1.       

Tes tertulis

Tes uraian


2.       

Tes tertulis

Tes uraian


3.       

Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab pertanyaan

·         Jawaban betul
1

Soal no. 2
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi struktur teks observasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal no. 3
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri  bahasa teks laporan hasil observasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5


Kriteria
4
3
2
1
















Penilaian :

Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup bagus
Perlu berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara (2)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingkatan (1,5)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara (1)
Komunikasi non verbal (kontak, mata, bahasa, tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman (1)
Partisipasi  (penyampaian ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaan menginspirasi teman, selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi (3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topic. (2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung (1)


Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat











Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang



















Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Berlatih Lagi

















Penilaian :

Kriteria
Ya
Tidak













Kriteria
Usaha Maksimal
Usaha Baik
Usaha Cukup
Usaha Yang Kurang





















Kriteria
Skor
3
Skor
2
Skor
1





Kriteria
Skor
4
Skor
3
Skor
2
Skor
1





N =

No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1





2






Lembar pengamatan kegiatan diskusi :
No.
Kriteria
Terlihat (Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Kemampuan bertanya
……………..
……………..
2
Kemampuan menjawab pertanyaan
……………..
……………..
3
Keberanian menyampaikan pendapat
……………..
……………..

      Rumus perhitungan sebagai berikut :


Keterangan :
-          Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2
-          Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
Perhitungan nilai akhir siswa :
-          Beni :  x 100 = 87,5      Dayu :  x 100 = 100

Instrumen observasi berbentuk lembar pengamatan
Contoh lembar pengamatan kegiatan ...
No.
Kriteria
Terlihat (Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
……………
……………
2
Siswa terlibat aktif dalam ...
……………
……………
3
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan ...
……………
……………
Catatan : Guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa

Hasil pengamatan kegiatan ....


Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
No.
Nama Siswa
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
Terlihat
(Ö)
Belum Terlihat
(Ö)
1
Cak Rokhman
……..
……..
……..
……..
……..
……..
2

……..
……..
……..
……..
……..
……..
3

……..
……..
……..
……..
……..
……..
4

……..
……..
……..
……..
……..
……..
5

……..
……..
……..
……..
……..
……..
6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32







33







34







35







Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.

Lampiran
PERENUNGAN
(diadaptasi dari Taxonomy of Reflection, Peter Pappas)
 

1.      Mengingat
-          Apa yang kamu lakukan?



 

2.      Memahami
-          Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-          Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?

 


3.      Menerapkan
-          Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-          Dimana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?

 


4.      Menganalisis
-          Apakah kamu melihat pola dan  hubungan dari apa yang kamu lakukan?



5.      Mengevaluasi
-          Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-          Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-          Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?



6.      Menciptakan
-          Apa yang kamu lakukan selanjutnya?
-          Apa rencana kamu?
-          Apa desain yang kamu buat?


 


2.      Memahami
-          Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
-          Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?

 



3.      Menerapkan
-          Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
-          Dimana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?

 



4.      Menganalisis
-          Apakah kamu melihat pola dan  hubungan dari apa yang kamu lakukan?



5.      Mengevaluasi
-          Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
-          Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
-          Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?



6.      Menciptakan
-          Apa yang kamu lakukan selanjutnya?
-          Apa rencana kamu?
-          Apa desain yang kamu buat?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar